4 Tempat Seru untuk Menghabiskan Liburan Imlek di Jakarta

Dibaca Normal: 3 menit aja
Tempat-Liburan-Imlek

Acara tahunan perayaan Imlek menjadi momen yang menarik untuk disaksikan. Kamu dapat menikmati berbagai macam sajian chinese food yang lezat, sambil turut serta dalam euforia selebrasi budaya yang menarik dan seru. Beberapa tempat di ibukota ini merupakan pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan Imlek. Selamat menyimak!

1. Pecinan Petak Sembilan Glodok

Pecinan Petak Sembilan yang terletak di kawasan Glodok merupakan tempat favorit yang kerap didatangi oleh wisatawan pada saat momen liburan Imlek di Jakarta. Di sini kamu dapat merasakan pengalaman berwisata menjelajahi ragam budaya Tionghoa di setiap sudut lokasi Pecinan Petak Sembilan Glodok.

Cara paling tepat untuk menelusuri area pecinan adalah dengan berjalan kaki yang akan membuatmu terasa seakan sedang berada di Negeri Tirai Bambu. Arsitektur bangunan oriental, dominasi warna merah, serta nuansa kota tua yang khas akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Langkahkan kakimu ke area pelataran Hotel Novotel Gadjah Mada dan temukan sebuah bangunan rumah tua bernama Candra Naya yang masih berdiri kokoh di tengah gedung-gedung tinggi. Eits, bukan sembarang rumah, bangunan tersebut merupakan hunian mayor Tionghoa Batavia sekarang telah dijadikan cagar budaya oleh pemerintah.

Liburan Imlek 1

Rumah Candra Naya yang diapit bangunan hotel dan apartemen (sumber: wego.co.id)

Ciri khas rumah bergaya arsitektur oriental terlihat jelas dari atap lengkung, serta ornamen patung-patung naga kecil yang menggantung di langit-langit rumah. Cahaya sinar matahari yang masuk lewat atap kaca tepat di ruangan tengah turut mempercantik bagian interior rumah. Di halaman belakangnya, kamu dapat menemukan kolam teratai yang menjadi tempat tinggal kura-kura sebagai perlambang keberuntungan.

Baca Juga
Apakah Kamu Orang yang Toxic? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

2. Vihara Dharma Bakti

Masih di kawasan Pecinan Petak Sembilan Glodok, Vihara Dharma Bakti menjadi destinasi wisata wajib bagi para wisatawan yang mampir ke sini. Vihara yang juga memiliki nama lain Klenteng Kim Tek Ie ini merupakan salah satu bangunan vihara tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1650 loh.

Setiap perayaan Imlek, Vihara Dharma Bakti selalu ramai dengan para warga Tionghoa yang datang untuk beribadah dan juga wisatawan yang datang berkunjung dari berbagai daerah. Meski pada tahun 2015 silam vihara ini sempat mengalami kebakaran, sebagian besar kerangka bangunan merupakan bagian asli yang masih dipertahankan sejak pendiriannya ratusan tahun silam.

Keunikan Vihara Dharma Bakti dari vihara lainnya adalah ruang ibadah neraka dan surga yang cuma ada satu-satunya di Jakarta. Masing-masing ruangan masih difungsikan dengan baik yang dapat diakses melalui dua pintu yang berbeda. Kamu dapat menemukan gantungan di langit vihara beserta jejeran lilin-lilin merah berukuran raksasa yang dipakai sebagai sumber penerangan.

3. Wisata Kuliner di Pecenongan

Setelah seharian berjalan-jalan menelusuri keindahan bangunan di daerah Pecinan Petak Sembilan, waktunya untuk berburu kuliner di daerah Pecenongan. Ini dia destinasi wisata kuliner yang menyajikan beraneka ragam olahan chinese food nan lezat, khususnya selama perayaan Imlek. Kamu dapat menemukan banyak pedagang kaki lima dan restoran yang punya spesialisasi di hidangan oriental.

Beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba di antaranya adalah bubur kepiting di restoran Kwang Tung, Ikan Bakar Aji Rica dari restoran Pangkep 33, Nasi Uduk Sri Rostika, dan signature dish martabak kekinian dari Martabak Pecenongan 65A. Beberapa restoran buka mulai pagi hingga malam hari, bahkan ada juga yang buka selama 24 jam loh. Jika kamu datang pada saat liburan Imlek, tempat ini akan ramai dipadati pengunjung, jadi harus siap-siap mengantre yah.

Baca Juga
Tata Cara Membagikan Angpao yang Baik dan Benar

4. Kampung Cina Cibubur

Tak jauh dari Jakarta, ada satu destinasi wisata menarik untuk menghabiskan waktu liburan Imlek yang otentik bersama keluarga dan saudara tercinta. Kampung Cina Cibubur merupakan objek wisata berupa miniatur kota Cina yang terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Liburan Imlek 2

Pintu masuk Kampung Cina Cibubur (sumber: hariliburnasional.com)

Cukup dengan menebus tiket masuk sebesar Rp15.000, kamu sudah dapat berjalan-jalan di dalam kota wisata buatan yang dipenuhi dengan segudang spot-spot foto kece khas Negeri Tirai Bambu. Mulai perjalananmu dengan lewat masuk berbentuk setengah lingkaran dengan tulisan Gerbang Kemakmuran yang dihiasi ornamen naga besar. Dua patung prajurit pembawa obor dan pedang berukuran raksasa juga siap akan menyambutmu sebelum masuk.

Di dalam Kampung Cina Cibubur, kamu dapat menikmati beragam atraksi dan wahana seru, khususnya saat liburan Imlek nih. Cobalah bersantai manja sambil mengayuh sepeda air di atas danau buatan, atau bermain waterball yang juga tersedia di sini. Menjelang perayaan Imlek, pengunjung juga dapat menyaksikan atraksi seru seperti perahu naga, tarian barongsai, dan tentunya pesta kembang api.

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

Kuliner & Travel

6 Rekomendasi All You Can Eat Surabaya yang Murah Meriah

Kuliner & Travel

4 Rekomendasi Tempat Tahun Baru Paling Seru di Jakarta

Kuliner & Travel

Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link