Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
makanan pedas

Setiap kali membeli ayam geprek, kamu selalu memesan yang level teratas. Padahal di dalamnya terdapat racikan sambal yang pedasnya super. Nah, kamu tahu gak kenapa orang suka makanan pedas? Yuk intip alasannya di sini, GenK!

Sebelumnya kami sudah pernah memberikan daftar makanan khas Indonesia yang memiliki kelezatan tiada tanding. Dari semua daftar yang sudah kami sampaikan, hidangan sambal menjadi salah satunya, GenK.

Buat kamu yang doyan makanan pedas, sambal menjadi hidangan pendamping yang pastinya tidak boleh ketinggalan. Rasa pedas dari sambal memang memiliki daya tarik tersendiri loh. Makanya, GenK, banyak orang yang tidak bisa lepas dari hidangan lezat yang satu ini.

Apalagi disajikan dengan kuah hangat, paling maknyus deh!

makanan pedas 1

Contoh hidangan ramen pedas (sumber: pexels.com)

Tapi apakah kamu tahu kenapa orang bisa suka makanan pedas?

Daripada penasaran, langsung saja kita cari tahu alasannya, yuk!

Selera yang Dibentuk Sejak Kecil

Seperti yang dikutip dari artikel MSN, This Is Why Some People Love Spicy Food (2/4/2019), sebuah penelitian menunjukkan bahwa selera makanan seseorang sudah dibentuk bahkan sebelum kamu dilahirkan. 

makanan pedas 2

Contoh racikan bumbu (sumber: pexels.com)

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu kamu saat ia hamil dan menyusui juga mempengaruhi jenis makanan yang kamu sukai loh. Misalnya ibu kamu sering memakan makanan pedas, asin, dan gurih. Dari situ mulai terbentuk selera sampai kamu tumbuh besar. 

Selain itu, seleramu juga dibentuk dari jenis hidangan yang ada di rumah. Kalau sejak kecil kamu selalu memakan makanan manis, maka ketika kamu besar jadi terbiasa dengan makanan manis. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau rasa manis menjadi kegemaranmu, GenK.

Baca Juga   Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Makanan Pedas Memunculkan Rasa Bahagia

Pernah gak sih kamu melihat orang kepedasan tapi malah tertawa sambil mengelap keringatnya?

Mereka masih waras kok. Hanya saja, inilah efek yang terjadi ketika kamu menyantap hidangan pedas.

makanan pedas 3

Ilustrasi kepedasan (sumber: AGUST D YouTube Channel)

Di dalam makanan yang rasanya pedas, ada yang namanya zat capsaicin, merupakan zat yang menyebabkan iritasi dan menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan langsung dengannya, seperti di lidah.

Sensasi tersebut kemudian dideteksi oleh tubuhmu sebagai rasa sakit. Rasa sakit ini kemudian memicu tubuh mengeluarkan zat endorfin untuk menangkalnya. Kemudian, ketika zat endorfin sudah semakin banyak diproduksi, kamu akan merasa lebih senang dari sebelumnya.

Kami malah pernah dengar ada yang bilang, mengonsumsi hidangan pedas bisa menimbulkan getaran bahagia dari ujung kepala sampai ujung kaki. Nah, kamu juga gitu gak? Karena ingin merasakan sensasi bahagia itu lagi, tanpa sadar kamu jadi kecanduan hidangan seperti ini deh.

Masokisme Jinak, Menyukai Rasa Sakit

Sudah tahu pedas tapi kok masih dimakan?

Ini ada alasannya loh, GenK. Ada orang yang memang menyukai sesuatu yang berbahaya, namun masih di dalam kategori aman. Sifat seperti ini disebut sebagai “masokisme” level jinak dan masih tergolong normal kok.

Misalnya kamu datang ke sebuah tempat wisata alam. Kemudian kamu berjalan di atas jembatan kaca transparan. Padahal kamu punya phobia ketinggian. Namun karena kamu yakin dengan keamanan jembatan tersebut, kamu jadi tertarik untuk mencoba berjalan di atasnya. 

makanan pedas 4

Ilustrasi makan makanan pedas (sumber: romper.com)

Sama halnya ketika kamu memakan makanan pedas. Meskipun membuat rasa sakit di lidah dan perut, tetapi kamu masih betah untuk terus-terusan mengonsumsinya. Karena kamu sudah tahu bahwa rasa sakit ini tidak fatal dan tubuhmu menyanggupinya, GenK. Dengan catatan, hal ini akan berbeda lagi ceritanya jika toleransi rasa pedasmu kurang bagus dan perutmu sensitif

Nah, kalau dihubungkan lagi dengan zat endorphin yang sudah kami bahas sebelumnya, mungkin kamu memang sengaja merasakan rasa sakit untuk memunculkan sensasi senang, GenK. Coba, bener gak?

Baca Juga   3 Tempat Makan All You Can Eat di Bandung yang Wajib Kamu Coba

Lidahmu Sudah Kebal

Alasan kenapa orang suka makan pedas yang berikutnya adalah karena lidahmu sudah kebal.

makanan pedas 5

Ilustrasi makan hidangan pedas (sumber: insider.com)

Tingkatan rasa sakit yang dialami setiap orang tentu berbeda-beda. Misalnya antara orang yang suka makan pedas dengan yang tidak suka. 

Hal ini terjadi karena lidah orang yang suka makan pedas sudah sering mengalami iritasi dari sensasi terbakar, maka tingkat kekebalan lidahnya semakin tinggi. Sehingga kamu ingin merasakan rasa pedas yang lebih dan lebih lagi secara terus-menerus.

Ini pula yang menjadi alasan kenapa orang yang tidak suka makan pedas akan lebih merasakan sakit, panas, dan perih.


Nah, kamu jadi tahu alasan kenapa orang suka makanan pedas kan. Sekarang, penasaran gak, apa benar makanan sehat bisa bikin bahagia? Hmmm… Perlu dicari tahu nih!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya