4 Makanan Khas Turki yang Cocok untuk Berbuk Puasa

Dibaca Normal: 3 menit aja

Setelah menahan lapar dan haus seharian saat berpuasa, waktunya untuk mengisi perut dengan sajian bernutrisi untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan makanan khas Ramadan nan lezat untuk berbuka puasa yang sesuai dengan seleramu. Eits, tapi kali ini kami punya rekomendasi makanan khas Turki super enak yang layak banget untuk disajikan ke meja makan saat berbuka puasa nanti. Yuk disimak!

Slider
Slider
Slider

1. Baklava

Sumber: cookpad.com

Salah satu penganan manis khas Turki yang wajib dicicipi adalah baklava. Bagian luar yang renyah karena lapisan adonan tipis yang bertumpuk-tumpuk. Di bagian dalamnya temukan gurihnya potongan kacang pistachio atau almond. Wangi butter biasanya tercium dan rasa manis dari madu membuat lidah orang langsung berdecak nikmat. Kue ini telah ratusan tahun menjadi bagian dari camilan Turki. Dengan mudah juga bisa ditemukan di berbagai pelosok Turki. Namun, menurut theinsideristanbul.com, yang menjadi asal dari kue ini adalah dapur suku-suku Turki bagian tengah.

Saking digandrungi, baklava pun disajikan oleh koki di Topkafi Palace dan tentunya disuguhkan meja-meja Kekaisaran Ottoman. Hingga pada akhir abad 19, baklava pun yang disukai semua orang di negeri ini pun ditawarkan di berbagai gerai di Istanbul dan kota-kota lain. Uniknya, baklava populer di meja-meja para keluarga kaya di Turki, termasuk juga kalangan kesultanan karena dinilai merupakan aphrodisiac atau sajian pendongkrak libido. Karena kue ini menggunakan bahan madu dengan kacang pistachio. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Resep Menu Sarapan ala TikTok Paling Simpel dan Enak

2. Borek 

Sumber: cookpad.com

Berikutnya ada makanan khas Turki yang cukup populer dan terkenal karena kelezatannya baik oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan yang datang berkunjung. Sekilas tampilan borek tampak sangat mirip dengan baklava. Hanya saja bila baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang.

Beragam bahan itu membuat borek mempunyai rasa yang gurih. Meskipun penampilannya hampir sama, cara membuat borek berbeda dari baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Selain itu, kamu dapat juga memilih borek kering gurih atau borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas borek juga ditaburi dengan wijen hitam.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Kuliner

Coba, Yuk! Resep Sei Sapi dan Sambal Luat Rumahan, Pedasnya Nampol!

Kuliner

Aneka Soto di Indonesia

Kuliner

10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

Kuliner

Yuk, Cobain Resep Toast Kekinian ala Kafe, Gampang Banget!

Kuliner

Resep Klepon Merah Putih Isi Karamel, Camilan Tradisional Jadi Kekinian

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link