6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

Dibaca Normal: 6 menit aja
5 jenis keju

Ada berbagai jenis keju terkenal di dunia. Rasa dan bentuknya berbeda-beda. Kamu yang ngaku pecinta keju, wajib tahu nih! Yuk kita bahas, GenK!

Keju adalah sebuah jenis makanan yang dihasilkan dengan cara memisahkan zat-zat padat yang ada di dalam susu melalui proses pengentalan yang disebut koagulasi. Bakteri atau enzim yang disebut rennet memiliki peran penting saat proses koagulasi ini. Hasil dari proses tersebut kemudian bisa dikeringkan, diawetkan, atau diolah lagi dengan berbagai macam cara.

UPDATES

Slider

Variasi keju ditentukan berdasarkan tipe susu, teknik pengentalan, temperatur yang digunakan, teknik memotong, proses pengeringan, pemanasan, dan pengawetan keju. Ada beberapa jenis susu yang bisa digunakan untuk membuat keju, yaitu air susu sapi, kambing, kuda, unta, dan kerbau. Akan tetapi pada umumnya air susu sapi yang paling banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan keju lokal.

Jenis keju 1

Potongan keju (sumber: pexels.com)

Keju ini sangat baik untuk dikonsumsi loh. Di dalam keju terkandung nutrisi yang sama seperti susu, yaitu protein, mineral, kalsium, vitamin, fosfor, dan lain-lain. Sedangkan, jumlah kandungan lemaknya tergantung pada jenis susu yang kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan keju.

Perlu kamu ketahui, keju yang dibuat dengan susu murni atau krim akan memiliki kandungan lemak, kalori, dan kolesterol yang tinggi. 💡

Jenis-Jenis Keju

Buat kamu para pecinta keju, wajib banget tahu apa saja sih jenis keju terenak dan terpopuler di dunia. Yuk kita lihat beberapa daftarnya!

1. Keju Mozzarella

jenis keju 2

                      Keju Mozzarella (sumber: seriouseats.com)

Siapa sih yang tidak tahu keju mozzarella? keju yang sangat terkenal di dunia kuliner ini masih digandrungi oleh masyarakat, termasuk masyarakat lokal. Keju ini berasal dari Italia. Susu sapi atau susu kerbau kerap kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jenis keju yang satu ini. Semua bahan diproses hingga menghasilkan tekstur keju yang lembut dan lunak. Teksturnya itulah yang membuat keju ini enak disantap dalam keadaan hangat. 🤤

Kamu bisa membuktikan betapa rekatnya keju ini dengan cara menariknya dari dua sisi yang saling berlawanan. Dijamin kamu akan ngiler saat melihat lelehan keju mozzarella. Keju ini biasa dihidangkan sebagai topping pizza, lasagna, atau disantap hanya dengan irisan tomat. Jadi ingin mencoba keju mozzarella ya, GenK?  

Baca Juga
10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

6 Destinasi Wisata Pantai di Makassar yang Memesona

Kuliner & Travel

Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner & Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Patut Dikunjungi

Kuliner & Travel

5 Tips Packing Liburan Paling Efisien dan Anti Ribet

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link