fbpx

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
cara membuat latte art

Pola unik di atas kopi yang Instagramable menjadi daya tarik tersendiri. Kesenian ini dinamakan latte art. Bagaimana sih cara membuatnya? Yuk simak penjelasannya, GenK!

Bersantai di kedai kopi bisa menjadi salah satu pilihan di kala senggang. Kini banyak kedai kopi yang menggunakan gaya penataan interior yang super cozy. Bikin kamu betah berlama-lama nongkrong di sana. Bercengkrama sama teman sampai malam pun gak jadi masalah. Gas terus!

Apa menu kopi favoritmu, GenK?

Setiap kedai kopi pasti memiliki menu andalan. Selain dari segi rasa dan aroma kopi yang menggigit, tampilan yang bagus pun menjadi salah satu alasan orang untuk datang berkunjung ke sana.

Cara Membuat Latte Art 1

Contoh gambar latte art (sumber: pexels.com)

Nah, di antara berbagai jenis minuman kopi, ada yang namanya latte art.

Pola unik dan kreatif di atas kopi ini tidak dibuat sembarangan loh. Dibutuhkan kreativitas dan keahlian khusus sebelum berhasil membuat pola yang sempurna. Ada banyak trial and error sebelum akhirnya layak dihidangkan kepada pelanggan.

Tidak hanya untuk pecinta kopi, lukisan di secangkir kopi juga punya daya tarik tersendiri untuk orang awam. Cara membuat latte art ini dianggap Instagramable banget. Makanya banyak orang pula yang tertarik untuk membelinya. Lumayan untuk konten, GenK.

Ada banyak fakta di balik cara membuat minuman nyeni ini dan bagaimana kesenian kopi ini menjadi pride tersendiri bagi barista.

Tertarik untuk mengenal lebih jauh?

Yuk simak penjelasannya berikut ini!  

Apa Itu Latte Art?

Kalau biasanya kamu menggambar di atas kertas atau software ilustrasi, lain halnya dengan kesenian gambar yang satu ini.

Cara Membuat Latte Art 2

Ilustrasi barista melukis di kopi (sumber: pexels.com)

Latte art adalah kesenian kopi dengan membuat pola-pola tertentu di atasnya. Dibuat menggunakan cara khusus dengan cara menuangkan susu panas ke dalam secangkir espresso. Kemudian mulai dibentuk polanya dengan alat khusus pula, GenK.

Untuk menggambar di atas kopi, diperlukan racikan yang pas agar membentuk foam sebagai media gambar. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan timing yang tepat untuk menggambar di atas foam.  

Latte Art dan Food Photography

Ckrek!

Foto dulu sebelum diminum. Sayang banget kan kalau polanya keburu hilang.  Unggah dulu ke medsos dengan hashtag latte art untuk menarik atensi pecinta kopi.

Cukup ketik latte art di kolom pencarian dan semua orang di dunia bisa melihat foto yang kamu unggah. Di sana kamu juga bisa melihat banyak orang berbagi pengalaman soal kopi dan membaca pengalaman menarik yang mereka alami.

Kegiatan berbagi foto ini bisa masuk ke dalam kategori food photography, GenK.

Cara Membuat Latte Art 3

Ilustrasi memotret makanan (sumber: pexels.com)

Food photography adalah sebuah jenis fotografi yang memotret makanan sebagai objek utama foto. Lukisan di kopi menjadi salah satu objek terfavorit loh.

Bentuknya yang unik dan kreatif membuat orang terpesona dan bertanya-tanya bagaimana proses pembuatan latte art di balik dapur.

Dari foto-foto inilah kemudian memicu terjadinya lapar mata. Menarik orang lain untuk ikut membeli dan mencicipi secangkir kopi saat itu juga. Wah ternyata efeknya panjang juga ya, GenK.  

Baca Juga   5 Jenis Keju Terkenal di Dunia

Latte Art Menjadi Ajang Unjuk Gigi Para Barista

Yap! Walaupun terlihat mudah, tapi untuk membuat secangkir latte art dibutuhkan kreativitas dan jam terbang yang tinggi. Makanya kesenian ini menjadi tantangan tersendiri bagi para barista.

Setiap kedai kopi yang menyediakan menu dengan hiasan latte pasti berlomba-lomba menyajikan hidangan terbaik. Bahkan menciptakan signature design sebagai ciri khas.

Akan tetapi, tak jarang ada kedai kopi yang lebih mementingkan estetika visual daripada rasa kopi itu sendiri.

Apakah ini menjadi sebuah kesalahan?

