fbpx

10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
kuliner jepang

Hayo, siapa sih yang tidak suka makanan? Apalagi makan makanan yang menjadi favorit kalian. Tentu kalian akan rela mencari sampai ke ujung dunia sekalipun bukan? Nah, kuliner Jepang merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi kalian yang doyan makan.

Makanan Jepang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Kamu bisa menemukannya di banyak mal atau pusat perbelanjaan. Tapi, rata-rata, restoran Jepang tersebut kebanyakan menjual ramen dan sushi.

Jangan salah, GenK, ternyata masih banyak loh makanan kuliner Jepang yang patut kalian coba selain kedua makanan tadi. Yuk, mari kita simak 10 kuliner khas Jepang selain ramen dan sushi di bawah ini.    

1. Okonomiyaki

kuliner jepang 1

Okonomiyaki (Sumber: gourmetcasakitchen.com)

Lidah masyarakat Indonesia pasti bisa dengan mudah menerima makanan Jepang satu ini. Okonomiyaki merupakan makanan dari bahan dasar tepung terigu dan telur yang isinya berupa sayuran dan daging. Mirip sekali dengan telur dadar yang sering kalian buat.  

Sekarang pun sudah banyak menjamur kedai kecil yang menjual okonomiyaki, baik di mal maupun di daerah sekitar pasar. Selain mudah untuk memasaknya, okonomiyaki juga sangat cocok untuk cemilan. Sudah pernah coba, GenK?    

2. Mochi

kuliner jepang 1

Mochi (Sumber: mochidoki.com)

Kenyal dan lembut merupakan sensai yang kalian rasakan pada saat mencoba kuliner khas Jepang yang satu ini. Mochi terbuat dari tepung beras yang ditumbuk hingga bertekstur lembut dan lengket.  

Di Jepang, kue mochi ini biasanya dimakan pada saat perayaan tahun baru. Kue mungil berbentuk bulat-bulat ini terkenal dengan rasa beragam yang ada di dalamnya. Mulai dari rasa kacang merah, coklat, oreo, taro dan masih banyak lagi.

Nah, jangan salah loh di Indonesia pun sudah ada daerah pembuat mochi yang terkenal yaitu Sukabumi. Dengan ciri khas mochi berbentuk bulat kecil dan dibungkus di keranjang bambu, mochi asal kota Sukabumi ini digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Jajanan kuliner khas Jepang ini, sangat cocok untuk kalian yang sedang ingin ngemil maupun disajikan untuk tamu yang sedang berkunjung ke rumah kalian.    

3. Edamame

kuliner jepang 3

Edamame (Sumber: piazzaseafood.com)

Di negara Jepang, edamame merupakan jenis tanaman tropis yang biasanya, dikonsumsi sebagai sayuran maupun makanan kesehatan. Makanan khas Jepang ini sangat disukai oleh masyarakat karena rasanya yang unik, mirip seperti kacang kedelai.

Baca Juga   Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Penambahan garam setelah direbus, membuat rasa edamame ini sangat enak. Untuk kalian yang penasaran ingin mencoba jenis kacang-kacangan ini, sekarang sudah banyak loh makanan yang menggunakan edamame, salah satunya salad. Nah, kalian yang sedang ingin diet atau menguruskan badan, mengkonsumsi edamame sangat baik untuk metabolisme tubuh kalian.    

4. Onigiri

kuliner jepang 4

Onigiri (Sumber: chopstickchronicles.com)

Makanan kuliner di Jepang selanjutnya adalah Onigiri. Onigiri sendiri sebenarnya mirip dengan sushi. Dengan perpaduan nori, nasi, daging, telur atau ikan, onigiri menjadi makanan yang praktis dan simpel untuk dibawa.  

Di Negara Jepang sendiri, onigiri memang dibuat sebagai bekal makanan. Bagi kalian yang ingin membawa bekal bentuk segitiga ini, bahan yang digunakan sangat simpel. Selain nasi dan isian yang akan kalian pilih. Jangan lupa untuk membeli rumput laut sebagai pembungkus. Tertarik mencoba sendiri di rumah?    

5. Udon

kuliner jepang 10

Udon (Sumber: tarasmulticulturaltable.com)

Bagi kalian pecinta mie, salah satu kuliner Jepang yang patut kalian coba adalah udon. Udon merupakan makanan sejenis mie dengan bahan tepung terigu, tetapi berbentuk lebar dan tebal. Udon sendiri biasanya direbus dan disantap bersama kuah yang lezat.  

