Kuliner

10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

jenis-jenis-pasta

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata “pasta”? Sebagian besar dari kita pasti langsung membayangkan spaghetti dengan saus bolognese dan juga taburan keju di atasnya. Tapi pasta tidak sinonim dengan spaghetti loh, GenK! Tercatat ada lebih dari 600 jenis pasta dengan berbagai bentuk yang ada di dunia.

Berikut kami tuliskan 10 jenis pasta beserta cara penyajiannya yang menarik untuk kamu coba!

Fusilli

pasta1.JPG

Sumber: Pastafits.org

Fusilli adalah pasta yang berbentuk spiral, mirip seperti pegas. Karena bentuknya yang spiral, fusilli memiliki ulir yang bagus untuk menahan saus. Jenis pasta ini pertama kali ditemukan di Italia bagian selatan. Menurut tradisinya, untuk membuat bentuk spiral pada fusilli, orang-orang di Italia Selatan melilitkan pasta ini pada sebuah batang kayu dan membiarkannya mengering di pinggir jalan.

Fusilli cocok digunakan untuk saus apa pun, atau bahkan bisa juga dicampur dengan semangkuk salad. Karena bentuknya pun, fusilli cocok untuk digunakan pada casserole.

Fettuccine

jenispasta10
Sumber: bettycrocker.com

Fettuccine berbentuk panjang pipih seperti tali pita. Dalam bahasa Italia, fettuccine juga memiliki arti “pita kecil”. Jenis yang satu ini cocok disajikan dengan saus krim yang berbahan dasar susu, contohnya adalah Fettuccine Alfredo. Fettuccine juga cocok untuk melengkapi makanan berprotein seperti daging ayam atau daging sapi.

Fettuccine berasal dari Romawi dan Tuscan dan juga menjadi hidangan populer di kedua wilayah itu.

Rigatoni

pasta3.JPG

Sumber: Pastafits.org

Rigatoni, yang berasal dari kata rigato yang berarti bergerigi, adalah pasta yang berbentuk tabung yang dipotong pendek dan memiliki diameter yang cukup lebar. Pada bagian luarnya rigatoni memiliki motif seperti alur memanjang, sementara bagian dalamnya halus. Rigatoni sangat cocok untuk jenis masakan yang memiliki saus “berat” yang mengandung potongan daging dan sayuran dengan ukuran lumayan besar. Motif di bagian luar rigatoni dan bagian dalamnya yang membentuk tabung memungkinkan pasta ini menangkap saus yang “berat”.

Baca Juga :   Aneka Soto di Indonesia

Rigatoni juga cocok digunakan untuk hidangan pasta yang dipanggang karena dapat mempertahankan keju dengan baik. Rigatoni berasal dari  Italia selatan.

About author

Related posts
Kuliner

Resep Dessert Tanpa Oven Paling Gampang dan Praktis Banget

Kuliner

7 Makanan untuk Menyembuhkan Flu yang Harus Ada Selama Masa Pemulihan

Kuliner

Resep Sup Khas Nusantara, Cocok Banget buat Hangatin Kamu di Musim Hujan

Kuliner

Resep Rujak Paling Populer di Indonesia Buat Dicoba Bikin di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.