Ini Dia 4 Makanan Sunda yang Wajib Kamu Coba

Dibaca Normal: 3 menit aja

Makanan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis makanannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak yang beragam. 

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keragaman makanannya adalah Jawa Barat. Daerah yang dikenal dengan Tanah Sunda ini memiliki banyak makanan khas yang hingga kini masih banyak ditemukan, bahkan di berbagai daerah. Tidak heran, Jawa Barat banyak dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner bagi banyak orang. Berikut ini kami punya pilihan makanan khas Sunda yang wajib kamu coba! 

1. Karedok 

 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sumber: sumber.com

Karedok adalah makanan khas Sunda yang sekilas mirip dengan gado-gado. Banyak yang mengira karedok berasal dari Jakarta, padahal karedok adalah makanan asli Sunda yang memang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Karedok menyajikan berbagai sayuran dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera. 

Karedok ini disajikan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah yang sehat untuk disantap, khususnya buat kamu yang ingin menjalankan program diet. Karedok memiliki yang rasa unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu. 

Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya. Ada perbedaan antara gado-gado dengan karedok. Kalau gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus, karedok memakai sayuran yang masih mentah

Baca Juga
13 Kuliner Bandung dengan Kelezatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

 

2. Bakakak Hayam 

Sumber: sumber.com

 

Bakakak hayam adalah menu masakan unggulan yang mudah dijumpai di tanah Sunda. Sebagai makanan khas Sunda beberapa orang mungkin menganggap nama makanan ini lucu dan unik, terutama untuk mereka yang baru pertama kali mendengarnya. 

Sebagian besar masyarakat Sunda khususnya daerah Pandeglang, bakakak hayam digolongkan menjadi makanan yang digunakan untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya. Bakakak hayam sendiri merupakan masakan yang menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khusus bercita rasa Sunda yang kemudian diolah dengan cara dipanggang.

Artikel Terkait
Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Ini Dia Aturan Table Manner - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Kuliner Kembar Indonesia, Makanan Serupa tapi Punya Nama Berbeda

Kuliner

Selalu Ada Tiap Summer, Camilan Khas Jepang Ini Bisa Buat Ide Jualan

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>