10 Makanan Khas Indonesia yang Populer

Dibaca Normal: 5 menit aja
makanan khas indonesia

Slider
Slider
Slider

Makanan khas Indonesia memiliki kelezatan tiada tanding, GenK. Bukan cuma masyarakat Indonesia saja yang menyukainya, masyarakat luar negeri yang berkunjung ke sini pun jatuh cinta sama makanan kita. Apa saja sih makanan daerah Indonesia yang telah memikat banyak lidah? Ini dia daftarnya.

1. Sambal

Makanan Khas Indonesia 1

Sambal (Sumber: kumparan.com)

Siapa sih yang tak tahu sambal?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Rasa pedas yang ada padanya memberikan daya tarik sendiri bagi tiap makanan. Banyak orang yang tidak bisa lepas dari sambal sebagai menu pelengkap di tiap hidangan. 🤤

Sambal sendiri memiliki berbagai varian yang pastinya memberikan rasa pedas yang berbeda-beda. Untuk sambal khas Indonesia, keunikannya terletak pada bahannya yang lebih padat dan juga mengandung berbagai jenis rempah-rempah.

Jenis sambal di Indonesia sangat beragam, misalnya sambal asam, sambal lado, sambal bajak, sambal tampoyak, sambal kecap, sambal terasi, sambal manis, sambal tomat, sambal petis, sambal udang, sambal jeruk, sambal korek, dan masih banyak lagi jenisnya. Bahkan, rasanya hampir setiap daerah di Indonesia pun memiliki sambal khas.

Buat kamu yang ingin bikin sambal, di artikel berikutnya kami akan membahas tentang cara membuat sambal dengan resep enak dan praktis loh.

2. Gado-Gado

Makanan Khas Indonesia 1

Gado gado (Sumber: bbcgoodfood.com)

Kuliner tradisional Indonesia khas ibu kota ini sangat eksis hingga sekarang. Gado-gado dikenal sehat karena isinya terdiri dari sayur mayur yang direbus, seperti kacang panjang, selada, kembang kol, taoge, kubus, tomat, kentang rebus, tempe, tahu, jagung pipil, telur rebus, dan sayuran tambahan seperti irisan mentimun juga wortel. 

Biasanya gado-gado ini dilengkapi dengan potongan lontong, atau juga dengan nasi putih.

Baca Juga
Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

3. Sate

Sate Ayam (sumber: dapurkobe.co.id)

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah sate. Sate merupakan potongan daging ayam, sapi, atau kambing yang dipotong-potong dan kemudian ditusuk dengan lidi makanan. Potongan daging tersebut berjejer rapi pada tiap tusukan dan dibakar hingga matang.

Sate khas Indonesia juga terdiri dari berbagai jenis varian, bisa kamu pilih berdasarkan jenis dagingnya, jenis bumbu, hingga jenis tusukannya. Daging pada sate yang biasa dipilih adalah daging ayam, kambing, sapi, kelinci, babi, kuda, domba dan lain sebagainya.

Di Indonesia, sate juga bisa dibedakan berdasarkan daerahnya, seperti sate Padang yang merupakan makanan khas asal daerah Sumatera Barat. Selain itu, juga ada sate dengan cita rasa unik lainnya seperti sate lilit, sate maranggi, sate buntel, sate languan, dan lain-lain.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner

Resep Dimsum Sederhana, Hidangan Lezat a la Restoran Bintang Lima

Kuliner

Lapar Mata Karena Lihat Foto Makanan? Ini Penyebabnya!

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

Anti-Susah Fokus dengan Makanan Sehat Penambah Konsentrasi Ini

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link