Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
apa itu kimchi

Kimchi menjadi makanan khas Korea Selatan yang mendunia. Rasanya yang asam dan pedas menjadi salah satu keunikannya. Tapi tahukah kamu apa itu kimchi dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk kenal lebih dekat dengan makanan Korea yang satu ini!

Sebagai penggemar Korea pasti pernah dong melihat idol atau artis di drama Korea yang mengonsumsi sayur fermentasi yang diberi bumbu pedas? Apalagi kalau level candu drama Korea kamu sudah tinggi. Makanan tersebut namanya kimchi, GenK. 

Melihat orang lokal makan kimchi memang bikin ngiler. Alhasil kamu jadi penasaran, sebenarnya rasa kimchi itu seperti apa sih? Kenapa bisa menjadi salah satu makanan khas Korea yah? Mari kita ulik dari pengertiannya, yuk!

Apa Itu Kimchi?

Menyantap hidangan khas Korea tidak akan terasa lengkap kalau tidak ada kimchi sebagai lauk sampingan. Rasanya yang pedas-asam mungkin sedikit menggelitik bagi sebagian lidah orang Indonesia. Namun tak dapat dipungkiri, keunikan rasa yang ditawarkannya itulah yang malah menjadi nilai plus untuk makanan Korea yang satu ini, GenK.

kimchi gif

(sumber: giphy.com)

Balik lagi ke pertanyaan utama kita.

Apa itu kimchi?

Menurut Wikipedia, kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang merupakan hasil fermentasi yang diberi bumbu super pedas. Mulanya, sayur dicuci dan digarami terlebih dahulu. Kemudian sayuran tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu yang terbuat dari udang, kecap ikan, jahe, bawang putih, dan bubuk pedas dari cabai merah.

Wah kalau seperti ini sih mirip asinan sayur, GenK.

Perkembangan Kimchi dari Masa ke Masa

Sedikit flashback ke masa zaman pra sejarah, dulu orang lokal Korea menggunakan garam sebagai bahan pengawet makanan. Kemudian makanan yang diawetkan ini akan dijadikan sebagai perbekalan ketika musim dingin tiba. Disantap tanpa nasi pun sudah enak, GenK. Hal ini dikarenakan pada musim dingin beragam sayuran segar menjadi langka. 

apa itu kimchi 2

Fermentasi kimchi di baskom (sumber: YouTube Maangchi)

Sesuai yang sudah kami jelaskan tentang apa itu kimchi, ada beberapa bahan dasar sayuran yang biasanya digunakan oleh orang lokal, seperti kubis, timun, lobak, dan bawang putih. Setelah diolah dengan garam dan bubuk bumbu pedas, sayuran dimasukkan ke dalam guci tanah liat. Tapi sekarang didiamkan di dalam toples atau baskom pun juga bisa, GenK. Bahkan sekarang sudah ada yang menjual versi kalengan dan bisa kamu temukan di supermarket.

Makanan yang berkembang hingga dinasti Joseon pada tahun 1392-1910 ini semakin populer dan mendunia, jenisnya pun semakin beragam, hingga akhirnya kimchi menjadi ikon kuliner negeri ginseng, Korea Selatan.

Baca Juga   5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Jenis-Jenis Kimchi, Makanan Khas Korea

Lanjut ke poin berikutnya nih, buat kamu yang masih penasaran dengan apa itu kimchi, di sini kami akan membagi informasi seputar jenis-jenis kimchi yang wajib kamu tahu, GenK. Ini dia jenis-jenisnya!

apa itu kimchi 3

Jenis-jenis kimchi (sumber: commons.wikimedia.org)

  1. Baechu kimchi, terbuat dari sawi puting yang difermentasikan dan diberi bubuk cabai, bawang putih, dan tambahan minyak ikan.
  2. Chonggak kimchi, terbuat dari lobak, rasanya lebih pedas, dan memiliki tekstur yang renyah.
  3. Bossam kimchi, terbuat dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan seafood yang diberi bubuk cabai pedas, bawang putih, dan juga minyak ikan. Kemudian bahan-bahan tersebut dibungkus dengan kubis, GenK.
  4. Oi sobagi kimchi, kalau yang ini terbuat dari mentimun yang dibelah, kemudian di bagian dalamnya diisi dengan beragam potong sayuran yang sudah dibumbui. Seperti sawi, lobak, dan wortel.
  5. Gat kimchi, terbuat dari hasil fermentasi sawi hijau sehingga memiliki rasa yang asam.
  6. Sseumbagwi kimchi, terbuat dari sayur selada juga, tapi memiliki rasa asam, pedas, dan pahit. 
  7. Baek kimchi, berbeda dari yang lain, jenis kimchi yang satu ini dibuat tanpa bubuk cabai. Cocok buat kamu yang tidak kuat pedas, GenK. Isinya ada bawang putih, daun kucai, lobak, dan lain-lain.
Baca Juga   Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Gimjang, Tradisi Membuat Kimchi Massal

Gimjang atau kimjang adalah prosesi tradisional masyarakat Korea Selatan untuk persiapan dan fermentasi kimchi secara massal di musim gugur untuk perbekalan di musim dingin. Kalau kamu suka menonton drama Korea, biasanya satu keluarga akan berkumpul bersama-sama untuk menyiapkan kimchi di rumah.

apa itu kimchi 4

Gimjang di Korea Selatan (sumber: korea.net)

Tradisi gimjang memiliki filosofi tersendiri loh, karena Gimjang melambangkan rasa kebersamaan dan solidaritas bagi masyarakat Korea Selatan. Dilihat dari gambar di atas, masyarakat berbondong-bondong mengikuti tradisi tahunan tersebut. Pasti seru banget, GenK!


Setelah mengetahui seputar apa itu kimchi, sekarang saatnya untuk praktik pembuatannya nih, GenK. Tenang saja, kami punya cara membuat kimchi yang bisa kamu coba di rumah. Kapan lagi bisa bikin makanan mirip dengan yang ada di drama Korea? Yuk lanjut ke artikel berikutnya!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya