Kuliner

8 Jenis Piring Beserta Fungsinya untuk Table Manner

jenis piring

Saat kamu datang ke jamuan makan di sebuah hotel bintang lima, di sana sudah disediakan berbagai jenis piring. Ada yang bentuknya lingkaran, kotak, dan ada pula piring dengan sedikit cekungan. Tak hanya itu, ukurannya pun berbeda-beda. Belum makan saja sudah pusing memikirkan mau makan pakai piring yang mana. Begitulah table manner, ribet tapi perlu dipelajari terutama kamu yang sering datang ke jamuan makan. Perlu diketahui bahwa setiap jenis piring memiliki fungsinya masing-masing. Ingin tahu apa saja jenis beserta fungsinya? Yuk disimak!

1. Appetizer Plate

jenis piring

Appetizer plate (sumber: potterybarn.com)

Secara pengertian, appetizer adalah hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil. Fungsinya untuk membangkitkan selera makan pembeli sebelum main course tiba. Appetizer plate memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar karena menyesuaikan dengan porsinya yang kecil. Ukurannya bervariasi, tetapi yang paling umum adalah 17 cm dan biasanya terdapat lekukan di bagian ujung piring.

2. Dinner Plate

jenis piring

Dinner plate (sumber: wallpaperflare.com)

Ini merupakan jenis piring yang paling umum ditemukan. Dinner plate adalah piring yang digunakan saat makanan utama tiba. Makanya diberi nama dinner plate, karena memang diperuntukkan untuk main course atau menu makanan utama. Biasanya berbentuk lingkaran dengan diameter yang besar sekitar 26 cm atau 8 sampai 12 inch. Banyak yang menggunakan dinner plate untuk sarapan dan makan siang, karena bentuknya yang seakan-akan cocok digunakan untuk hidangan apa pun.

3. Dessert Plate

Dessert plate (sumber: my-best.id)

Jenis piring yang berikutnya adalah dessert plate atau yang disebut juga dengan nama luncheon plate. Piring ini sering digunakan untuk acara jamuan makan formal dan informal. Ukurannya tidak beda jauh dengan appetizer plate, yaitu sekitar 18 cm. Dessert plate memiliki fungsi yang beragam loh, bisa digunakan untuk makanan pembuka, penutup, atau sekadar camilan. Biasanya ditemukan pada acara pesta atau pernikahan, tapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk acara-acara kecil.

Baca Juga :   Inspirasi Background untuk Food Photography Low Budget
About author

Related posts
Kuliner

Ide Makanan Lezat Buat Menu Buka Puasa, Yuk Catat!

Kuliner

5 Cara Mengolah Telur untuk Tambahan Menu Makan

Kuliner

Menerapkan Psikologi Marketing Berdasarkan Kondisi FOMO

Kuliner

Dibalik Kelezatannya, Rendang Punya Sejarah Unik