Kuliner

Ini Dia 5 Makanan Khas Betawi yang Wajib Kamu Coba

Jalan-jalan ke suatu tempat sepertinya belum lengkap jika tak mencicipi kuliner lokal yang unik serta bercita rasa unik. Buat kamu yang mengaku pecinta kuliner sejati nih, kekayaan rasa khas Nusantara dengan perpaduan bahan-bahan makanan serta rempah nan lezat bisa dijumpai di Jakarta. Belum sah sepertinya jika bertandang ke ibukota dengan hanya mengunjungi Monumen Nasional atau ke Kota Tua saja. Kamu juga wajib banget coba makanan khas Betawi yang terkenal dan paling banyak digemari, baik oleh orang lokal maupun para wisatawan. Apa saja tuh makanannya? Ini dia nih pilihan rekomendasi ala kreativv ID. 

1. Kerak Telor

Sumber: dapurkobe.co.id

Makanan khas Betawi yang memiliki rasa gurih dan legit ketika dimakan ini memang sejak lama menjadi kebanggaan warga Jakarta. Kuliner yang terkenal lezat ini bahkan pada masa kolonial Belanda sempat menjadi primadona di kota yang dahulu bernama Batavia ini. Kuliner yang sering dijajakan saat adanya Pekan Raya Jakarta ini terbuat dari bahan-bahan seperti, beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi (udang kering yang diasinkan). Proses memasak dilanjutkan dengan bahan-bahan yang disangrai kering ditambah bawang goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

Baca Juga :   Tentukan Mana Kuliner Indonesia yang Paling Enak Versi Kamu!

2. Soto Betawi 

Sumber: dapurkobe.co.id

Selanjutnya adalah makanan khas Betawi yang pastinya kamu tahu deh, selain banyak yang jual di pinggir jalan juga kamu bisa bikin sendiri di rumah. Salah satu ciri khas soto Betawi yakni adanya jeroan, bahkan mata dan torpedo sapi, serta emping. Kaldu yang digunakan dalam kuah soto Betawi adalah kuah kaldu dari rebusan daging sapi. Setelah direbus, bahan bahan tersebut kemudian dipotong kecil kecil. Untuk membuat kuah soto betawi, bumbu yang harus dipersiapkan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, cengkeh, jinten, merica dan garam.

3. Roti Buaya 

Sumber: dapurkobe.co.id

Selain makanan berat seperti soto, nasi, dan kerak telor, ada satu makanan khas Betawi yang bisa dibilang sebagai oleh-oleh favorit dan wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Jakarta. Tahukah kamu kenapa panganan satu ini disebut dengan ‘roti buaya’ ? Alasannya cukup filosofis nih, yaitu sebagai simbol kesetiaan yang merupakan sifat alami dari buaya yang hanya menikah sekali seumur hidup. Pasangan yang menikmati roti buaya bersama dipercaya akan mendapatkan berkat dan doa agar bisa langgeng hingga akhir hayat. Wah, tertarik untuk mencoba gak nih? 

About author

Wahyu Ramadhan

Related posts
Kuliner

7 Makanan untuk Menyembuhkan Flu yang Harus Ada Selama Masa Pemulihan

Kuliner

Resep Sup Khas Nusantara, Cocok Banget buat Hangatin Kamu di Musim Hujan

Kuliner

Resep Rujak Paling Populer di Indonesia Buat Dicoba Bikin di Rumah

Kuliner

10 Olahan dari Nasi Terfavorit Asal Nusantara, Nggak Ada Duanya di Dunia