fbpx

Aneka Soto Nusantara

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
Aneka-Soto-Nusantara

Pada tahun 2017 lalu, Rendang ditetapkan sebagai makanan paling enak di dunia oleh situs berita CNN. Walaupun kenikmatan rendang tidak bisa dibantahkan lagi, tidak hanya rendang yang menjadi ikon makanan Indonesia. Ikon makanan Indonesia lain yang ada di seluruh penjuru Indonesia adalah soto.

Diikuti dari artikel Akulturasi Budaya Kuliner Indonesia dalam Semangkuk Soto di Rappler.com, Direktur Riset dan Pengembangan Bekraf, Wawan Rusiawan menyatakan, “Melalui riset, Bekraf kemudian bergerak di soto sebagai ikon kuliner seluruh Indonesia. Makanan yang mencerminkan Indonesia, bukan milik etnik tertentu”.

Sejarah Soto di Indonesia

Kehadiran soto di Indonesia tidak lepas dari berbagai percampuran budaya yang ada. Salah satu budaya paling penting yang membantu kelahiran soto di Indonesia adalah budaya Tiongkok. Dalam buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Masakan Indonesia, sejarawan Fadly Rahman menuliskan bahwa nama soto berasal dari kata chau-to, sio-to, shao du, dalam bahasa Hokian.

Cao memiliki arti rumput yang merujuk pada aneka rempah nusantara, shao berarti proses memasak sementara du adalah perut yang merujuk jeroan sapi atau babat. Pada waktu itu, tidak ada catatan masyarakat Tionghoa menyantap jeroan sapi sebagai makanan khas. Jeroan digunakan karena pada masa penjajahan, masyarakat Indonesia waktu itu tidak mampu membeli daging sapi yang harganya mahal, GenK.

Aneka Soto Nusantara

Luasnya wilayah Indonesia membuat banyaknya aneka soto yang bermunculan. Akulturasi dari budaya asing dengan budaya asli setiap daerah menghasilkan jenis-jenis soto yang baru yang menarik untuk dicoba. Berikut kami tuliskan beberapa aneka soto yang bisa menjadi menu makan siang atau malam kamu GenK:

  • Soto Lamongan

Aneka Soto 2
Sumber: resepumi.com

Soto Lamongan merupakan salah satu soto paling populer di Indonesia. Tidak hanya di kota asalnya, kamu dapat menemukan soto ini di berbagai kota di luar pulau Jawa. Banyak yang berargumen bahwa soto Lamongan merupakan soto paling populer di Indonesia. Saking populernya soto ini, film tentang masakan Aruna dan Lidahnya sempat memasukan soto ini kedalam adegannya.

Baca Juga   4 Resep Kue Kering Mudah dan Enak

Salah satu ciri khas dari soto Lamongan adalah digunakannya rempah kemiri dan kunyit yang membuat kuah soto menjadi kuning. Walaupun menggunakan bahan rempah tadi, soto Lamongan jauh dari kesan kental dan “berat”. Kuah soto Lamongan cenderung terasa “ringan” sehingga kamu tidak perlu banyak-banyak menegak segelas air putih ketika memakannya, GenK.

Untuk isiannya, soto ini menggunakan bahan irisan daging ayam, potongan telur rebus, bihun, potongan kol goreng dan daun bawang. Tentu menyantap soto Lamongan tidaklah lengkap tanpa menggunakan serbuk koya.

Bagi kamu yang belum tau, koya adalah campuran kerupuk dan bawang putih yang sudah dihaluskan, GenK. Koya sangat krusial bagi beberapa makanan khas Indonesia, terutama soto karena mampu meningkatkan rasa gurih dan juga kekentalan kuah makanan kamu.

  • Soto Kudus

Aneka Soto 1
Sumber: grid.id

Berbeda dengan soto Lamongan yang biasa disajikan terpisah dengan nasinya, secara tradisional soto Kudus disajikan langsung dengan nasi yang sudah dicampur ke dalam kuah soto. Selain nasi, kamu juga akan menemukan potongan daging ayam, sayuran tauge, potongan daun bawang dan juga bawang putih goreng di dalam kuah segar yang menggunakan asam jawa.

Ukuran mangkok soto kudus yang cukup kecil memang kadang membuat kamu harus memesan mangkok kedua, GenK. Untuk lebih mengisi perut kamu, kamu bisa menambahkan tahu bacem, tempe bacem, sate usus atau telur puyuh, potongan paru, atau bahkan otak sapi yang biasanya tersedia sebagai opsi tambahan lauk kamu.

Walaupun terkenal menggunakan daging ayam, di awal kemunculannya, soto Kudus menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Menurut kabar yang beredar, daging kerbau digunakan untuk menghormati orang Hindu yang percaya bahwa sapi adalah hewan suci. Sampai saat ini pun, warga Kudus lebih sering mengkonsumsi daging kerbau dibandingkan daging sapi.

  • Soto Betawi

Aneka Soto 3
Sumber: dream.co.id

Seperti banyak makanan khas nusantara lainnya, soto Betawi sangat dipengaruhi oleh budaya tionghoa. Para budayawan Betawi percaya bahwa orang yang pertama kali mempopulerkan soto Betawi adalah seorang keturunan tionghoa yang bernama Lie Boen Po. Soto ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 ketika Lie Boen Po berjualan di Lokasari, Jakarta Kota. Sayangnya tempat makan kelahiran soto Betawi tersebut sudah tutup pada tahun 1991.

