Kuliner

Kuliner Indonesia yang Punya Nama Kepanjangan Unik

kuliner-indonesia-yang-punya-nama-kepanjangan-unik

Indonesia adalah negara gemah ripah loh jinawi. Nggak cuma diberkati dengan kekayaan alam saja, negeri tercinta kita ini juga dikenal dengan aneka hidangan Nusantara yang lezat banget. Kamu pastinya pernah dengar tentang makanan comro, cimol, dan cilok, bukan? Nah, tahu nggak, ternyata makanan-makanan itu punya nama kepanjangan, lho. Nama kepanjangannya pun unik abis. Penasaran, kan? Yuk simak apa saja sih kuliner Indonesia yang punya nama kepanjangan unik berikut ini.

Comro

comro

Kuliner Indonesia comro (Sumber: sajiansedap.grid.id)

Buat kamu warga Bandung, pastilah nggak asing dengan kuliner Indonesia berupa camilan satu ini. Comro adalah makanan berupa singkong yang dihancurkan dan digoreng hingga berwarna keemasan. Teksturnya renyah di luar dan lembut di bagian dalam, dijamin bikin kamu ketagihan. Sekilas, comro memang mirip banget dengan jajanan khas Jawa Timur yaitu jemblem. Bedanya, comro berisi oncom, yaitu produk fermentasi dari ampas tempe. Nah, tahu nggak, nama comro diambil dari kalimat “Oncom di Jero”. Nama itu merujuk pada oncom yang jadi isian dari makanan ini.

Ketoprak

ketoprak

Sepiring ketoprak yang kadang disangka gado-gado (Sumber: masakapahariini.com)

Berkunjung ke Jakarta pastilah nggak lengkap kalau belum mencicipi ketoprak. Hidangan khas Betawi ini lumayan mirip dengan gado-gado. Bedanya, terletak pada isian. Kalau gado-gado menggunakan full sayuran dengan sedikit campuran tempe goreng dan telur rebus, maka ketoprak lebih didominasi dengan irisan tahu goreng dan ketupat. Selain itu, ketoprak juga dihidangkan dengan tauge dan kerupuk yang bikin teksturnya makin renyah. Tambahan acar mentimun bikin hidangan ini makin sip. Guyuran saus kacang dari ketoprak juga cenderung gurih. Nah, ternyata, nama “ketoprak” berasal dari singkatan “ketupat toge digeprak”.

Baca Juga :   Kuliner Unik Indonesia, Perpaduan Dua Makanan Menjadi Satu Cita Rasa
About author

Related posts
Kuliner

Resep Dessert Tanpa Oven Paling Gampang dan Praktis Banget

Kuliner

7 Makanan untuk Menyembuhkan Flu yang Harus Ada Selama Masa Pemulihan

Kuliner

Resep Sup Khas Nusantara, Cocok Banget buat Hangatin Kamu di Musim Hujan

Kuliner

Resep Rujak Paling Populer di Indonesia Buat Dicoba Bikin di Rumah