10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
jenis-jenis-pasta

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata “pasta”? Sebagian besar dari kita pasti langsung membayangkan spaghetti dengan saus bolognese dan juga taburan keju di atasnya. Tapi pasta tidak sinonim dengan spaghetti loh, GenK! Tercatat ada lebih dari 600 jenis pasta dengan berbagai bentuk yang ada di dunia.

Berikut kami tuliskan 10 jenis pasta beserta cara penyajiannya yang menarik untuk kamu coba!

Fusilli

pasta1.JPG

Sumber: Pastafits.org

Fusilli adalah pasta yang berbentuk spiral, mirip seperti pegas. Karena bentuknya yang spiral, fusilli memiliki ulir yang bagus untuk menahan saus. Jenis pasta ini pertama kali ditemukan di Italia bagian selatan. Menurut tradisinya, untuk membuat bentuk spiral pada fusilli, orang-orang di Italia Selatan melilitkan pasta ini pada sebuah batang kayu dan membiarkannya mengering di pinggir jalan.

Fusilli cocok digunakan untuk saus apa pun, atau bahkan bisa juga dicampur dengan semangkuk salad. Karena bentuknya pun, fusilli cocok untuk digunakan pada casserole.

Fettuccine

jenispasta10
Sumber: bettycrocker.com

Fettuccine berbentuk panjang pipih seperti tali pita. Dalam bahasa Italia, fettuccine juga memiliki arti “pita kecil”. Jenis yang satu ini cocok disajikan dengan saus krim yang berbahan dasar susu, contohnya adalah Fettuccine Alfredo. Fettuccine juga cocok untuk melengkapi makanan berprotein seperti daging ayam atau daging sapi.

Fettuccine berasal dari Romawi dan Tuscan dan juga menjadi hidangan populer di kedua wilayah itu.

Rigatoni

pasta3.JPG

Sumber: Pastafits.org

Rigatoni, yang berasal dari kata rigato yang berarti bergerigi, adalah pasta yang berbentuk tabung yang dipotong pendek dan memiliki diameter yang cukup lebar. Pada bagian luarnya rigatoni memiliki motif seperti alur memanjang, sementara bagian dalamnya halus. Rigatoni sangat cocok untuk jenis masakan yang memiliki saus “berat” yang mengandung potongan daging dan sayuran dengan ukuran lumayan besar. Motif di bagian luar rigatoni dan bagian dalamnya yang membentuk tabung memungkinkan pasta ini menangkap saus yang “berat”.

Baca Juga   Aneka Soto Nusantara

Rigatoni juga cocok digunakan untuk hidangan pasta yang dipanggang karena dapat mempertahankan keju dengan baik. Rigatoni berasal dari  Italia selatan.

Farfalle

jenispasta9
Sumber: myrecipes.com

Kata farfalle memiliki arti kupu-kupu dalam bahasa Italia. Kadang pasta ini disebut juga  pasta dasi kupu-kupu karena bentuknya. Walaupun terlihat unik, untuk membuat farfalle sebetulnya tidak sesulit dugaan. Potong adonan pasta segar yang sudah dibentuk pipih memanjang seperti pita hingga menjadi bentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 2 cm. Lalu cubit bagian tengahnya untuk membentuk bentuk seperti dasi kupu-kupu yang unik.

Ketika dimasak. farfalle cocok digunakan dengan saus berbasis krim, seperti saus creamy mushroom, saus tomat segar atau saus alfredo klasik. Jenis pasta ini juga cocok untuk digunakan dalam sup dan salad. Karena bentuknya yang lucu, farfalle identik dengan jenis masakan yang tidak terlalu kompleks dan disukai anak-anak.

Farfalle berasal dari abad ke-16 di wilayah Lombardy dan Emilia-Romagna di Italia Utara.

Penne

pasta5

Sumber: Pastafits.org

Penne adalah salah satu bentuk pasta yang paling terkenal dan dicintai di seluruh Italia dan dunia. Dalam bahasa Italia, penne memiliki arti “pena”. Pasta ini berbentuk silinder memanjang dengan potongan miring pada bagian atas dan bawahnya seperti sebuah pena bulu. Hampir sama dengan rigatoni, penne juga memiliki motif alur memanjang pada bagian luarnya.

Penne cocok dipasangkan dengan saus yang menggunakan daging cincang atau saus berbasis sayuran karena tepiannya dapat dengan mudah menangkap saus. Kamu juga bisa menyajikan penne dengan saus yang berbasis susu atau saus tomat yang simpel.

Lasagna

pasta6

Sumber: Pastafits.org

Oke, GenK, mungkin beberapa dari kamu kebingungan ketika membaca jenis pasta yang satu ini. Intinya, lasagna ini tidak selalu merujuk ke makanan dengan berlapis-lapis pasta yang memiliki saus tomat, daging cincang dan keju yang mengisi tiap lapisannya. Itu hanyalah salah satu bentuk olahan lasagna yang paling terkenal. Lasagna sendiri adalah jenis pasta yang memiliki bentuk yang lebar dan datar yang bisa dimasak dalam bentuk lain.

