leadersingle

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Dibaca Normal: 4 menit aja
food plating

Ibarat melukis di piring, kamu bisa meningkatkan estetika makanan lewat food plating. Dan ternyata seni menata makanan ini bakal berhubungan dengan food photography, GenK. Lebih jelasnya, simak aja penjelasan selengkapnya berikut ini.

Dalam dunia food photography, tampilan makanan adalah hal pertama yang mesti diperhatikan. Makanya, food plating pasti mempengaruhi nilai dari hidangan yang kamu buat loh. Jika secara visual makanan tersebut sudah menarik, maka orang yang melihat pun pasti tergiur, GenK.

Apa Itu Food Plating?

food plating 1

Ilustrasi food plating (sumber: pexels.com)

Makan dengan mata. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Kalimat itu terdengar aneh, tapi tidak sepenuhnya salah loh.

Kita daat menebak-nebak rasa makanan hanya dari tampilannya. Sepotong cupcakes dengan krim dan taburan coklat di atasnya akan membuat orang membayangkan betapa manis rasanya. Lain lagi dengan semangkuk mie dengan garnish bubuk merah yang mengisyaratkan rasa pedas. Proses penataan yang menimbulkan imajinasi ini disebut dengan food plating.

Food plating adalah proses mengatur dan mendekorasi makanan guna meningkatkan tampilan hidangan tersebut. Dengan memperbaiki penyajiannya, makanan tersebut bisa mempengaruhi orang agar mau menyantapnya. 

Kenapa Food Plating Itu Penting?

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa makanan mesti dihias-hias terlebih dahulu padahal bisa langsung dilahap tanpa perlu mempertimbangkan tampilannya. Apalagi menghias makanan seperti itu bisa menyita banyak waktu. Di balik prosesnya yang terbilang rumit, ternyata food plating punya banyak manfaat loh, baik itu untuk perusahaan, koki, dan konsumen. 

Untuk koki, manfaatnya adalah hidangan jadi terlihat kreatif. Kreativitas dalam mengemas visual hidangan ini bisa membangun ciri khas makanan sebuath restoran.

food plating 2

Ilustrasi foto makanan untuk konten Instagram (sumber: pexels.com)

Selain itu, visual makanan yang cantik juga bisa menjadi cara sederhana untuk membangun kepercayaan konsumen atas kualitas makanan yang disajikan. Bukan hanya itu, GenK, food plating yang baik juga bisa meningkatkan kelas restoran tersebut, sehingga restoran bisa menawarkan harga makanan yang lebih tinggi kepada konsumen.

Sedangkan, dari sisi konsumen, food plating bermanfaat untuk meningkatkan selera makan. Selain itu, makanan yang tertata rapi juga dapat menjadi konten Instagram yang kece, GenK!

Baca Juga
Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Kuliner

Cara Membuat Infused Water yang Mudah dan Simpel

Kuliner

10 Makanan Khas Indonesia yang Populer

Kuliner

Aneka Soto Nusantara

Kuliner

7 Restoran All You Can Eat Jakarta di Bawah 100 Ribu

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link