4 Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara, Wajib Coba Nih

Dibaca Normal: 3 menit aja

Bulan puasa selalu menjadi momen spesial yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bukan hanya jadi waktu yang penuh berkah dan rahmat, tapi juga karena adanya berbagai hal unik seperti beberapa makanan khas Ramadan di berbagai negara berikut ini. 

1. Simit, Turki 

Sumber: cookpad.com

Jika kamu berkunjung ke ibukota Turki, Istanbul, kamu akan mendapati cukup banyak penjual makanan khas Turki yang bentuknya mirip seperti donat dengan tampilan yang lebih menarik. Dikarenakan bentuknya yang menyerupai donat, orang-orang menjulukinya dengan donat Turki. Padahal, nama asli makanan tersebut adalah simit. Simit adalah roti yang menyerupai bentuk donat dengan permukaan tertutup biji wijen. Roti yang seperti donat ini banyak dijual di pedagang kaki lima di gerobak-gerobak. Kamu dapat menjumpai pedagang simit keliling yang membawa simit yang ditumpuk tinggi di atas kepala.

Berbeda dengan donat yang mempunyai struktur yang empuk, simit ini memiliki tekstur kering serta renyah seperti roti bagel. Ukuran serta teksturnya dapat sedikit bervariasi antar satu kota dengan kota yang lain di Turki. Seperti di Ankara, simit yang dijual mempunyai ukuran lebih kecil serta tekstur lebih kering dibandingkan simit di kota lain. Selain dikonsumsi begitu saja, orang Turki mempunyai kebiasaan menikmati simit sambil minum teh turki atau cay yang secara tradisional dihidangkan dalam gelas berbentuk tulip. Unik banget yah makanan khas Ramadan asal Turki ini. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Lham Lhalou, Aljazair & Arab

Sumber: cookpad.com

Lahm lhalou berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘daging manis’. Makanan ini sangat populer di Aljazair, terutama saat bulan Ramadan. Menurut Whats4Eats, biasanya kebiasaan berbuka puasa warga Aljazair dimulai dengan memakan beberapa buah kurma, kemudian disusul dengan lahm lhalou. Di luar bulan puasa, makanan ini biasa dijadikan menu sarapan. lahm lhalou terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan kuah berbumbu kunyit.

Hasilnya adalah hidangan yang memadukan rasa daging domba yang tajam dengan bumbu pekat dan manis. Menariknya lagi, lahm lhalou adalah makanan khas Ramadan yang salt-free karena tidak menggunakan garam dalam memasaknya, sehingga cocok untuk kamu yang tidak suka makanan asin. Sebagai pelengkapnya, daging domba yang sudah masak ini akan disirami dengan potongan jahe, kismis, jeruk, dan kacang almond. Dijamin mengenyangkan perut setelah berpuasa dan pastinya sehat banget nih. 

Artikel Terkait
Kuliner

4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

Kuliner

10 Makanan Khas Indonesia yang Populer

Kuliner

5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

Kuliner

6 Menu Buka Puasa Praktis Tanpa Ribet

Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>