Tidak juga, karena kembali lagi visi dan misi kedai itu sendiri. Apakah mereka ingin menarik minat pelanggan dari segi rasa atau visual yang Instagramable.

Dalam konteks cara penyajian kopi, strategi penjualan seperti itu menjadi lumrah. Sehingga memacu peracik kopi untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya seni di atas secangkir kopi.

Cara Membuat Latte Art 4

Cuplikan Foto World Latte Art Championship (sumber: coffeeteaimagazine.com)

Karena bisnis ini sangat menjanjikan dan banyak pula peminatnya, maka diselenggarakanlah World Latte Art Championship.

Acara bergengsi ini diselenggarakan setiap tahun. Menantang skill artistik para barista dari mancanegara untuk membuat desain pola seni latte sesuai standar juri. Wah, keren banget, GenK!

Mereka harus melewati beberapa kali babak penyisihan. Barista dengan skor tertinggi yang menjadi pemenangnya. Tertarik untuk ikut? Hadiahnya menggiurkan loh  

Belajar Latte Art Otodidak? Bisa Gak Sih?

Tingginya animo masyarakat soal latte art berhasil menarik minat orang-orang untuk belajar membuatnya. Ada banyak hal mendasar yang perlu kamu pelajari sebelum berhasil membuat seni di atas secangkir kopi.

Ada yang namanya milk juglatte art pen

Duh bakalan pusing banget buat kamu yang masih awam soal kopi.

Kalau kamu berminat, coba datangi salah satu kedai kopi terdekat dan langsung tanyakan kepada baristanya. Tak jarang barista mau berdialog dengan pelanggannya loh.

Nah, dari perbincangan singkat itu coba kamu gali sedalam-dalamnya ilmu meracik kopi. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan, serta bagaimana cara membuatnya. Siapa tahu kamu bisa menjadi home barista.

Seandainya ingin yang lebih praktis, kamu bisa melihat video di YouTube yang membahas seputar minuman ini untuk pemula. Sehingga memungkinkan banget untuk belajar secara otodidak.  

Baca Juga   10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Cara Membuat Latte Art dari Alat Sederhana

Nah, buat kamu yang penasaran dengan cara membuat lukisan latte, sekarang kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Berbekal peralatan sederhana, namun hasilnya gak kalah bak barista di kafe-kafe.

Mahalnya mesin espresso membuat orang jadi berpikir dua kali untuk belajar melukis di secangkir kopi. Padahal bisa diakali dengan menggunakan french press yang bisa kamu beli di toko online. Harganya pun terjangkau. Dimulai dari Rp50.000,- s/d Rp80.000,-.

Ada kabar gembira nih!

Kami akan membagikan cara membuat latte art untuk pemula. Bisa banget untuk latihan. Yuk disimak, GenK!  

Alat-Alat:

  • French press
  • Sendok makan
  • Microwave
  • Milk jug atau mug

Bahan-Bahan:

  • 2 sdm classic espresso
  • ½ french press susu segar
  • 1 mug air panas

Cara membuat latte art tanpa mesin espresso:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Proses ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pembuatan espresso, pembuatan susu, dan menuangkan foam ke cangkir untuk melukis latte.
  2. Masukkan 2 sdm classic espresso ke dalam french press.  
  3. Tuang 1 gelas air panas ke dalam french press dengan mug sebagai takarannya. Diamkan kurang lebih satu menit sampai bubuk espresso larut dengan air.
  4. Setelah itu tekan beberapa kali menggunakan plunger bawaan dari french press.
  5. Tuang ke dalam mug, sisihkan sebentar, dan segera buat foam susu.
  6. Masukkan susu ke dalam french press yang sudah dicuci bersih. Lepas metalnya dan masak di microwave selama kurang lebih 1 menit.
  7. Setelah itu keluarkan dari microwave dan pasang metalnya kembali. Tekan terus dengan plunger sampai susu menjadi silky.
  8. Jika tidak punya microwave, kamu bisa memasak susu dengan kompor. Pastikan tidak cairan tidak gosong. Cukup panaskan susu hingga suhunya kurang lebih 70°C. Kemudian matikan kompor.
  9. Selagi masih hangat, tuang susu ke dalam mug berisi espresso. Jauhkan kedua gelas agar susu masuk ke dasar dan dekatkan kedua gelas agar susu menjadi foam dan dapat melapisi bagian atas espresso.
  10. Gunakan alat bantu latte art pen untuk melukis foam.
  11. Jadi deh! Jangan lupa unggah hasilnya di medsos kamu, GenK.

