Kuliner

Kimchi: Makanan Khas Korea yang Punya Banyak Jenisnya

Jika membicarakan soal kuliner khas Korea, pasti tak akan lepas soal Kimchi. Kehadiran kimchi sebagai pendamping makanan ataupun lauk di Korea sudah bukan hal yang aneh lagi. Terbuat dari sayuran yang dibumbui dengan bawang putih, bubuk cabai, jahe dan bahan lainnya, menjadikan masyarakat Korea mengonsumsinya hampir di setiap hari. Kimchi merupakan makanan  sehat yang banyak mengandung protein, serat, vitamin, kalsium, fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Jika mengingat soal Kimchi, sayuran yang pasti terpikirkan untuk dijadikan Kimchi pasti sawi putih yang juga dikenal sebagai Tongbaeuchu Kimchi ataupun Baek Kimchi. Tapi, pada kenyataannya, tak hanya sawi putih saja loh yang bisa dijadikan Kimchi! Ada beberapa sayuran lain yang bisa dijadikan kimchi. Lalu ada apa saja ya?

1. Oisobagi Kimchi (Kimchi Timun)

kimchi makanan khas korea

Oisobagi Kimchi. (Sumber: maangchi)

Jenis kimchi ini juga tidak melalui proses fermenasi, jadi aman juga bagi kamu yang tidak suka makan makanan asam. Timun yang ada, dibelah lalu diisi dengan sayuran lain seperti wortel, daun bawang dan lobak,  serta bumbu-bumbu. Kimchi ini memiliki rasa yang segar serta renyah yang cocok untuk dimakan bersama sup daging dan lobak. Sepertinya enak ya!

2. Kkaennip Kimchi (Kimchi Perila)

Kkaennip Kimchi. (Sumber: maangchi)

Buat kamu yang tidak tau, daun Perilla  ini adalah jenis daun yang masih satu keluarga dengan daun Mint. Kimchi ini harus melalui tahap fermentasi juga untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Penyajiannya kan bertambah enak jika ditambahkan dengan taburan biji wijen. Hmm menarik ya!

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia
About author

Related posts
Kuliner

Resep Nasi Waffle, Makanan Viral yang Dibuat dari Nasi Sisa

Kuliner

Unik! 7 Makanan Khas Basque ini Wajib untuk Dicoba

Kuliner

Tips Membuat Kopi seperti Barista Juara Dunia

Kuliner

Resep Menu Lebaran Sedap Yang Cocok Untuk Rayakan Hari Kemenangan