Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Dibaca Normal: 4 menit aja
apa itu kimchi

Kimchi menjadi makanan khas Korea Selatan yang mendunia. Rasanya yang asam dan pedas menjadi salah satu keunikannya. Tapi tahukah kamu apa itu kimchi dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk kenal lebih dekat dengan makanan Korea yang satu ini!

Sebagai penggemar Korea pasti pernah dong melihat idol atau artis di drama Korea yang mengonsumsi sayur fermentasi yang diberi bumbu pedas? Apalagi kalau level candu drama Korea kamu sudah tinggi. Makanan tersebut namanya kimchi, GenK. 

Melihat orang lokal makan kimchi memang bikin ngiler. Alhasil kamu jadi penasaran, sebenarnya rasa kimchi itu seperti apa sih? Kenapa bisa menjadi salah satu makanan khas Korea yah? Mari kita ulik dari pengertiannya, yuk! 😊

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa Itu Kimchi?

Menyantap hidangan khas Korea tidak akan terasa lengkap kalau tidak ada kimchi sebagai lauk sampingan. Rasanya yang pedas-asam mungkin sedikit menggelitik bagi sebagian lidah orang Indonesia. Namun tak dapat dipungkiri, keunikan rasa yang ditawarkannya itulah yang malah menjadi nilai plus untuk makanan Korea yang satu ini, GenK.

kimchi gif

Balik lagi ke pertanyaan utama kita.

Apa itu kimchi

Menurut Wikipedia, kimchi adalah salah satu makanan khas Korea yang merupakan hasil fermentasi yang diberi bumbu super pedas. Mulanya, sayur dicuci dan digarami terlebih dahulu. Kemudian sayuran tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu yang terbuat dari udang, kecap ikan, jahe, bawang putih, dan bubuk pedas dari cabai merah.

Wah kalau seperti ini sih mirip asinan sayur, GenK.

Perkembangan Kimchi dari Masa ke Masa

Sedikit flashback ke masa zaman pra sejarah, dulu orang lokal Korea menggunakan garam sebagai bahan pengawet makanan. Kemudian makanan yang diawetkan ini akan dijadikan sebagai perbekalan ketika musim dingin tiba. Disantap tanpa nasi pun sudah enak, GenK. Hal ini dikarenakan pada musim dingin beragam sayuran segar menjadi langka. 

apa itu kimchi 2

Fermentasi kimchi di baskom (sumber: YouTube Maangchi)

Sesuai yang sudah kami jelaskan tentang apa itu kimchi, ada beberapa bahan dasar sayuran yang biasanya digunakan oleh orang lokal, seperti kubis, timun, lobak, dan bawang putih.

Setelah diolah dengan garam dan bubuk bumbu pedas, sayur-sayuran dimasukkan ke dalam guci tanah liat. Tapi sekarang didiamkan di dalam toples atau baskom pun juga bisa, GenK. Bahkan sekarang sudah ada yang menjual versi kalengan dan bisa kamu temukan di supermarket.

Makanan yang berkembang hingga dinasti Joseon pada tahun 1392-1910 ini semakin populer dan mendunia, jenisnya pun semakin beragam, hingga akhirnya kimchi menjadi ikon kuliner Negeri Ginseng, Korea Selatan. 😉

Baca Juga
Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

6 Wisata di Palembang, dari Lokasi Bersejarah Sampai Instagramable

Kuliner & Travel

6 Destinasi Wisata Pantai di Makassar yang Memesona

Kuliner & Travel

Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner & Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Patut Dikunjungi

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link