Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Dibaca Normal: 4 menit aja
makanan pedas

Setiap kali membeli ayam geprek, kamu selalu memesan yang level teratas. Padahal di dalamnya terdapat racikan sambal yang pedasnya super. Nah, kamu tahu gak kenapa orang suka makanan pedas? Yuk intip alasannya di sini.  Sebelumnya kami sudah pernah memberikan daftar makanan khas Indonesia yang memiliki kelezatan tiada tanding. Dari semua daftar yang sudah kami sampaikan, hidangan sambal menjadi salah satunya. Buat kamu yang doyan makanan pedas, sambal menjadi hidangan pendamping yang pastinya tidak boleh ketinggalan. Rasa pedas dari sambal memang memiliki daya tarik tersendiri loh. Makanya, banyak orang yang tidak bisa lepas dari hidangan lezat yang satu ini.Apalagi disajikan dengan kuah hangat, paling maknyus deh! Tapi apakah kamu tahu kenapa orang bisa suka makanan pedas? Daripada penasaran, langsung saja kita cari tahu alasannya, yuk!

Selera yang Dibentuk Sejak Kecil

makanan pedas 2

Contoh racikan bumbu (sumber: pexels.com)

Seperti yang dikutip dari artikel MSN, This Is Why Some People Love Spicy Food (2/4/2019), sebuah penelitian menunjukkan bahwa selera makanan seseorang sudah dibentuk bahkan sebelum kamu dilahirkan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu kamu saat ia hamil dan menyusui juga mempengaruhi jenis makanan yang kamu sukai loh. Misalnya ibu kamu sering memakan makanan pedas, asin, dan gurih. Dari situ mulai terbentuk selera sampai kamu tumbuh besar. Selain itu, seleramu juga dibentuk dari jenis hidangan yang ada di rumah. Kalau sejak kecil kamu selalu memakan makanan manis, maka ketika kamu besar jadi terbiasa dengan makanan manis. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau rasa manis menjadi kegemaranmu.

Baca Juga
4 Cafe Tematik di Jakarta yang Lagi Hits dan Mesti Kamu Kunjungi

Makanan Pedas Memunculkan Rasa Bahagia

makanan pedas 3

Ilustrasi kepedasan (sumber: AGUST D YouTube Channel)

Pernah gak sih kamu melihat orang kepedasan tapi malah tertawa sambil mengelap keringatnya? Mereka masih waras kok. Hanya saja, inilah efek yang terjadi ketika kamu menyantap hidangan pedas. Di dalam makanan yang rasanya pedas, ada yang namanya zat capsaicin, merupakan zat yang menyebabkan iritasi dan menghasilkan sensasi terbakar di jaringan mana pun yang bersentuhan langsung dengannya, seperti di lidah. Sensasi tersebut kemudian dideteksi oleh tubuhmu sebagai rasa sakit. Rasa sakit ini kemudian memicu tubuh mengeluarkan zat endorfin untuk menangkalnya. Kemudian, ketika zat endorfin sudah semakin banyak diproduksi, kamu akan merasa lebih senang dari sebelumnya. Kami malah pernah dengar ada yang bilang, mengonsumsi hidangan pedas bisa menimbulkan getaran bahagia dari ujung kepala sampai ujung kaki. Nah, kamu juga gitu gak? Karena ingin merasakan sensasi bahagia itu lagi, tanpa sadar kamu jadi kecanduan hidangan seperti ini deh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

6 Wisata di Palembang, dari Lokasi Bersejarah Sampai Instagramable

Kuliner & Travel

6 Destinasi Wisata Pantai di Makassar yang Memesona

Kuliner & Travel

Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner & Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Patut Dikunjungi

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link