fbpx

Kuliner Bandung yang Tidak Boleh Terlewatkan

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
kuliner bandung

Selain restoran, kuliner Bandung yang enak juga bisa kamu temui di pedagang-pedagang pinggir jalan. Ada banyak sekali jajanan khas kota ini yang ngangenin dan membuat banyak orang ingin kembali berkunjung ke sana. Penasaran? Yuk, simak 13 daftar makanan khas Bandung yang wajib kamu coba!

1. Seblak

Kuliner Bandung 2

Seblak (Sumber: dapurkobe.co.id)

Ngaku udah pernah ke Bandung tapi belum cobain seblak? Berarti kunjunganmu belum lengkap, GenK! Makanan satu ini adalah ciri khas jajanan Bandung. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk basah dan memiliki rasa yang gurih. Kuliner ini terbuat dari bumbu rempah dan berisi sayur, daging, dan telur, sehingga cukup mengenyangkan.

Nah, ada beberapa tempat jajanan seblak yang wajib kamu coba, salah satunya adalah Seblak Jabred. Seblak di tempat ini disajikan dengan tambahan ceker, tahu krispi, kikil, dan sosis. Kamu juga bisa mencicipinya dengan level pedas yang menggiurkan, agar terasa lebih nikmat!  

2. Nasi Timbel

Kuliner Bandung satu ini dibungkus dengan daun pisang. Di dalamnya, kamu bisa menemukan nasi putih hangat dengan aroma khas yang didampingi dengan daging atau ikan, serta tahu, tempe, sambal dan lalapan.

Jika kamu ingin mencicipi rasa nasi timbel yang otentik, kamu bisa kunjungi Nasi Timbel Bawean. Tempat ini termasuk tempat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1985. Kamu juga bisa memilih lauk yang melimpah dan varian nasi timbel, seperti nasi timbel putih atau nasi timbel merah.  

3. Nasi Tutug Oncom

Kuliner Bandung

Nasi Tutug Oncom (Sumber: royco.co.id)

Dilihat dari namanya, kamu pasti langsung tahu kan, GenK, bahwa makanan ini terbuat dari campuran oncom. Nati Tutug Oncom memang nasi yang ditumbuk lalu dicampur dengan oncom. Ditambah juga dengan lauk sesuai dengan selera dan pilihanmu. Ada banyak tempat yang menyajikan makanan khas Bandung satu ini. Salah satunya adalah Nasi tutug Oncom Bi Kokom yang berada di daerah Lekong.  

Baca Juga   Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

4. Karedok

Siapa yang tak kenal karedok? Jajanan khas Bandung ini juga kerap dijumpai di kota-kota lainnya. Bisa dibilang, jajanan satu ini tergolong jajanan sehat dan bergizi karena terdiri dari berbagai sayuran segar. Ditambah lagi, kamu juga bisa memesan cita rasa yang pedas supaya lebih nikmat. Salah satu tempat makan karedok yang menjadi favorit di Bandung yaitu Warung Cihapit Bu Siti.  

5. Mie Kocok

Nah, mie kocok adalah kuliner Bandung yang cocok dengan udara Bandung yang sejuk. Mie kocok ini terdiri dari beberapa bumbu rempah sehingga sangat terasa sensasi khas Indonesianya. Untuk mencicipi kelezatannya, kamu bisa kunjungi Mie Kocok Mang Dadeng yang sangat hits di Bandung. Isi dari mie kocok ini adalah mie kuning dengan bentuk pipih, campuran beberapa potongan kikil, sum-sum, juga daun seledri dan bawang goreng untuk menambah kenikmatannya. Dijamin kamu pasti akan nambah, GenK!  

6.Surabi

Kalo kamu suka jajanan dengan rasa yang manis, surabi cocok untuk kamu! Surabi sudah jadi salah satu cemilan khas Bandung yang ngehits. Makanan ini disajikan dengan rasa yang beragam, dilengkapi berbagai topping pilihan. Tampilannya yang unik juga jadi salah satu daya tarik. Tak heran jajanan ini sering diburu banyak orang.

