Kuliner

Ide Makanan Lezat Buat Menu Buka Puasa, Yuk Catat!

Bulan puasa sudah tiba, nih. Tentunya salah satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah menu sahur dan buka puasa. Terutama, hidangan apa yang pas untuk berbuka di rumah. Kamu bisa masak sendiri, lho, dan nggak harus makan yang mewah-mewah banget, asalkan sehat dan nikmat. Aneka masakan ini bisa berupa tumis, sayur, ikan, daging dan masih banyak lagi. Yuk, simak ide menu buat kamu!

Oseng Kacang Panjang

Sumber Gambar : brilio.net

Ini masakan favorit banget. Bahan utamanya kacang panjang, tempe dan pete, yang dipotong-potong. Kemudian, diberi bumbu bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, kecap manis, saus tiram, gula, garam. Masaknya simpel. Cukup goreng tempe setengah matang, lalu tumis dengan kacang panjang dan semua bumbu. Sedap banget.

Asem-Asem Daging

menu buka puasa

Sumber Gambar : brilio.net

Daging menjadi sumber protein yang baik untuk mengembalikan energimu. Masakan segar ini berbahan daging yang direbus dan dipotong kotak-kotak, serta sayur buncir. Lalu, bumbunya bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, jahe, laos, sereh, cabai hijau, cabai rawit, tomat ijo, belimbing wuluh, garam, gula, penyedap dan kecap manis. Kamu cukup merebus semuanya sampai mendidih. Jadi, deh.

Tumis Bunga Pepaya

Sumber Gambar : brilio.net

Masakan ini simpel dan cocok juga, lho, buat anak kos. Bahannya dari bunga pepaya dan ikan teri. Lalu, bumbunya bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, garam, gula, penyedap, lengkuas dan daun salam. Sebelum masak, rebus bunga pepaya dengan daun jambu biji biar pahitnya berkurang. Kalau udah, tinggal mencampurkan semua bahan dan bumbu, lalu ditumis sampai matang. Nikmat.

Cah Kangkung Bakso

 

Sumber Gambar : Brilio.net

Menu buka puasa ini sehat dan sedap! Bahannya kangkung, bakso sapi dan buah tomat. Kemudian, haluskan bumbu bawang putih, kemiri dan cabai rawit. Tambahkan bumbu pelengkap saus tiram, kaldu jamur dan garam. Cara masaknya gampang banget, kamu tinggal menumis bumbu halus, masukkan daun kangkung yang sudah dipetik dan bakso, tambahkan bumbu pelengkap. Tumis hingga matang. Sajikan.

Baca Juga :   Jangan Cuma Hobi Ngemil, Yuk Jalankan Ide Bisnis Makanan Ringan Ini!

Sayur Bayam

menu buka puasa

Sumber Gambar : Brilio.net

Kalau mau makanan sayuran super segar, buat teman lauk-lauk gorengan, bikin aja sayur bayam. Bayam juga kaya vitamin B, lho. Siapkan bahan daun bayam, wortel diiris bulat tipis, bawang putih, bawang merah, kunci, daun salam, garam, gula dan air. Masaknya cukup direbus. Pertaa, rebus semua bumbu sampai layu. Lalu, masukkan wortel dan tunggu sampai setengah matang. Lalu, masukkan daun bayam dan didihkan sebentar. Siap disajikan, deh.

Ayam Kecap

menu buka puasa

Sumber Gambar : Brilio.net

 

Sedap banget berbuka puasa dengan lauk ayam kecap, yang rasanya pedas manis. Bahannya yaitu ayam potong, bawang putih, jahe, air, cabai rawit, bawang merah, merica bubuk, kecap manis, garam dan gula. Cara bikinnya, goreng ayam setengah matang, sisihkan. Lalu, tumis semua bumbu dan tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan ayam, dan tambahkan kecap serta gula pasir. Masak hingga ayam matang dan kuah menyusut separuhnya.

Seru banget, kan, menu buka puasa tadi. Masakan yang Indonesia banget dan lagi cara bikinnya juga sangat gampang. Pas sekali untuk menu lezat saat kamu berbuka di rumah bersama keluarga. Buat yang ngekos, menu berbuka tadi juga bisa kamu bikin sendiri. Hitung-hitung lebih hemat dan sehat kalau masak sendiri, kan. Selain itu, masakan tadi juga sehat karena bahannya lengkap, ada sayuran dan dagingnya juga. Yuk, dicoba!

About author

Related posts
Kuliner

Rekomendasi Menu Takjil Segar dan Bernutrisi untuk Buka Puasa, Gampang Bikin Sendiri!

Kuliner

7 Bahan Makanan Ini Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing

Kuliner

Kimchi: Makanan Khas Korea yang Punya Banyak Jenisnya

Kuliner

5 Cara Mengolah Telur untuk Tambahan Menu Makan