Kuah soto Betawi cenderung lebih “berat” dibandingkan jenis soto lain karena menggunakan santan dan juga susu cair. Selain itu kamu juga bisa melihat beberapa penjual soto Betawi menambahkan minyak samin ke dalam kuahnya untuk membuat rasa kuah lebih gurih dan menempel di lidah.

Baca Juga   Ikuti Perjalanan Teh, dari Tiongkok ke Indonesia

Sebagai isiannya, soto betawi terdiri dari daging sapi dan juga beberapa jeroan sapi seperti babat, paru, juga usus. Soto Betawi juga dikenal sebagai Soto Kaki Sapi karena kamu bisa menambahkan daging dari bagian kaki sapi ke dalam soto kamu. Tentunya kamu tidak bisa melupakan emping sebagai pelengkap soto kamu, GenK.

  • Soto Padang

Aneka Soto 4
Sumber: chanelmuslim.com

Tanah Minang memang terkenal sebagai salah satu penyumbang paling besar dalam daftar panjang makanan khas Indonesia. Tidak cukup memanjakan lidah kita dengan rendang, gulai, ayam pop, dan tunjang, tanah Mingan juga terkenal akan soto Padangnya.

Hampir sama dengan soto Kudus, soto Padang biasa disajikan dengan mangkok kecil. Namun berbeda dengan soto Kudus, soto Padang tidak mencampurkan nasi langsung ke dalam kuah. Dilengkapi dengan berbagai rempah yang biasa digunakan dalam masakan Padang, kuah soto Padang memiliki cita rasa yang kompleks dan juga menyegarkan.

Di dalam kuah soto Padang kamu bisa menemukan daging sapi yang biasanya memiliki tekstur kering. Selain itu ada juga potongan, mie soun dan perkedel untuk mengenyangkan perut kamu. Tentu menyantap soto Padang tak akan lengkap tanpa ditemani kerupuk berwarna merah muda dan juga potongan jeruk nipis untuk menambah rasa segar di soto kamu.

  • Coto Makassar

Aneka Soto 5
Sumber: nusantarakaya.com

Berbeda dengan soto lainnya yang menjadi makanan khas Indonesia yang berasal dari makanan kelas ekonomi menengah ke bawah, coto Makassar dahulu merupakan makanan kalangan istana kerajaan. Lahir di Makassar pada abad ke-16, coto Makassar merupakan hidangan pada saat ada ritual adat dan kunjungan tamu istimewa di kerajaan Gowa. Sejarah panjang ini membuat coto Makassar sebagai salah satu soto paling tua di Indonesia.

Coto Makassar juga merupakan salah satu jenis soto yang paling sulit dibuat karena banyaknya rempah yang harus digunakan. Terinspirasi dari ramuan kuno asal Tiongkok, coto Makassar tradisional memiliki lebih dari 40 macam rempah lokal untuk menciptakan kuah dengan aroma rempah yang kuat.

Pada bagian isinya, coto Makassar memiliki daging sapi dan juga berbagai jeroan sapi seperti hati, usus, limpa, jantung dan babat. Untuk menyantapnya, kamu bisa memilih nasi atau ketupat (burasa) sebagai pelengkap coto Makassar. Tentu kamu tidak bisa melupakan sambal tauco yang khusus dibuat untuk coto Makassar kamu.

  • Soto Banjar

Aneka Soto 6
Sumber: exploreindo.com

Soto Banjar mungkin soto asal Pulau Kalimantan yang paling terkenal di Indonesia. Berasal dari Kalimantan Selatan, soto ini bisa ditemukan di berbagai provinsi dan juga pulau di Indonesia. Dipercaya soto ini muncul ketika pasukan Demak datang ke Kalimantan untuk membantu Kerajaan Banjar di waktu itu. Seperti halnya soto Padang, soto Banjar menggunakan banyak sekali rempah dan bumbu.

Baca Juga   5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Untuk kuahnya, soto Banjar menggunakan kaldu ayam yang memberikan cita rasa yang gurih. Banyak sekali resep di internet yang menggunakan susu untuk membuat kuah soto Banjar menjadi lebih kental. Namun, soto Banjar yang asli tidak menggunakan susu dan cenderung memiliki kuah yang bening. Untuk mengentalkan kuahnya soto Banjar menggunakan campuran telur.

Dalam semangkuk soto Banjar, kamu dapat menemukan daging ayam kampung yang sudah disuir, mie soun, potongan telur rebus, perkedel kentang hingga potongan ketupat sebagai pengganti nasi. Di sebuah tempat makan soto Banjar, biasanya kamu juga akan menemukan sate ayam sebagai pelengkap kamu menyantap soto Banjar.


Daftar di atas tentu hanya sebagian kecil dari banyaknya aneka soto yang menjadi kekayaan makanan khas Indonesia. Ada lebih dari 70 jenis soto berbeda yang bisa kamu temukan dari Sabang dari Merauke.

Soto sendiri memiliki berbagai bahan dan bumbu yang melebur di dalam satu kuah, menghasilkan makanan yang memanjakan lidah para penikmatnya. Hal ini menjadi analogi yang tepat, GenK, untuk menggambarkan budaya dan juga kuliner Indonesia yang merupakan sebuah melting pot dari berbagai kebudayaan yang membuatnya semakin menarik.


Jadi, soto apa yang jadi favorit kamu, GenK? Adakah aneka soto lain yang kamu mau coba?  

Eh, ngomong-ngomong, kamu tahu gak kenapa orang Indonesia gemar makan pakai tangan?

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link