Kuliner

6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

5 jenis keju

Ada berbagai jenis keju terkenal di dunia. Rasa dan bentuknya berbeda-beda. Kamu yang ngaku pecinta keju, wajib tahu nih! Yuk kita bahas, GenK!

Keju adalah sebuah jenis makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat-zat padat yang ada di dalam susu melalui proses pengentalan yang disebut koagulasi. Bakteri atau enzim yang disebut rennet memiliki peran penting saat proses koagulasi ini. Hasil dari proses tersebut kemudian bisa dikeringkan, diawetkan, atau diolah lagi dengan berbagai macam cara.

Variasi keju ditentukan berdasarkan tipe susu, teknik pengentalan, temperatur yang digunakan, teknik memotong, proses pengeringan, pemanasan, dan pengawetan keju. Ada beberapa jenis susu yang bisa digunakan untuk membuat keju, yaitu air susu sapi, kambing, kuda, unta, dan kerbau. Akan tetapi pada umumnya air susu sapi yang paling banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan keju lokal.

Jenis keju 1

Potongan keju (sumber: pexels.com)

Keju ini sangat baik untuk dikonsumsi loh. Di dalam keju terkandung nutrisi yang sama seperti susu, yaitu protein, mineral, kalsium, vitamin, fosfor, dan lain-lain. Sedangkan, jumlah kandungan lemaknya tergantung pada jenis susu yang kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan keju.

Perlu kamu ketahui, keju yang dibuat dengan susu murni atau krim akan memiliki kandungan lemak, kalori, dan kolesterol yang tinggi. 💡

Jenis-Jenis Keju

Buat kamu para pecinta keju, wajib banget tahu apa saja sih jenis keju terenak dan terpopuler di dunia. Yuk kita lihat beberapa daftarnya!

1. Keju Mozzarella

jenis keju 2

                      Keju Mozzarella (sumber: seriouseats.com)

Siapa sih yang tidak tahu keju mozzarella? keju yang sangat terkenal di dunia kuliner ini masih digandrungi oleh masyarakat, termasuk masyarakat lokal. Keju ini berasal dari Italia. Susu sapi atau susu kerbau kerap kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jenis keju yang satu ini. Semua bahan diproses hingga menghasilkan tekstur keju yang lembut dan lunak. Teksturnya itulah yang membuat keju ini enak disantap dalam keadaan hangat. 🤤

Kamu bisa membuktikan betapa rekatnya keju ini dengan cara menariknya dari dua sisi yang saling berlawanan. Dijamin kamu akan ngiler saat melihat lelehan keju mozzarella. Keju ini biasa dihidangkan sebagai topping pizza, lasagna, atau disantap hanya dengan irisan tomat. Jadi ingin mencoba keju mozzarella ya, GenK?  

Baca Juga :   10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

2. Keju Parmesan

jenis keju 3

  Keju Parmesan (sumber: today.com)

Keju parmesan termasuk ke dalam deretan jenis keju yang terkenal di dunia. Hampir mirip dengan namanya, keju parmesan ini berasal dari Parma, Italia dan menggunakan susu sapi sebagai bahan dasarnya. Bentuk bundar seperti drum menjadi ciri khasnya.

Pada bagian kulit luar berwarna kuning pucat. Keju ini memiliki aroma yang manis seperti buah-buahan dan rasanya tidak terlalu kentara. Untuk membuat keju ini dibutuhkan waktu 3-12 bulan. Wah lumayan lama ya, GenK.  🤔

3. Keju Cheddar

jenis keju 4

 Keju Cheddar (sumber: splendidtable.org)

Jenis keju yang berikutnya adalah keju cheddar. Nama cheddar sendiri diambil dari nama negara asalnya di Inggris yang bernama Desa Cheddar. Uniknya, keju cheddar akan mengalami perubahan warna berdasarkan usia sejak dibuat pertama kali.

Keju Cheddar yang masih muda biasanya memiliki tampilan warna putih gading dengan tekstur yang agak lunak. Sedangkan yang sudah tua memiliki tampilan warna kekuningan dengan tekstur yang lebih keras dari sebelumnya, sehingga keju ini dikategorikan ke dalam jenis keju keras. Umumnya keju ini digunakan sebagai bahan dasar kue atau makanan.  

Baca Juga :   Cara Membuat Salad Buah dengan Resep Nikmat dan Praktis
About author

Related posts
Kuliner

Ini Dia Macam-macam Topping Kuliner Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner

Menu Makanan Khas Imlek yang Pasti Disajikan untuk Momen Kumpul Keluarga

Kuliner

Nikmatnya Resep Olahan Jahe untuk Dijadikan Kudapan Saat Sore

Kuliner

Resep Dessert Tanpa Oven Paling Gampang dan Praktis Banget

Leave a Reply

Your email address will not be published.