Wajib Coba! 5 Makanan Khas Bali Lezat nan Menggugah Selera

Dibaca Normal: 4 menit aja
makanan khas bali

Pesona Bali tidak hanya membuat orang jatuh cinta akan wisata alamnya. Bali juga banyak menarik minat masyarakat dari segi kuliner. Kuliner khas dengan racikan bumbu yang memikat sangat layak untuk kamu coba ketika sedang berada di Bali. Beberapa di antara kuliner khas ini, sudah terkenal di daerah-daerah lain bahkan diperjualbelikan di sana. Akan tetapi, mau bagaimanapun juga tetap lebih nikmat rasanya jika menikmati kuliner-kuliner khas tersebut di daerah asalnya. Kalau kamu sedang berada di Bali, berikut ini lima makanan khas Bali yang harus kamu coba.

Slider
Slider
Slider

1. Ayam Betutu | Ayam Gurih, Enaknya Juara!

sajian ayam betutu bali

sumber: thegorbalsla.com

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang populer. Saking populernya, banyak orang yang menjadikan makanan ini sebagai makanan yang wajib dicoba ketika berada di Bali. Bisa dibilang kamu belum sah berada di Bali jika belum mencicipi atau membawa pulang oleh-oleh ayam betutu. Ayam betutu merupakan masakan berupa campuran bumbu yang dimasukkan di dalam daging ayam utuh lalu dibakar. Ada dua jenis bumbu yang digunakan dalam proses memasak ayam betutu yaitu bumbu wewangenan dan bumbu genep. Beberapa bumbu yang termasuk dalam bumbu wewangenan yaitu jeruk purut, kemiri, dan cengkeh. Sementara pada bumbu genep beberapa di antaranya yaitu bawang putih, bawang merah, dan lengkuas.

2. Sate Lilit | Kuliner Otentik Bali yang Unik

kudapan bali sate lilit

sumber: bali-travelnews.com

Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kata sate? Pastinya daging ayam atau kambing yang ditusuk dengan tusuk bambu, kan? Kuliner otentik milik masyarakat Bali ini unik banget, Genk. Sate yang satu ini tidak menggunakan bambu sebagai tusukannya, melainkan dengan batang serai. Sate lilit sendiri merupakan sate yang terbuat dari daging ikan atau ayam yang digiling halus. Kemudian daging ini dicampur dengan kelapa parut dan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan lainnya. Berikutnya campuran tersebut ditempelkan atau dililitkan pada batang serai. Cara memasak sate lilit yaitu dengan proses pembakaran. Dari penampilannya, sate lilit sudah banyak menggoda dengan paduan warna kuning dari daging berbumbu dan warna hijau khas batang serai. Sate lilit juga mudah ditemui di Bali dan banyak dipakai saat peringatan-peringatan hari besar masyarakat Bali.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Suka Makan? Yuk Tes Pengetahuanmu Seputar Kuliner Indonesia!

3. Sate Plecing | Rasa Pedas Manis yang Menggugah Selera

kuliner sate plecing asli bali

sumber: getlost.id

Bali memang sangat terkenal dengan sate lilitnya. Tapi ternyata ada juga makanan khas Bali lainnya yang masih bertemakan sate yaitu sate plecing. Sate yang satu ini juga tidak boleh tertinggal dari daftar kuliner yang patut kamu coba, Genk. Tampilan sate plecing umumnya tidak jauh beda dengan sate nusantara pada umumnya. Daging ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar. Satu hal yang membuat sate ini berbeda adalah dari bumbunya, Genk. Kebanyakan sate menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap saja. Setelah sate dibakar, selanjutnya sate akan dicampur dengan bumbu khas plecing. Plecing sendiri merupakan salah satu sambal khas bali. Dari sini, sudah bisa ditebak bahwa sate ini memiliki rasa yang pedas. Di sisi lain, daging yang digunakan dalam sate ini umumnya adalah daging babi atau daging ayam. Sementara bumbu yang digunakan dalam olahan ini diantaranya tomat, terasi, jeruk limau, cabai, gula, dan garam.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Kuliner

5 Jenis Sushi Plus Cara Membuatnya Sendiri, Dijamin Serasa Bersantap di Restoran

Kuliner

Resep Goguma Ppang, Ubi Manis Jadi Lebih Istimewa dengan Rasa Korea

Kuliner

Cara Membuat Salad Buah dengan Resep Nikmat dan Praktis

Kuliner

13 Kuliner Bandung dengan Kelezatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kuliner

Ini Dia Aturan Table Manner - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Makanan Penambah Energi Terbaik, Cocok Buat yang Hobi Lembur

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link