8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
makanan buka puasa

Makanan buka puasa memang banyak jenisnya, GenK, baik yang rasanya manis, asin, pedas, dan gurih. Nah, untuk kamu yang cari menu buka puasa yang simpel untuk dibuat sehari-hari dan tak perlu makan banyak waktu, kamu bisa simak penjelasannya di bawah!

Tumis Brokoli Saus Tiram

makanan buka puasa 1

Contoh tumis brokoli saus tiram (selerasa.com)

Resep makanan buka puasa yang pertama adalah tumis brokoli saus tiram. Terdengar lezat kan? Dengan memasak menu satu ini, kamu tidak perlu buang waktu lebih untuk menghidangkan makanan yang lezat. Selain praktis, tumis brokoli saus tiram ini merupakan menu buka puasa yang sehat karena terdapat brokoli di dalamnya.  

Seperti yang kita ketahui, brokoli memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Ini penting banget, GenK, mengingat tubuh kita yang kekurangan berbagai nutrisi karena berpuasa seharian penuh. Brokoli mengandung banyak vitamin dan juga serat, sehingga sangat cocok sebagai menu buka puasa.  

Kamu hanya perlu menumis brokoli hingga empuk dan dicampur dengan bumbu saus tiram untuk menambah cita rasa yang lezat. Selain itu, kamu bisa tambahkan dengan udang, daging sapi, atau daging ayam sesuai selera agar masakan terasa lebih sempurna!  

Tumis Wortel Buncis

makanan buka puasa 2

Contoh tumis wortel buncis (sumber: sajiansedap.grid.id)

Menumis masakan memang cara praktis untuk menghemat waktu. Makanan untuk buka puasa yang praktis dan simpel selanjutnya adalah tumis wortel buncis. Menu yang sehat satu ini sangat mudah untuk dimasak dan terdiri dari bahan-bahan yang mudah dicari, baik di pasar modern maupun pasar tradisional.  

Varian tampilan warna dari masakan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi yang menyantapnya. Masakan satu ini merupakan campuran tumis dari wortel dan juga buncis. Kamu bisa menambahkan dengan sosis, bakso, telur, dan jagung untuk menambah kelengkapan cita rasa masakan. Atau kamu juga bisa sesuaikan dengan selera!  

Baca Juga   Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

Capcay Kuah

makanan buka puasa 3

Contoh capcay kuah (sumber: mommyasia.id)

Makanan buka puasa yang sehat selanjutnya adalah capcay kuah. Resep masakan satu ini sangat praktis dan sederhana sehingga tidak memerlukan banyak waktu untuk persiapannya. Bukan cuma itu, capcay kuah memiliki nutrisi dan gizi tinggi karena terdiri dari berbagai sayuran.  

Cara pembuatannya pun tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan bahan dan bumbu yang ada hingga mendidih. Untuk menambah kelezatannya, kamu bisa tambahkan dengan daging ayam atau udang di dalamnya.  

Ayam Saus Karamel

makanan buka puasa 4

Contoh ayam saus karamel (sumber: dream.co.id)

Hayo, siapa yang selalu doyan menyantap beragam varian menu ayam? Yang satu ini cocok untukmu!  

Kebanyakan dari orang Indonesia tidak bisa lepas dari menu masakan dengan bahan dasar ayam. Selain memiliki rasa yang lezat, ayam pun juga memberikan gizi baik pada tubuh. Juga, bisa buat kamu merasa kenyang lebih lama.  

Dengan menyantap ayam saus karamel saat berbuka puasa, lidah akan dimanjakan dengan rasa yang manis pedas dan juga kegurihan dari kulit ayam. Akan lebih lezat, jika kamu menyantapnya saat ayam masih hangat!  

Baca Juga   10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

Sayur Lodeh

makanan buka puasa 5

Contoh sayur lodeh (sumber: id.tastemade.com)

Kalian sudah tidak asing lagi dong dengan sayur lodeh, GenK? Makanan buka puasa satu ini merupakan makanan sederhana yang mudah untuk dimasak.  

Proses pembuatannya yang tidak merepotkan membuat masakan ini sangat cocok kamu jadikan sebagai menu buka puasa. Untuk menambahkan kesempurnaan cita rasa, kamu bisa menggunakan sambal ke dalam sayur lodehmu.  

Sapo Tahu

makanan buka puasa 6

Contoh sup tahu (sumber: style.tribunnews.com)

Makanan buka puasa yang simpel dan sederhana selanjutnya adalah sapo tahu. Mungkin, makanan ini tergolong jarang untuk disajikan di rumah. Namun sebenarnya, makanan ini sangat mudah untuk kamu masak tanpa perlu menyita waktu banyak.  

Makanan ini memadukan ayam dan seafood yang memberikan gizi baik untuk tubuh. Untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya, sapo tahu cocok kamu sajikan dengan nasi putih hangat. Coba aja, GenK!  

Baca Juga   5 Resep Minuman Buka Puasa Praktis

Semur Telur Puyuh

makanan buka puasa 7

Contoh semur telur puyuh (sumber: lifestyle.okezone.com)

Siapa bilang semur hanya bisa digunakan untuk memasak daging sapi? Bumbu semur bisa kamu padukan dengan telur dan bahan masakan lainnya.  

Semur telur puyuh sangat praktis untuk kamu hidangkan saat berbuka puasa. Jika kamu bosan dengan semur daging atau semur ayam, telur puyuh bisa jadi pengganti yang tidak kalah lezat!  

Jika kamu ingin semur terasa pedas, kamu bisa tambahkan juga dengan lada bubuk atau merica. Kamu juga bisa mengganti telur puyuh dengan telur biasa. Hanya saja kamu perlu membagi dua telur tersebut, agar tidak terlalu besar dan bumbu meresap hingga ke kuning telurnya.  

Chicken Teriyaki

makanan buka puasa 8

Contoh chicken teriyaki (sumber: onionringsandthings.com)

Siapa bilang makanan Jepang satu ini sulit untuk dibuat? Mudah kok! Chicken teriyaki merupakan kuliner Jepang yang sangat mudah untuk kamu buat.  

Kamu hanya cukup menyiapkan potongan dada ayam atau ayam fillet, margarin atau minyak goreng, bumbu saus teriyaki, garam, merica dan bawang bombay. Cara memasaknya pun mudah. Cukup balur potongan dada ayam dengan campuran saus teriyaki dengan garam dan merica.  

Jika menurutmu terlalu asin, kamu bisa tambahkan dengan gula pasir. Diamkan sekiranya 5 – 10 menit agar bumbu meresap ke bagian dalam ayam. Setelah itu, kamu sudah bisa langsung menumis ayam-nya! Setelah matang, kamu bisa langsung sajikan dengan nasi putih hangat. Dijamin enak loh, GenK!


Sekarang kamu pasti sudah punya ide untuk makanan buka puasa yang simpel, praktis dan sederhana? Menu di atas bisa kamu gunakan sebagai menu masakan buka puasa bersama keluarga besar. Gimana? Mau coba? Jangan lupa siapin minuman buka puasa juga, GenK!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

            Artikel Selanjutnya