Di Jepang pun udon dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi dan banyak menggunakan kecap asin dalam bumbunya. Kecap asin yang sering dipakai sebagai bumbu udon bernama usukuchi shoyu. Sebagian wilayah di Jepang, membuat mie tersebut dengan kuah kental berwarna hitam dan sebagian lagi ada yang berkuah bening, layaknya kalian mengkonsumsi mie rebus.  

Nah, kalau kalian memilih mengkonsumsi kuah kental atau kuah bening nih?    

6. Sup Miso

kuliner jepang 5

Sup Miso (Sumber: thespruceeats.com)

Sup miso atau biasa disebut dengan miso soup merupakan sup khas Jepang dengan rasa gurih yang menggoyang lidah. Sup yang disajikan dalam keadaan hangat ini berisikan kaldu, miso, dan tahu.  

Miso sendiri merupakan bumbu yang diciptakan dari kacang kedelai yang sudah difermentasikan. Di Jepang, miso biasanya disajikan sebagai makanan pembuka, sebelum makanan utama. Nah, bagi kalian yang belum sempat ke negeri sakura, jangan khawatir. Di Indonesia pun sudah banyak restoran Jepang yang menyajikan sup gurih tersebut.

Baca Juga   5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan
 

7. Sukiyaki

kuliner jepang 6

Sukiyaki (Sumber: youtube.com)

Saat musim hujan datang, pasti makanan yang kalian cari adalah makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Sukiyaki merupakan kuliner Jepang yang cocok untuk kalian santap di udara yang dingin. Dengan irisan daging tipis dan sayuran, sukiyaki menjadi makanan yang dapat mengisi perut kalian hingga kenyang.  

Cara memasak sukiyaki sangat mudah, yaitu dengan mencampur bahan-bahan seperti jamur, bawang bombay di atas panci besi tahan panas. Sensasi memasak bersama teman-teman membuat nuansa hangat lebih terasa waktu kalian menyantap makanan tersebut. Di negara asalnya, biasanya makanan ini disantap saat musim dingin dan menjadi hidangan di kala pesta atau acara keluarga.    

8. Takoyaki

kuliner jepang 7

Takoyaki (Sumber: adamliaw.com)

Siapa sih yang tidak kenal makanan satu ini. Cemilan yang sering kita jumpai di Indonesia ini berbahan tepung terigu dengan bentuk bola-bola kecil dan diisi dengan daging gurita. Yang membuat makanan ini semakin lezat adalah toping di atas nya yaitu mayones, serpihan nori, dan saus takoyaki. Jangan lupa untuk selalu menyantapnya dalam keadaan panas atau hangat, GenK!    

9.Tempura

kuliner jepang 8

Tempura (Sumber: unadonna.it)

Bentuk makanan yang satu ini, mirip sekali dengan udang goreng tepung. Hanya saja makanan khas Jepang ini berisikan adonan ringan yang berisikan sayuran dan aneka ikan yang dibalut dengan tepung gandum.  

Biasanya tempura disajikan sebagai menu tambahan untuk udon maupun lauk untuk nasi. Bagi kalian yang ingin mencoba memasaknya di rumah, disarankan untuk menggoreng tempura dengan minyak goreng bersih yang belum digunakan untuk menggoreng apapun sebelumnya. Hal ini agar minyak bersih yang ada di dalam adonan menyatu dengan tepung yang telah dibuat.

Baca Juga   Lapar Mata Karena Lihat Foto Makanan? Ini Penyebabnya!

Oh ya, ada satu ciri khas lagi yang bisa ditemukan dalam proses memasak tempura, yakni penggunaan minyak khusus dalam adonan. Minyak yang sering digunakan adalah minyak kanori, minyak selada ataupun minyak bunga matahari.    

10. Yakiniku

kuliner jepang 9

Yakiniku (Sumber: smartshanghai.com)

Kuliner khas Jepang satu ini sangat cocok untuk kalian yang sangat menyukai daging. Berbahan dasar daging yang ditusuk-tusuk dan dibakar atau dipanggang, makanan ini menonjolkan kenikmatan daging empuk yang siap disantap.  

Daging yang biasanya digunakan dalam yakiniku adalah daging domba, sapi atau jeroan. Makanan ini sangat cocok bila disantap beramai-ramai, seperti pada acara arisan bersama keluarga ataupun hanya sekedar kumpul bersama teman-teman.


Nah, itu dia 10 kuliner Jepang yang wajib banget dicicipi jika kamu mengaku penggemar makanan negeri sakura. Mulai sekarang, kalau kamu bosan dengan ramen dan sushi, kamu punya alternatif lain buat mengisi perut. Atau, di antara 10 makanan di atas, sudah ada yang jadi favoritmu?

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link
kid logo
EARLY BIRD
Daftar dengan mengisi form di bawah ini

 
close-link