Butuh Minuman Untuk Hangatkan Badan, Coba Minum Sarabba

Dibaca Normal: 4 menit aja

Indonesia memang memiliki kebudayaan yang beragam. Tak hanya kebudayaannya saja, bahkan di setiap daerahnya Indonesia memiliki berbagai macam ciri khas, seperti makanan dan minumannya. Salah satunya adalah racikan minuman hangat yang nikmat.

Slider
Slider
Slider

Di Indonesia sendiri, memang sudah sangat banyak minuman hangat yang khas dsri berbagai daerah, seperti bajigur dan bandrek asal Jawa Barat, ataupun wedang uwuh dari Yogyakarta dan Jawa Tengah yang sangat nikmat untuk diminum di dataran tinggi atau di kala hujan.

Ilustrasi minuman hangat. (Sumber: shutterstock)

Minuman hangat memang menjadi pilihan yang baik di kala udara dingin. Beberapa minuman bahkan masih banyak dijajakan secara keliling walau kini sudah banyak juga minuman hangat yang sudah tersedia dalam kemasan instan yang juga praktis.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Salah satu minuman yang khas dan mungkin banyak orang yang belum tahu ini berasal dari Makassar. Selain terkenal dengan minuman sari buah markisa yang bahkan sudah terkemal hingga ke manca negara, ada juga loh minuman hangat yang juga dapat meningkatkan stamina, yaitu sarabba.

Apa itu sarabba?

Sarabba merupakan minuman khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Minuman hangat ini cocok untuk mengusir flu, menghangatkan badan, mengeluarkan angin dari tubuh saat masuk angin, hingga bisa menjadi minuman di saat begadang.

Ilustrasi sarabba. (Sumber: Sajiam Sedap)

Masyarakat Makassar sebagian besar mempercayai jika sarabba dapat menjadi pemulih stamina karena kuning telur dipercaya sebagai pemulih stamina (dalam jamu), penawar letih setelah seharian beraktivitas dan untuk menghangatkan badan. Apabila kamu tertarik mencicipi minuman hangat ini, tak perlu jauh-jauh harus ke Makassar.

Berkat tangan-tangan kreatif yang ada, sarabba bahkan sudah dapat dipasarkan dengan praktis. Sarabba kini sudah tersedia dalam bentuk bubuk dan juga minuman dalam kemasan botol. Jadi, kamu bisa lebih mudah jika memang ingin mencicipinya.

Baca Juga
Minuman Kopi Apa yang Cocok Untuk Kamu Nikmati?

Kandungan jahe dalam sarraba

Seperti minuman kebanyakan lain, jahe memang menjadi bahan utama dalam pembuatan minuman ini. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang kemudiam akhirnya menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe bahkan dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Selain dapat menghangatkan badan, jahe juga memiliki beberapa manfaat lainnya, loh!

1. Mengatasi masalah pencernaan

Ilustrasi pencernaan lancar. (Sumber: pixabay)

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi masalah terkait pencernaan. Jahe dikenal sebagai salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan.

Baca Juga
4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

2. Membantu proses detoksifikasi

Ilustrasi berkeringat. (Sumber: shutterstock)

Manfaat jahe lainnya adalah dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat ini sangat bermanfaat terutama saat kamu sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi dirimu dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Kuliner

Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Kuliner

Cara Membuat Salad Buah dengan Resep Nikmat dan Praktis

Kuliner

Resep Onigiri Nikmat dengan Cita Rasa Indonesia, Pas Buat Camilan

Kuliner

Resep Selai Homemade yang Murah dan Simpel, Cobain Yuk!

Kuliner

6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

Kuliner

Coba, Yuk! Resep Sei Sapi dan Sambal Luat Rumahan, Pedasnya Nampol!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link