Kuliner

Kuliner Kembar Indonesia, Makanan Serupa tapi Punya Nama Berbeda

kuliner kembar indonesia

Ada aneka ragam kuliner di Indonesia. Dari banyaknya kuliner tersebut, nggak sedikit yang merupakan jenis makanan yang sama tapi beda nama. Jadi, makanan tersebut ada di berbagai daerah yang berbeda, dengan nama yang tidak sama pula. Maka dari itu, bisa jadi di tempatmu juga ada makanan seperti ini, yang punya kembaran di tempat lain tapi namanya beda. Yuk, simak beragam jenis kuliner kembar tapi berbeda nama di berbagai daerah di Indonesia!

Rangi dan Pancong

rangi dan pancong

sumber: kumparan.com

Rangi adalah makanan khas dari Betawi, sementara Pancong asalnya dari Jawa Barat. Keduanya merupakan jajanan tradisional yang khas. Jika dilihat sepintas, kedua makanan ini memang kelihatan mirip tapi sebenarnya beda. Yang bikin beda yaitu tekstur dan cara penyajiannya. Rangi memiliki tekstur yang lebih kering. Biasanya, disajikan dengan saus gula merah dan diberi irisan nangka untuk campurannya. Sedangkan, pancong memiliki tekstur yang lebih lembek. Untuk pelengkapnya, biasanya pancong ditaburi gula halus. Jajanan manis yang beda tipis-tipis.

Kaladama dan Tahu Gejrot

kuliner kaladama

sumber: travelingyuk.com

Kalau yang ini, dua-duanya merupakan makanan khas Cirebon. Kaladama dan tahu gejrot adalah kuliner khas Kota Udang tapi ada perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut terletak pada cara penyajian kedua makanan yang berbahan dasar tahu ini. Jadi, tahu gejrot biasanya disajikan hanya berupa tahu saja dan bisa langsung dimakan. Sementara, kaladama disajikan dengan pelengkap irisan ketupat yang cukup tebal. Sedangkan, kalau bumbunya tidak jauh berbeda untuk masing-masing. Bumbu keduanya menggunakan ulekan cabai rawit bawang merah dan kuah asam.

Pepes dan Pesan Be Pasih

makanan khas bali pesan be pasih

sumber: flickr.com

Ini merupakan makanan berbungkus daun pisang yang serupa tapi tidak sama. Pepes merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Barat, sedangkan Pesan Be Pasih itu dari Bali. Ada perbedaan di antaranya kedua makanan yang sekilas terlihat mirip ini. Pepes menggunakan bahan utama berupa ikan tawar, tempe atau tahu. Lalu, bumbunya menggunakan bawang merah bawang putih, cabai, tomat dan daun kemangi untuk pengharum. Lalu, cara memasaknya adalah dengan dikukus. Kalau Pesan Be Pasih, bahannya berupa ikan cakalang, tuna atau mahi-mahi yang memiliki daging tebal. Sementara, bumbunya mirip Pepes tapi ada tambahan terasi untuk Pesan Be Pasih. Lalu, jika sudah dimasak akan dibakar. Ini membuat aroma dan rasanya khas banget.

Soto dan Coto

makanan coto makassar

sumber: romadecade.org

Kebanyakan orang memang mengira kalau dua masakan ini sama. Namun, kenyataannya keduanya cukup berbeda. Apalagi, jika kamu menyandingkan dua mangkok makanan ini, maka pasti akan langsung terlihat bedanya. Soto memiliki warna yang lebih kekuningan, berasal dari bumbu kunyitnya. Sedangkan, coto memiliki kuah yang lebih gelap dan keruh, karena adanya kacang tanah goreng dan tauco. Sementara, untuk penyajiannya, soto biasa disajikan dengan nasi. Kalau coto, biasa disajikan dengan ketupat atau lontong. Beda banget, kan? Kalau kamu pernah mencicipi aneka soto yang ada di Indonesia, pasti tidak sulit membedakan kedua makanan ini!

Demikian aneka kuliner kembar asli Indonesia yang serupa tapi tak sama. Sekilas kalau dilihat memang mirip, tapi ternyata banyak bedanya. Mulai dari bumbu, warna,  tekstur, rasa hingga penyajiannya. Bisa jadi, kamu sudah pernah mencoba salah satu dari menu makanan kembar tersebut. Kamu pun benar-benar paham kalau keduanya memang beda. Unik, bukan? Sebenarnya masih ada banyak makanan yang kembar seperti ini, hanya saja beda nama dan sedikit berbeda cara pembuatan dan penyajiannya, di daerah satu dan lainnya. Apa kamu pernah mencoba makanan kembar lainnya?

About author

Related posts
Kuliner

Menu Lebaran Bikin Badan Melebar? Tangkis dengan 8 Minuman Peluntur Lemak Ini Yuk!

Kuliner

6 Takjil Ala Korea yang Halal dan Dapat Kamu Santap di Kala Berbuka Puasa

Kuliner

Resep Ayam Shawarma yang Lagi Viral, Ternyata Gampang Bikinnya!

Kuliner

Kelihatan Gampang Tapi Masak Nasi Goreng Juga ada Triknya