Belajar Cara Membuat Mochi Kekinian Lezat dan Praktis

Dibaca Normal: 4 menit aja
Resep mochi

Cemilan apa yang bentuknya bulat kecil, teksturnya kenyal, punya berbagai isian manis yang lezat, terus luarnya dilapisi dengan taburan tepung? Onde-onde? Bakpau? Klepon? Jawabannya adalah mochi. Hayo, siapa yang pengen belajar cara membuat mochi?

Kue mochi merupakan salah satu jenis panganan manis yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Makanan ini punya ciri khas pada teksturnya yang kenyal dan lengket, dipadu dengan macam-macam isian seperti kacang tanah, coklat, green tea, dan selai buah-buahan.

Keunikan inilah yang kemudian membuat mochi dijadikan sebagai makanan spesial untuk dinikmati di saat perayaan tahun baru atau mochitsuki, GenK. Bahkan ada yang percaya kalau mochi merupakan sajian yang diberikan kepada para dewa karena keistimewaannya tadi loh.

mochi

Seiring berjalannya waktu, mochi berkembang menjadi jajanan favorit warga dan dapat ditemukan dengan mudah di berbagai sudut kota. Rasa dan bentuknya pun mulai dimodifikasi dengan berbagai varian rasa dan bentuk baru yang kekinian, GenK.

Nah, setelah tenar di negara asalnya, mochi pun naik pamor dan merambah kancah dunia, salah satunya di Indonesia. Kamu dapat menemukan banyak merek penjual jajanan ini bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan dengan variasi unik dan khasnya masing-masing.

Edmund narnia

Buat kamu yang hobi ngemil tapi tetap pengen hemat, di bawah ini bisa kamu temukan cara membuat mochi lezat yang mudah dan pastinya anti repot. Bisa untuk kamu sendiri atau pun dijual. Selamat menyimak!

Baca Juga
Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Cara Membuat Mochi

Cara membuat mochi 1

Kue mochi kekinian (sumber: loveandoliveoil.com)

Untuk membuat mochi, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan dan alat-alat sederhana yang bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan makanan terdekat, atau bahkan sudah ada di dapurmu, GenK.

Cara membuat mochi dibagi jadi dua nih, yaitu untuk bagian kulit luarnya yang super kenyal dan juga isian manisnya. Eits, tapi di artikel ini, kami akan membagikan resep cara membuat mochi es krim kekinian yang nikmat dan cocok untuk menemani acara ngemil kamu.

Kamu cuma butuh waktu kurang lebih satu jam untuk membuat mochi es krim dengan jumlah 10 porsi. Kalau mau lebih banyak, kamu bisa menyesuaikan takaran dan jumlah bahannya sesuai dengan keinginanmu, GenK.

Alat-alat:

  • Panci masak
  • Sendok
  • Skop es krim
  • Penggiling roti
  • Talenan/kertas minyak/plastik

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung beras
  • 100 gram gula
  • 100 ml air
  • 2 sdt vanili bubuk
  • 10 skop es krim sesuai selera
  • Tepung kanji secukupnya
Cara membuat mochi 2

Mochi es krim (sumber: youtube.com/ochikeron)

Baca Juga
5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Cara membuat mochi es krim:

  1. Sebelum mulai membuat mochi, siapkan terlebih dahulu panci yang akan dipakai sebagai wadah adonan.
  2. Masukkan beras ketan, gula, dan vanili bubuk. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok hingga adonan tercampur merata.
  3. Panaskan panci di atas api sedang, lalu aduk adonan hingga mulai mengental dan terasa lengket.
  4. Supaya tidak lengket di tangan, siapkan talenan atau kertas minyak/plastik di atas permukaan meja yang rata, lalu taburi dengan sedikit tepung kanji. 仆
  5. Kalau sudah, ambil adonan yang sudah dari panci, kemudian letakkan di atas tempat yang sudah disiapkan tadi, lalu taburi lagi dengan sedikit tepung kanji.
  6. Giling adonan menggunakan penggiling roti yang sudah dipersiapkan sebelumnya sampai ketebalan 2-3 mm. Pastikan kalau kamu menggiling adonan yang masih panas yah, baru kemudian didinginkan.
  7. Bentuk es krim menjadi bola kecil menggunakan skop es krim berukuran 2-3 cm, lalu masukkan ke dalam kulkas. 儭
  8. Setelah adonan mochi dingin, potong menjadi 10 bagian berukuran 4 cm dan pipihkan menggunakan sendok.
  9. Ambil bola-bola es krim yang sudah dibuat dari kulkas, lalu masukkan ke dalam adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil.
  10. Nah, setelah itu jangan lupa kembali untuk menyimpan mochi es krim yang sudah jadi ke dalam freezer kulkas selama 30 menit sebelum dihidangkan. 儭

Gimana, GenK? Cara membuat mochi es krim mudah bukan? Untuk menemani acara ngemil kamu, intip juga resep dan cara membuat infused water nan segar dan praktis. Selamat mencoba!


Simpulan

Setelah menyimak artikel ini, sekarang kamu jadi tahu cara membuat mochi yang mudah dan praktis. Sebagai sebuah creative content platform, kreativv ID berkomitmen untuk menyediakan konten-konten berkualitas dari berbagai topik di industri kreatif untuk para pembaca setia.

Buat kamu yang ingin terus update dengan tren terkini di industri kreatif, kunjungi terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk konten terbaik langsung ke emailmu.

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kuliner & Travel

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link