leadersingle

Lezatnya 5 Makanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

Dibaca Normal: 4 menit aja
makanan tradisional yang mulai langka

Apa makanan favoritmu saat kecil? Sayangnya beberapa makanan yang mungkin sering kamu makan saat kecil sudah sulit ditemukan. Makanan tradisional semakin hari semakin tergeser dengan adanya berbagai macam pilihan makanan kekinian yang terlihat lebih menarik dan modern. Ada pula gengsi yang tinggi sehingga merasa puas jika menyantap makanan kekinian daripada makanan tradisional Indonesia.

Bukan hanya soal gengsi, ada beberapa alasan yang menyebabkan semakin langkanya makanan tradisional, yaitu dari segi proses memasaknya yang memerlukan waktu panjang dan menghabiskan tenaga, serta sempitnya lahan pertanian. Ini dia beberapa makanan tradisional yang mulai langka, yuk kita simak sama-sama!

1. Mie Lethek

makanan tradisional yang mulai langka

Mie Lethek (sumber: travelingyuk.com)

Ada yang namanya mie lethek yang merupakan hidangan mie yang menggunakan tepung tapioka dan singkong sebagai bahan dasar. Mie lethek berasal dari Bantul, Yogyakarta yang masih dibuat dengan cara yang tradisional. Diberi sebutan “lethek” karena mie ini memiliki warna kecoklatan yang kurang menggugah selera makan. Meski warnanya tidak menarik, tapi mie lethek kalau diolah menjadi mie rebus atau goreng bakalan lezat banget deh rasanya. Saat menyantap mie ini tidak perlu khawatir, karena mie ini tidak menggunakan zat pewarna dan zat pengawet. Namun meski begitu, mie lethek akan tetap awet disimpan sampai tiga bulan lamanya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Semanggi

makanan tradisional yang mulai langka

Pecel Semanggi (sumber: blog.misteraladin.com)

Kalau kamu berkunjung ke Surabaya, jangan cuma mencicipi hidangan restoran all you can eat saja yah, tapi cicipi juga pecel semanggi yang banyak dijajakan di pasar. Semanggi adalah makanan khas Surabaya yang dibuat dari daun semanggi yang kukus dan dinikmati dengan sambal pedas nan nikmat. Biasanya semanggi dihidangkan dengan tambahan kangkung, kecambah, kerupuk, dan bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Kemudian di atasnya disiram dengan saus khas berwarna coklat yang berasal dari ubi. Tampilan semanggi sangat mirip dengan nasi pecel, yang berbeda hanyalah bumbunya yang cenderung manis dan agak pedas.

Baca Juga
5 Resep Kue Basah Tradisional yang Mudah Kamu Coba

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

13 Kuliner Bandung dengan Kelezatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>