Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

Dibaca Normal: 4 menit aja
bunga tabebuya

Buat kamu yang punya impian untuk bisa melihat bunga sakura bahkan merasakan suasana bunga sakura di musim gugur, gak perlu jauh-jauh datang ke Jepang karena di Surabaya ada bunga yang tidak kalah cantik dengan sakura yakni, bunga tabebuya. Bunga yang mekar pada pertengahan bulan November lalu ini, jadi keistimewaan masyarakat setempat loh.

Bunga Tabebuya adalah tanaman yang kerap disebut sebagai terompet emas dengan berbagai warna seperti putih, merah muda, kuning, magenta, plum, dan merah. Tanaman ini memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus dan berasal dari Brazil, Amerika Latin. Meskipun begitu, tabebuya dapat tumbuh di Indonesia loh, karena dalam habitat aslinya, bunga tabebuya dapat hidup di iklim kering sehingga cocok dengan iklim di Indonesia.

Pada musim berbunganya, tabebuya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak pada awal musim kemarau sampai menjelang musim hujan. Cara merawatnya pun tergolong mudah, karena memiliki ketahanan terhadap hama yang tinggi dengan melakukan manipulasi pola pemupukan.

Perkembangan Bunga Tabebuya di Surabaya

Bunga tabebuya sudah ditanam di Surabaya sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2010 oleh UPTD Taman Surabaya Dinas Kesehatan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH). Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bunga tabebuya berasal dari Brazil, lain halnya dengan bunga tabebuya di Surabaya, karena didatangkan dari tempat-tempat pembibitan yang ada di Kediri, Tulungagung, dan Malang.

bunga tabebuya

Bunga tabebuya di Surabaya (sumber: indozone.id)

Penanaman tabebuya memang diperuntukkan untuk menghiasi hampir semua jalan protokol di Surabaya. Alasan utama kenapa bunga ini dipilih yakni karena memiliki struktur ranting yang rindang dan batang yang kuat, sehingga digemari burung sebagai tempat berhinggap. Selain itu, perawatan tabebuya tergolong mudah dilakukan. Warna bunganya yang indah juga menjadi salah satu alasan kenapa bunga ini ditanam, karena terbukti dapat menjadi daya tarik banyak wisatawan dan menjadi viral di media sosial.

Sebenarnya jauh sebelum bunga tabebuya di Surabaya viral, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah melakukan budidaya bunga tabebuya loh, mulai dari yang warna kuning, putih, sampai pink. Memang, budidaya yang dilakukan oleh Pemkot belum begitu besar, namun telah ditanam di taman-taman kota. Lain halnya dengan bunga tabebuya yang ada di beberapa ruas jalan protokol Surabaya, karena membutuhkan ukuran yang lebih besar lagi supaya teduh.

Baca Juga
4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Kapan Bunga Tabebuya Mekar?

Buat kamu yang tertarik menghabiskan liburan di kawasan yang tertanam bunga tabebuya, kamu perlu tahu nih kapan saja bunga ini mekar. Umumnya bunga ini akan mekar dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan November alias saat musim hujan. Ketika tertiup angin, bunga ini akan berguguran yang membuat seakan-akan kamu melihat bunga sakura berguguran di Jepang.

Maka dari itu datanglah di waktu yang tepat, karena momen-momen indah seperti ini hanya datang di waktu tertentu. Jika beruntung, kamu dapat melihat berbagai varian warna bunga tabebuya. Ada banyak sekali, tapi yang paling umum kamu temukan di surabaya adalah warna kuning, putih, dan pink. Semuanya dapat kamu temukan di hampir semua jalan protokol di Surabaya dan yang paling unik, setiap jalan memiliki variasi warna bunga yang berbeda-beda.

Bunga Tabebuya Akan Menjadi Ikon Surabaya

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini berencana menjadikan bunga tabebuya sebagai ikon Kota Surabaya. Ditemui pada festival tabebuya pada Minggu, 1 Desember 2019, ia berharap seluruh warga Surabaya dapat memanfaatkan momen ini sebagai ladang untuk berbisnis.

Salah satu alasan yang membuat Risma ingin menjadikan bunga tabebuya sebagai ikon Surabaya adalah keindahannya yang memesona. Belum lagi jika bunga ini benar-benar diresmikan sebagai ikon Surabaya, pastinya akan semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung. Semoga saja pembudidayaan bunga ini dapat terus dijalankan hingga tahun-tahun mendatang yah, sehingga bunga tabebuya tetap dapat menghiasi jalanan di Surabaya.

Baca Juga
3 Rekomendasi Tempat Makan Mahasiswa Anti Kelaparan di Surabaya

Festival Tabebuya di Surabaya

Bunga tabebuya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga luar kota untuk datang berkunjung ke Surabaya, karena sepintas bunga ini mirip bunga sakura yang sejak dulu bermekaran dan bersemi di Jepang. Dengan viralnya bunga tabebuya bisa menjadi potensi pariwisata Surabaya. Memang, bunga ini sudah mekar sejak dulu, tapi tahun ini menjadi yang paling menarik perhatian. Inilah yang menjadikan alasan diselenggarakannya festival tabebuya di area car free day (CFD) di Jalan Raya Darmo pada Minggu pagi.

Salah satu agenda yang ada festival ini adalah dengan menggelar lomba foto yang dibagi menjadi tiga tema, yaitu Tabebuya dan Human Interest, Senja dan Tabebuya, serta Tabebuya dan Aktivitas Warga. Pelajar dan umum bisa ikut berpartisipasi di dalamnya, yang kemudian dipilih 18 orang sebagai pemenangnya. Risma bersama pimpinan perusahaan penyelenggara festival tersebut membagikan sejumlah bunga tabebuya kepada masyarakat sekitar, termasuk pengunjung CFD secara cuma-cuma loh.

Tidak hanya tahun ini, tapi festival tabebuya akan diselenggarakan lagi di tahun depan dengan acara yang bakal lebih meriah dan waktu yang lebih panjang lagi. Risma berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik adanya festival tabebuya seperti ini di tahun-tahun mendatang, misalnya dengan cara berbisnis.

Baca Juga
Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Berbisnis dengan Bunga Tabebuya

Berbicara soal bisnis, ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh warga Surabaya untuk meningkatkan perekonomian loh. Dilihat dari banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Surabaya untuk sekadar berfoto-foto di kawasan yang ditumbuhi bunga tabebuya, diharapkan momen ini tidak dibiarkan begitu saja. Ada banyak ladang bisnis terbuka lebar, seperti jasa fotografi, menjual lukisan tabebuya yang sedang bersemi, atau menjual suvenir bunga tabebuya.

bunga tabebuya surabaya

Hasil pencarian #tabebuyasurabaya di Instagram

Meningkatnya kunjungan wisatawan juga tak lain berkat viralnya bunga tabebuya di media sosial. Coba deh kamu ketik tagar #bungatabebuya di kolom pencarian Instagram, di sana kamu akan menemukan banyak sekali unggahan foto dari sekadar jepret sampai diedit layaknya foto profesional. Berbagai foto memukau ini diambil oleh warga ataupun wisatawan. Setelah melihat foto-foto tersebut, dijamin kamu jadi ingin terbang langsung ke Surabaya untuk berfoto di kawasan yang ditumbuhi bunga tabebuya.

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

4 Tempat Seru untuk Menghabiskan Liburan Imlek di Jakarta

Kuliner & Travel

Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

Kuliner & Travel

6 Rekomendasi All You Can Eat Surabaya yang Murah Meriah

Kuliner & Travel

4 Rekomendasi Tempat Tahun Baru Paling Seru di Jakarta

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link