Kuliner

15 Jenis Makanan Pantang Disimpan di Kulkas, Bisa Bikin Kualitasnya Berkurang

Makanan-Pantang-Disimpan-di-Kulkas

Kulkas adalah barang elektronik rumah tangga yang dimiliki oleh hampir semua keluarga karena kita jadi bisa menyimpan bahan mentah tanpa takut cepat rusak atau busuk, minuman hingga makanan yang nggak habis disantap. Tapi, kamu tahu nggak sih, kalau ternyata terlalu lama menyimpan makanan di dalam kulkas bisa mengurangi kualitas gizi hingga mempercepat proses pembusukan? Bahkan ada beberapa makanan pantang disimpan di kulkas. Apa aja?

1. Buah-Buahan

makanan-pantang-disimpan-di-kulkas-buah-buahan

Buah-buahan (Sumber: 4.bp.blogspot.com)

Well, buah dingin emang nikmat banget, sih. Tapi sebaiknya jangan menyimpan alpukat, pisang, apel, peach, melon di dalam kulkas, karena bisa menghilangkan rasa dan tekstur aslinya. Kalau kamu ingin menyantap buah-buahan dingin, potong-potong buah yang mau kamu makan dan simpan dalam kulkas selama 30 menit saja.

2. Salad Dressing

dressing-salad-makanan-pantang-disimpan-di-kulkas

Dressing salad (Sumber: cdn0.wideopeneats.com)

Dibuat dari bahan dasar minyak, dressing salad adalah makanan pantang disimpan di kulkas. Selain yang berbasis minyak, krim, yoghurt atau dressing berbahan mayones juga nggak boleh kamu simpan dalam kulkas.

3. Tomat

Sama seperti buah-buahan, tomat juga bisa kehilangan rasa dan teksturnya kalau disimpan di kulkas. Kalau kamu ingin tomat cepat matang, simpan tomat di kantong kertas.

4. Saus Tomat, Kecap

saus-tomat-dan-kecap

Saus tomat dan kecap (Sumber: tastecooking.com)

Eits, ternyata saus dan kecap juga nggak boleh kamu simpan di kulkas, lho. Apalagi kalau kemasannya udah dibuka.

5. Minyak

minyak

Minyak (Sumber: pmrpressrelease.com)

Hampir semua jenis minyak bisa kamu simpan di ruangan dengan suhu kamar. Tapi untuk minyak dengan kandungan lemak jenuh yang rendah, seperti minyak bunga matahari, bisa kamu simpan di kulkas, lebih tepatnya di dekat pintu kulkas.

6. Madu

madu

Madu (Sumber: ec.europa.eu)

Jika madu disimpan dalam kulkas, madu akan mudah mengeras. Makanya, madu termasuk makanan pantang disimpan di kulkas. Kamu bisa menyimpannya di suhu ruangan. Pastikan madu diletakkan di tempat yang nggak terkena sinar matahari langsung.

7. Roti

roti-makanan-pantang-disimpan-di-kulkas

Roti (Sumber: biggerbolderbaking.com)

Jika kamu terbiasa menyimpan roti di kulkas biar nggak cepat bulukan, segera hentikan kebiasaan ini. Sebab roti justru jadi gampang kering di dalam lemari pendingin. Bahkan untuk roti dengan kualitas tinggi seperti roti gandum bisa cepat berjamur, apalagi roti kualitas rendah.

Baca Juga :   Cara Memasak Beras Merah yang Benar Serta Manfaat Kesehatannya
About author

Related posts
Kuliner

Resep Menu Lebaran Sedap Yang Cocok Untuk Rayakan Hari Kemenangan

Kuliner

Rekomendasi Menu Takjil Segar dan Bernutrisi untuk Buka Puasa, Gampang Bikin Sendiri!

Kuliner

7 Bahan Makanan Ini Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing

Kuliner

Kimchi: Makanan Khas Korea yang Punya Banyak Jenisnya