Lapar Mata Karena Lihat Foto Makanan? Ini Penyebabnya!

Dibaca Normal: 5 menit aja
lapar mata

Teknologi saat ini semakin memanjakan saja, termasuk memanjakan pandangan. Zaman sekarang, contohnya, kita kerap merasa nyaman menikmati gambar makanan apa saja yang ada di media sosial. Kebiasaan ini bisa menyebabkan lapar mata loh.

Slider
Slider
Slider

Mungkin bukan sebuah kebetulan kalau hampir semua makhluk hidup memiliki mulut yang terletak dekat dengan otak, mengingat salah satu fungsi otak adalah untuk memberitahu kapan kamu lapar dan kapan kamu kenyang. Akan tetapi kita masih sering sulit membedakan mana yang lapar asli dengan lapar mata.

Akhirnya, bisa-bisa kamu tidak bisa berhenti mencicipi semua makanan yang bisa kamu dapatkan. Gawat kan kalau kamu terus-terusan makan padahal tidak lapar. Belum lagi kalau kamu lebih sering menyantap makanan cepat saji. Kebiasaan buruk mudah kepengin makan tiap kali lihat foto makanan bisa berefek seburuk itu! 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Gambar Menyebabkan Lapar Mata

lapar mata 1

Foto burger dan kentang goreng yang menggiurkan (sumber: pexels.com)

Lapar mata atau visual hunger adalah munculnya semacam keinginan alami untuk makan akibat melihat gambar makanan. Ada sebutan yang lebih keren untuk ini, yaitu food porn atau gastroporn. Gambar-gambar seperti itu pasti sering memunculkan hasrat lapar pada dirimu. Kenapa? Ini pengaruh dari visual yang ditangkap oleh mata, lalu diterima oleh saraf otak, dan kemudian diterjemahkan menjadi rasa lapar yang sebenarnya palsu. Lapar mata bisa menyebabkan seseorang ingin segera makan hanya karena gambar yang terlihat menggiurkan. Ingat, gambar bisa mengelabui otakmu! 

Baca Juga
Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kenyang Digital, Kok Bisa?

lapar mata 2

Foto hidangan daging yang terlihat lezat (sumber: pexels.com)

Kalau yang satu ini kebalikan dari lapar mata. Pernahkah kamu tiba-tiba merasa kenyang hanya karena melihat beberapa gambar makanan di internet? Kondisi seperti ini juga, tidak bisa dipungkiri, sering kita alami. Padahal kalau dipikirkan dengan logika, mana bisa kenyang dari gambar yang jelas-jelas bukan makanan asli, tidak bisa dicium aromanya, tidak bisa dirasa, dan tidak bisa dikunyah. Aneh sekali bukan?  

Pertumbuhan teknologi digital dan audio-visual membuat kamu jadi lebih mudah mengakses apapun dari ponsel, tablet, laptop, atau komputer. Tampilan gambar di media digital juga terus berkembang. Bahkan ada banyak software dan aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk menyunting gambar. Gambar yang disunting kemudian dimanipulasi menjadi bentuk yang kamu inginkan.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner

Sayuran yang Bisa Diolah Jadi Keripik Ini Cocok Banget untuk Bisnis!

Kuliner

5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

Kuliner

Resep Japanese Milk Bread yang Lagi Hits, Roti Enak Selembut Kapas

Kuliner

4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

Kuliner

Resep Klepon Merah Putih Isi Karamel, Camilan Tradisional Jadi Kekinian

Kuliner

Pertahankan Rasa dan Tekstur, Ini 7 Makanan Tidak Boleh Dibekukan

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link