Mudah Didapat! 3 Makanan Sehat Ini Bisa Usir Stres Di Kala Sibuk

Dibaca Normal: 3 menit aja
makanan sehat

Kamu pernah di situasi seperti ini? Deadline mepet, jadwal meeting padat merayap, lembur sampai gelap. Hari belum berakhir karena kamu masih harus mengurus rumah dan segala perintilan lainnya. Kesibukan-kesibukan ini nggak jarang bikin kita akhirnya mengesampingkan soal asupan makanan sehat. Padahal untuk menunjang kesehatan, meningkatkan kinerja otak, mengendalikan berat badan dan tentunya menambah tenaga, kita butuh asupan yang kaya akan gizi. Biasanya demi menghemat waktu, junk food menjadi pilihan karena sifatnya yang cepat saji. Faktanya, masih banyak makanan ‘cepat saji’ nan sehat kaya manfaat yang mudah didapat. Makanan sehat pengusir stres berikut juga bisa disantap di kala jam sibuk. Yuk, kita simak!

1. Kacang Mete | Pilihan Makanan Sehat Di Kala Sibuk

sajian kacang mete

Sumber: grid.id

Perlu kamu ketahui, rendahnya kadar zinc di dalam tubuh sering dikaitkan dengan tingginya kecemasan dan kecenderungan depresi. Mengingat tubuh manusia nggak punya fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka kamu perlu memenuhinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc. Siapa nggak suka camilan gurih yang selalu ada di Hari Lebaran satu ini? Yups, kacang mete atau mede merupakan salah satu makanan sehat yang terbukti ampuh untuk meredakan stres. Bahkan dibandingkan dengan jenis-jenis kacang lainnya, mede-lah pereda stres terbaik. Wah, cocok untuk kamu yang sering pusing karena selalu dikejar-kejar deadline, nih. Di dalam kacang mete ada kandungan tinggi zinc. Untuk setiap ons kacang mete terdapat 11% zinc yang bisa memenuhi kebutuhan harian tubuhmu.

2. Yogurt | Kaya Probiotik untuk Hilangkan Stres

yogurt makanan sehat

Sumber: scitechdaily.com

Pada tahun 2013, UCLA melakukan sebuah studi kepada sebanyak 36 wanita sehat. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, terungkap bahwa dengan rutin mengkonsumsi probiotik yang ada di dalam yogurt bisa mengurangi aktivitas otak di daerah yang bertugas menangani emosi, termasuk stres. Hal ini dibandingkan dengan studi wanita yang sama sekali tidak mengkonsumsi yogurt atau mengonsumsi yogurt tanpa probiotik. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan hasilnya, tapi nggak ada salahnya kamu ngemilin yogurt untuk bantu menghilangkan stres. Apalagi di dalam yogurt nggak cuma ada probiotik, tetapi juga nutrisi-nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti kalsium dan protein. Kapan lagi bisa menyantap makanan sehat kaya manfaat dengan rasa yang enak?

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Makanan Penambah Darah Ini Dijamin Bikin Tubuhmu Lebih Bugar

3. Jeruk | Nggak Cuma Bagus untuk Kekebalan Tubuh Kita, Tapi…

jeruk buah kaya vit. C

Sumber: dailymail.co.uk

Nah, makanan sehat satu ini merupakan gudangnya vitamin C. Nggak cuma bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu saja, tapi juga sangat ampuh untuk mengurangi efek fisik sekaligus psikologis yang timbul akibat stres. Kadar Vitamin C tertinggi di dalam tubuh manusia secara alami ditemukan di dalam kelenjar adrenalin. Menurut penelitian, stres ternyata bisa menguras Vitamin C yang disediakan oleh tubuh. Karena itu, jika tubuhmu memiliki kadar Vitamin C yang tinggi, tanda-tanda stres mental maupun fisik nggak akan terlihat meski mengalami tantangan psikologis. Mereka yang mengonsumsi jeruk atau makanan tinggi Vitamin C dilaporkan bisa bangkit dengan lebih cepat ketika berada dalam situasi stres dibandingkan dengan orang yang kadar Vitamin C dalam darahnya rendah. So, siapkan jeruk mulai sekarang di rumah dan di atas meja kantor, ya?

Artikel Terkait
Kuliner

Ini Dia 4 Makanan Sunda yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

Gak Cuma Kimchi, 5 Makanan Korea Ini Juga Wajib Kamu Santap

Kuliner

Ikuti Perjalanan Teh, dari Tiongkok ke Indonesia

Kuliner

5 Jajanan Khas Korea dengan Bentuk yang Unik dan Bikin Ngiler

Kuliner

6 Jenis Keju Terkenal di Dunia

Kuliner

8 Kue Khas Lebaran yang Jadi Tradisi Keluarga Nusantara

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>