4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Dibaca Normal: 4 menit aja
Destinasi wisata prioritas

Berlibur ke Candi Borobudur memang asyik, tapi kalau cuma muter-muter liatin patung dan stupa doang kayaknya bosan deh. Nih, cobain lima aktivitas seru yang wajib kamu coba di sekitar area wisata Candi Borobudur, GenK.

Siapa sih yang tak kenal dengan salah satu situs peninggalan sejarah paling populer di dunia ini? Berdasarkan data dari Dinas Pemasaran Pariwisata Kabupaten Magelang, Candi Borobudur mampu menarik sebanyak 4,6 juta pengunjung per tahun sejak 2018 sampai kuarter ketiga 2019 ini.

Jumlah tersebut sukses membawa Candi Borobudur keluar sebagai objek wisata dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Berarti, setiap harinya tak kurang dari 12 ribu orang pengunjung dari dalam dan luar negeri datang melancong ke salah satu dari destinasi wisata super prioritas Indonesia ini, GenK.

Nah, buat yang tertarik untuk berkunjung ke ikon Jawa Tengah ini, jangan lewat beragam aktivitas seru di sekitar kawasan Candi Borobudur yang sudah kami siapkan khusus buat kamu.

1. Manjakan Mata dengan Sunset dan Sunrise Nan Cantik

Candi Borobudur 1

Pesona sunset di Candi Borobudur (sumber: travelingyuk.com)

Cantiknya pemandangan kawasan wisata Borobudur yang dipenuhi dengan banyak pohon rindang dan pegunungan nan jauh di pelupuk mata memang jadi hal menarik bagi para pelancong.

Selain mahakarya arsitektur nan megah dari bangunan candi, kamu juga bisa memanjakan mata dengan menikmati cantiknya panorama Borobudur saat matahari terbit dan terbenam.

Maka dari itu, jangan kaget kalau kamu mendapati banyak orang yang memadati kawasan daerah sekitar wisata Borobudur bahkan sebelum sang surya terbit, hingga menjelang malam hari.

Pemandangan matahari terbit dan terbenam memang dapat terlihat jelas karena kompleks wisata Candi Borobudur yang terletak di daerah dataran tinggi sekitar Pegunungan Menoreh.

Baca Juga
Menelusuri Jejak Surga di Sulawesi Utara Bernama Likupang

2. Nikmati Suasana Candi Borobudur dengan Delman

Candi Borobudur 2

Telusuri cantiknya pemandangan pedesaan di sekitar area wisata Borobudur dengan delman (sumber: phinemo.com)

Pada hari Minggu aku turut ayah ke kota

Naik delman istimewa aku duduk di muka

Siapa yang ingin bernostalgia kembali ke masa kecil sambil menikmati suasana nan asri dengan hembusan semilir angin khas pedesaan? Kalo kamu tertarik, berkeliling di sekitar kawasan Candi Borobudur dengan menggunkan delman bisa jadi pilihan yang tepat, GenK.

Singkirkan penat dan duduklah dengan nyaman di atas kereta yang melaju membelah jalan sambil melihat bangunan candi dari jauh. Di sekitar area wisata Borobudur, kamu dapat menemukan banyak delman yang parkir dan siap mengantarkan para wisatawan.

Kamu dapat mencoba angkutan unik yang satu ini untuk mengitari kompleks candi, hingga mengunjungi desa-desa sekitar sembari berinteraksi dengan warga lokal. Terdengar seru, bukan?

3. Gereja Ayam, Harta Karun Tersembunyi di Dekat Wisata Borobudur

Candi Borobudur 3

Gereja Ayam (sumber: jejakpiknik.com)

Ingatkah kamu dengan salah satu bangunan gereja unik berbentuk bak ayam raksasa yang sempat viral beberapa waktu silam? Gereja Ayam yang diberi nama sesuai tampilan arsitekturnya tersebut terletak tak terlalu jauh dari area Candi Borobudur loh.

Bangunan dengan bentuk anti-mainstream ini berjarak kurang lebih sekitar 5 km dari kompleks wisata Borobudur, atau memakan waktu tempuh selama 15 menit.

Buat kamu yang ingin mendapatkan spot foto kece yang unik, Gereja Ayam ini wajib masuk ke rencana perjalananmu. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen untuk post Instagram-mu selanjutnya.

Baca Juga
Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

4. Uji Adrenalin dengan Arung Jeram di Sungai Elo

Candi Borobudur 4

Arung jeram di Sungai Elo (sumber: pegipegi.com)

Kata siapa berwisata ke Candi Borobudur itu membosankan? Cuma ada patung dan pepohonan saja. Eits, tahan dulu, GenK! Kalau kamu adalah seorang traveler yang suka menantang adrenalin, ada satu tempat yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Magelang.

Sungai Elo yang mengalir sepanjang 10 km dari hulu di Gunung Telomoyo ini merupakan destinasi pilihan yang tepat dengan aliran air yang cukup deras dan cocok untuk bermain arung jeram.

Aktivitas ini memang cocok banget untuk para penyuka kegiatan outdoor yang menantang. Rasakan pengalaman terbaik bersama teman dan keluarga menelusuri arus sungai yang deras sambil menikmati pemandangan alam Megelang yang asri.

Itu dia tadi beberapa hal menarik yang bisa kamu explore di sekitar kawasan Candi Borobudur, GenK. Jadikan liburanmu semakin berkesan dengan mencoba aktivitas baru yang unik bersama teman dan sanak keluarga.


Simpulan

Semoga informasi di atas bisa jadi referensi tambahan buat kamu yang sedan merencanakan perjalanan mengunjungi kawasan wisata Borobudur, GenK. Sebagai sebuah creative content platform, kreativv ID berkomitmen untuk menyediakan konten-konten berkualitas dari berbagai topik di industri kreatif untuk para pembaca setia.

Untuk kamu yang pengen selalu update dengan tren terkini di industri kreatif, kunjungi terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk konten terbaik langsung ke emailmu.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kuliner & Travel

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link