3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Dibaca Normal: 3 menit aja 😊
belajar memasak

Belajar memasak bukan hanya tentang mengasah skill mengolah makanan belaka, GenK. Ada segudang manfaat lain yang bisa didapatkan dari aktivitas yang satu ini loh

Kemampuan untuk menciptakan rasa makanan yang luar biasa merupakan hal yang sangat menyenangkan dan tentunya membanggakan. Untuk bisa mendapatkan kemampuan tersebut, pastinya kamu harus belajar memasak terlebih dahulu dong

Salah satu life skill yang paling penting ini bukan hanya mengajarkan kamu soal kemandirian, GenK. Kamu bisa mendaat banyak hal lain yang seru dan bermanfaat dengan belajar memasak. Mau tahu apa saja? Cus lanjut! 

1. Meningkatkan Kreativitas 

Belajar memasak 1

Buat kreasi masakan impianmu (sumber: unsplash.com)

Siapa yang tidak kenal dengan MasterChef? Acara memasak paling populer sedunia ini merupakan bukti kalau belajar memasak bisa meningkatkan kreativitasmu, GenK. Kok bisa? Bagaimana tidak, para peserta dihadapkan dengan tantangan untuk memasak sajian dari bahan-bahan rahasia dalam waktu yang terbatas. 

Kreativitasmu akan diuji untuk menciptakan kreasi hidangan unik dan inovatif dengan cita rasa yang tinggi. Kamu akan mendapat kesempatan untuk bereksplorasi dengan berbagai ide dan cara baru dalam membuat makanan. 

Mau coba bikin sajian fusion antara pasta dengan bumbu Bali? Pasti bisa. Memasak telur dengan cara dibakar ala sate? Kenapa tidak? Bebaskan pikiran, dorong kreativitas, dan ‘desain’ sendiri panganan impian yang kamu mau. 

Baca Juga   5 Resep Kue Basah Tradisional yang Mudah Kamu Coba

2. Melatih Fokus 

Belajar memasak 2

Latih fokus dengan belajar memasak (sumber: pexels.com)

Buat kamu yang ingin meningkatkan fokus, kegiatan memasak bisa menjadi pilihan yang tepat, GenK. Soalnya, proses memasak memerlukan konsentrasi dan fokus dalam proses pengerjaannya, agar hasil yang diinginkan bisa sesuai dengan yang kamu mau. 

Mulai dari menentukan jenis bahan yang akan dipakai, berbagai peralatan pendukung, lalu masuk ke tahap memasak, hingga menyajikan makanan untuk siap disantap. Setiap step mesti kamu lakukan dengan teliti dan fokus untuk membuat sajian nikmat yang dapat menggoyang lidah. 

Beberapa bidang kuliner tertentu, seperti pastry, membutuhkan perhatian lebih dalam pembuatannya, GenK. Macam-macam hiasan kecil untuk cupcake atau donat misalnya, mengharuskan kamu untuk memusatkan fokus saat menciptakan kreasi rasa dan tampilan baru yang anti-mainstream

Baca Juga   Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

3. Jadi Lebih Sabar 

Belajar memasak 3

Kesabaran adalah kunci membuat hidangan yang nikmat (sumber: pexels.com)

Pecinta masakan Padang mana suaranya? Tahukah kamu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang? Sajian khas dari Tanah Minang yang satu ini menghabiskan waktu sekitar 4-6 jam dalam proses pembuatannya loh

Meskipun memakan waktu yang tidak sebentar, lama pembuatan rendang sebanding cita rasanya yang istimewa. Makanya gak salah kalau rendang sempat dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia oleh CNN pada tahun 2017 silam, GenK. 

Nah, kunci utama yang dibutuhkan dalam proses pembuatan rendang tidak hanya terletak pada bumbu dan cara memasaknya saja, tapi juga perlu kesabaran yang tinggi. Untuk menciptakan hidangan terbaik, kamu harus melatih kesabaranmu dalam mengikuti setiap tahapan memasak

Apalagi buat kamu yang baru terjun ke dunia ke kuliner atau bahkan pertama kali bertandang ke dapur. Kamu akan mengalami banyak trial & error dalam perjalanan belajar memasakmu. Tapi tenang saja, GenK, hasil pasti tidak akan menghianati proses. Setuju kan?

Nah, kalau sudah tahu macam-macam manfaat belajar memasak, sekarang kamu bisa coba langsung lewat beberapa rekomendasi situs belajar masak gratis yang pernah kami muat sebelumnya. Happy cooking

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya