leadersingle
leadersingle

4 Hidangan Berbuka Super Lezat dari Berbagai Negara

Dibaca Normal: 3 menit aja

Ragam kuliner lezat nan unik khas Ramadan memang selalu menjadi satu dari sekian banyak hal yang ditunggu oleh umat muslim. Sebut saja berbagai hidangan Ramadan khas seperti kolak pisang, bubur sumsum, es cendol, dan masih banyak lagi. Tak hanya di Tanah Air, kamu juga bisa menemukan beragam hidangan khas Ramadan di berbagai negara lain yang memiliki populasi umat muslim dalam jumlah besar. Beberapa di antaranya sudah kami rangkum khusus untukmu nih. 

1. Hyderabadi Haleem

Sumber: cookpad.com

Salah satu hidangan khas India yang populer saat Ramadan yaitu hyderabadi haleem. Hidangan ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh orang Arab di India. Bisa dijumpai sebagai sajian makan malam. Hyderabadi haleem juga sering disajikan saat pesta pernikahan dan perayaan acara lainnya di India. Karena mengandung sejumlah energi dan kalori saat bulan Ramadan sering disajikan untuk berbuka puasa.

Hidangan bergizi ini juga membantu mempercepat proses pembakaran di dalam tubuh. Sedangkan kandungan proteinnya memberi asupan nutrisi yang sangat baik setelah berpuasa seharian. Hyderabadi Haleem rasanya gurih lezat karena menggunakan beberapa bumbu tradisional. Seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya. Sedangkan bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
6 Menu Buka Puasa Praktis Tanpa Ribet

2. Nasi Jollof

Sumber: cookpad.com

Nasi jollof, kuliner khas Afrika Barat ini sekilas mengingatkan kamu pada nasi goreng yang begitu akrab dan populer di Indonesia. Di kawasan asalnya, nasi jollof merupakan hidangan yang banyak ditemukan di acara-acara penting macam pernikahan, wisuda, pun ulang tahun. Hidangan khas ini juga kerap dijajakan di berbagai stan kuliner dan pusat perbelanjaan di negara-negara Afrika Barat. 

Serupa nasi goreng di Indonesia, nasi jollof merupakan olahan kuliner yang diminati semua kelas. Diracik menggunakan bahan utama macam nasi, pasta tomat, potongan tomat, minyak kelapa sawit, garam dan cabai, cita rasa khas nasi goreng Afrika Barat ini diperoleh dari kandungan aneka rempah macam pala, jahe, dan jintan. Nasi jollof juga kerap dibubuhi tambahan item makanan lain yang kian menyempurnakan rasanya macam potongan sayur, daging dan ikan.

Artikel Terkait
Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Kuliner

6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

Kuliner

10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Kuliner

7 Jenis Kue Lebaran yang Paling Dikangenin

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>