Tips Membuat Latte Art untuk Pemula

Cara Membuat Latte Art 5

Contoh desain latte art (sumber: pexels.com)

Membuat secangkir lukisan latte memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Kami punya beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat melukis latte. Intip sama-sama, yuk!

  1. Gunakan fresh milk untuk menghasilkan foam yang bagus dan silky.
  2. Tekanan panas saat steam susu tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah agar foam yang dihasilkan pas.
  3. Espresso jangan terlalu cair supaya bisa membuat lapisan foam susu di atasnya.
  4. Memahami teknik frothing susu.
  5. Latihan menuang susu dan foam di atas espresso untuk membuat desain latte. Carilah posisi yang nyaman agar tidak kagok.
  6. Tidak takut untuk melakukan trial and error.

Referensi Desain Latte Art

Sebenarnya ada 3 bentuk dasar latte art untuk pemula, yaitu bentuk hati, bunga tulip, dan bunga rosetta. Ketiga bentuk di atas wajib banget kamu pelajari untuk menguasai teknik-teknik dasar melukis di secangkir kopi.

Akan tetapi, bentuk hati dirasa memiliki model yang paling sederhana dan tidak memerlukan banyak lekukan. Cocok buat kamu yang baru latihan melukis latte.

Selain ketiga bentuk dasar tersebut, banyak barista dan seniman latte lainnya yang berkreasi dan bereksperimen untuk membuat inovasi desain baru. Contohnya seperti tumbuhan, hewan, tipografi, dan tokoh terkenal.

Wah kebayang gak tuh?

Nah, sekarang saatnya kami membagikan referensi desain latte art yang bisa menginspirasi kamu, GenK.

Semakin sering latihan melukis latte, maka lama-lama kamu bisa membuat signature design ala kamu loh.

Ini dia referensinya!    

Baca Juga   10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

Hati

Cara Membuat Latte Art 6

Contoh latte art bentuk hati (sumber: blog.davestpay.com)

Walau masih pemula tapi jangan takut untuk melukis latte, GenK. Cobain  bikin pola hati, karena tingkat kerumitannya terbilang rendah dibanding pola desain lainnya. Yuk cus!    

Tulip

Cara Membuat Latte Art 7

Contoh latte art bentuk bunga tulip (sumber: refreshmentsystems.co.uk)

Masih tergolong ke dalam 3 bentuk dasar, selanjutnya kamu bisa latihan melukis bunga tulip. Lukisan bunga yang satu ini memang benar-benar cantik dan Instagramable deh.    

Rosetta

Cara Membuat Latte Art 8

Contoh latte art bentuk rosetta (sumber: casaespresso.co.uk)

Cantik banget ya bunga rosetta?

Melukis bentuk rosetta tergolong sulit, karena memerlukan banyak lekukan yang menyerupai rosetta itu sendiri. Makanya, sebelum membuat desain ini, kamu mesti tahu dulu di mana posisi ternyaman kamu saat menuang foam di atas espresso.    

Hamtaro

Cara Membuat Latte Art 9

Contoh latte art bentuk karakter kartun Hamtaro (sumber: nulis.co.id)

Hamtaro si hamster lucu ini bisa kamu lukis di foam susu juga loh. Jadi gak tega minumnya….

Oh iya, karya latte art ini dibuat oleh Lee Kang Bin. Dia adalah seorang barista dan pemilik kedai kopi di Korea Selatan yang menekuni bidang seni latte.    

“The Starry Night” oleh Vincent van Gogh

Cara Membuat Latte Art 10

Contoh latte art bentuk lukisan Vincent van Gogh (sumber: theawesomer.com)

Waduh keren banget!

Lukisan “The Starry Night” karya Vincent van Gogh ini ternyata bisa dilukis di atas foam latte, GenK. Masih karya dari Lee Kang Bin, ia tidak menggunakan cat air melainkan campuran pewarna makanan dan sirup. Sehingga aman untuk dikonsumsi.

Tertarik untuk mencicipinya?


Ternyata banyak banget ya yang bisa kita ulik dari seni melukis di secangkir kopi. Setelah membaca cara membuat latte art, apakah sekarang kamu jadi tertarik untuk membuatnya? Cobain, GenK, siapa tahu dari home barista bisa ikut kompetisi World Latte Art Championship!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

Kuliner

5 Resep Minuman Buka Puasa Praktis

Kuliner

10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Kuliner

Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Kuliner

Kafe Instagramable yang Harus Kalian Kunjungi di Semarang

Kuliner

Lapar Mata Karena Lihat Foto Makanan? Ini Penyebabnya!

            Artikel Selanjutnya