7. Ulukutek Leunca

Kuliner Bandung 3

                 Ulukutek Leunca (Sumber: id.tastemade.com)

Makanan ini mengandung berbagai vitamin dan berbagai kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Berbagai cita rasa bisa kamu dapatkan dengan mencicipi kuliner Bandung satu ini. Mulai dari rasa yang renyah, gurih, pedas, dan sedikit pahit. Di dalam seporsi ulukutek leunca juga terdapat campuran oncom yang bisa menambahkan rasa gurih.  

Baca Juga   Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

8. Gehu Jeletot

Makanan ini cocok untuk kamu yang menyukai rasa pedas, GenK! Gehu Jeletot adalah cemilan khas Bandung yang sering jadi incaran. Rasanya yang pedas, gurih dan hangat membuat makanan ini jadi favorit banyak kalangan. Selain itu, terdapat juga taburan sayuran di dalamnya, seperti irisan wortel dan sayur kol, serta irisan daging sapi yang membuat kamu ingin tambah lagi dan lagi.

Untuk kamu yang sedang mampir ke kota Bandung, kamu bisa kunjungi Gehu Hot Jeletot. Tempat ini merupakan jagonya Gehu Jeletot. Walaupun harganya tergolong lebih mahal, namun cemilan yang disajikan di sana memiliki cita rasa berkualitas, GenK!  

9. Pisang Bollen

Tidak jarang orang menjadikan pisang bollen sebagai oleh-oleh khas Bandung. Selain rasanya yang enak, teksturnya pun sangat lembut dan memanjakan lidah. Ditambah lagi, kamu juga bisa memilih varian rasa dari pisang bollen ini, mulai dari rasa kacang hijau hingga peuyeum. Untuk kamu yang mencari kelezatan pisang bollen, kamu bisa membelinya di Kartika Sari. Mau coba?  

10. Peuyueum

Kuliner Bandung 5

          Peuyueum (Sumber: tokopedia.com)

Sangat identik sebagai jajanan pasar kota Bandung, peuyeum sering jadi incaran. Bukan hanya tape singkong, peuyeum adalah tape dengan kandungan kadar air yang jauh lebih sed atau kering. Makanan ini bisa kamu santap secara langsung untuk mengganjal perut saat kelaparan. Kamu bisa menemukannya di banyak tempat, salah satunya adalah Desa Citatah.  

Baca Juga   Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

11. Gepuk

Kuliner Bandung 4

                                   Gepuk (Sumber: dapurkobe.co.id)

Berbahan dasar daging sapi, gepuk cocok kamu santap dengan nasi hangat dan sambal. Makanan khas Bandung satu ini cocok menjadi lauk yang bisa mengenyangkan perut. Jika kamu ke Bandung dan mencari tempat yang menjual gepuk terbaik dan berkualitas, kamu bisa kunjungi Gepuk Ny. Ong. Interior design restorannya menarik, GenK. Coba aja!  

12. Cuanki

Makanan ini hampir mirip bakso malang, bedanya bahan dasar cuanki adalah aci. Satu porsi mangkuk cuanki berisi aci, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, bakso, dan juga bakso goreng. Yang membedakannya dengan bakso malang adalah cuanki tidak dilengkapi dengan mie kuning. Kamu bisa menyantapnya dengan tambahan seledri dan daun bawang agar rasa lebih gurih. Salah satu yang bisa kamu cicipi adalah Cuanki Serayu yang sudah ada sejak tahun 1991. Rasanya sulit dilupakan, GenK!  

13. Tahu Susu Lembang

Makanan ini merupakan makanan yang biasa ditemukan di daerah Lembang. Bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat, tahu susu lembang juga merupakan jajanan khas Jawa Barat yang menyehatkan, GenK! Kualitas yang ada pada tahu ini berbeda dengan tahu biasa, karena teksturnya yang sangat lembut.


Sekarang, sudah tahu kan 13 kuliner Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan? Jangan ngaku bosan ke Bandung sebelum kamu cicipi semua makanan di atas, GenK! Siapkan perutmu agar bisa menikmati sepuasnya ya!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link