Baca Juga   4 Resep Kue Kering Mudah dan Enak

Diketahui resep lasagna seperti yang disebutkan sebelumnya sudah ada sejak abad ketiga belas. Diduga lasagna berasal dari kota Naples. Pada hari ini, lasagna bisa dimasak dalam berbagai bentuk, mulai dari; saus krim hingga dimasukan dalam sup.

Rotelle

pasta7

Sumber: Pastafits.org

Rotelle adalah pasta unik berbentuk menyerupai roda. Awalnya bentuk ini digunakan hanya untuk menambahkan sentuhan dekoratif pada sup, salad, dan hidangan lainnya. Ternyata “jari-jari roda” pada rotelle mampu menangkap bahan-bahan seperti saus daging, krim dan makanan laut. Bentuk ini juga bagus untuk hidangan pasta panggang. Sama seperti farfalle, rotelle digemari anak-anak karena bentuknya yang unik.

Ravioli

pasta8.JPG

Sumber: Pastafits.org

Pasta ravioli bisa memiliki bentuk lingkaran atau kotak serupa bantal dengan isian di tengahnya. Ravioli dibentuk dengan menggabungkan dua lapisan pasta. Satu lapisan pasta pipih yang berfungsi sebagai alas isi pasta dan lapisan pasta lainnya yang berfungsi untuk menyegel isian agar tidak keluar ketika dimasak.

Untuk isian dari ravioli, kamu memiliki banyak opsi mulai dari keju, daging, hingga sayuran. Untuk saus pada bagian luar pastanya, ravioli dapat menggunakan saus apa pun yang memiliki cita rasa yang melengkapi bagian isinya.

Ravioli pertama kali muncul di Tuscany, Italia pada abad ke-14. Namun seperti jenis pasta lainnya, bukan saja orang Italia yang mencintai Ravioli tetapi seluruh dunia.  Saking populernya ravioli,tanggal 20 Maret dirayakan sebagai Hari Ravioli Nasional di Amerika Serikat.

Gnocchi

pasta9

Sumber: Pastafits.org

Gnocchi adalah jenis pasta yang berbeda dibandingkan pasta-pasta lainnya. Jika pasta pada umumnya terdiri dari lapisan yang tipis dan tekstur yang ringan, gnocchi memiliki bentuk bantal yang unik. Tidak seperti ravioli, gnocchi tidak memiliki isian sehingga terasa lebih padat dan berat. Gnocchi juga menggunakan kentang sebagai bahan adonannya.

Meskipun diduga datang dari Timur Tengah, gnocchi telah menjadi  pasta tradisional di Italia sejak zaman Romawi. Banyak yang percaya istilah gnocchi berasal dari kata Italia nocca, yang berarti “buku jari”. Nama ini merujuk kepada motif alur di atas gnocchi yang berguna untuk menangkap saus.

Sebelum menggunakan kentang, orang Italia membuat gnocchi dengan bahan lain yang tersedia seperti labu dan remah roti. Pada saat itu, gnocchi adalah makanan yang sempurna untuk semua orang karena harganya murah.

Gnocchi sendiri cocok dipasangkan dengan saus berbasis tomat atau krim.

Baca Juga   5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Bucatini

pasta10

Sumber: Seriouseat.com

Nama bucatini berasal dari bahasa Italia: buco, yang berarti “lubang”, dan bucato berarti “ditusuk”. Bucatini merupakan pasta yang menyenangkan karena bentuknya yang unik dan dapat dimasak dengan fleksibel. Jika dilihat dari jauh, bucatini terlihat seperti spaghetti yang sangat besar dan tebal tapi ketika diperhatikan bucatini memiliki lubang pada bagian tengahnya.

Bagian tengah yang berlubang di bucatini memungkinkan saus masuk ke dalam pasta. Tidak seperti macaroni yang bentuknya pendek, bentuk bucatini yang lebih panjang bisa menampung lebih banyak bahan masakan dan juga saus. Pasta Bucatini adalah pilihan yang sempurna untuk hampir semua saus dan dapat dipanggang dalam casserole atau disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu.


Bagaimana GenK, sudah apakah sudah sukses kelaparan dengan membaca artikel ini? Jenis pasta mana yang tertarik untuk kamu coba terlebih dahulu? Beberapa dari pasta di atas memang masih jarang ditemui di Indonesia tapi mungkin kamu tertarik untuk membuatnya sendiri. Walaupun berasal dari Italia, pasta sudah menjadi obsesi dunia, sehingga resepnya pasti ada di internet. Silakan mencoba GenK!

 

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

            Artikel Selanjutnya