5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Dibaca Normal: 6 menit aja
mandalika lombok

Mandalika menjadi harta karun tersembunyi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di sana tersimpan begitu banyak keindahan alam yang belum banyak diketahui oleh banyak orang loh. Destinasi wisata Mandalika Lombok yang kaya akan pantai dan keindahan bawah laut nan eksotis bisa kamu nikmati apabila berkunjung ke sana.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan 10 Bali Baru, GenK. Mandalika di Lombok Tengah masuk ke dalam salah satu daftar destinasi wisata super prioritas Indonesia tersebut. Kawasan seluas 1.035 hektar ini telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014.

Saat datang berkunjung ke Mandalika, di sana sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas rekreasi pantai dan bawah laut bernuansa eksotis dan tropis. Wah kebayang gak tuh betapa indahnya pemandangan di sana?

Pesona yang ditawarkan gak main-main, dijamin bikin kamu betah saat berlibur di sana. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Mandalika Lombok yang wajib banget kamu kunjungi. Bakalan nyesel deh kalau gak mampir, apalagi sebentar lagi bakalan ada perlombaan Moto GP di sirkuit Mandalika.

Yuk simak dari lokasi yang pertama!

1. Pantai Kuta Mandalika

mandalika lombok

Pantai Kuta Mandalika (sumber: jengsusan.com)

Saat mendengar nama Pantai Kuta, mungkin kamu langsung teringat dengan pantai di Bali. Tapi jangan sampai salah, GenK, karena di Lombok juga punya yang namanya Pantai Kuta loh.

Pantai Kuta Mandalika adalah salah satu pantai nan indah yang terletak di kawasan strategis, bahkan lokasinya dekat dengan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, GenK.

Untuk seukuran pantai yang lokasinya tergolong strategis, Pantai Kuta memiliki keindahan alam yang amat natural dan belum terlalu banyak bangunan di sekelilingnya. Dapat dilihat dari pasirnya yang putih, air yang biru, dan adanya ganggang laut yang menambah nuansa alami.

Pantai Kuta

Bukit di Pantai Kuta Mandalika (sumber: beritadunia.net)

Pantai Kuta Mandalika memiliki garis pantai yang sangat panjang, rasanya seperti tak berujung, GenK. Dari pantai, kamu dapat melihat pemandangan bukit-bukit kecil yang sedap dipandang mata, ditambah dengan bunyi deburan ombak yang bikin kamu rileks lagi.

Saat ini sedang diadakan pembangunan besar-besaran di Pantai Kuta Mandalika, bertepatan juga dengan rencana Presiden Joko Widodo untuk mempromosikan Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia.

Baca Juga
6 Kamera Digital yang Cocok Dibawa Travelling

2. Pantai Tanjung Aan

mandalika lombok

Pantai Tanjung Aan (sumber: trover.com)

Tidak jauh dari Bukit Merese ada yang namanya Pantai Tanjung Aan. Pantai yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif lain jika Pantai Kuta terlalu ramai buatmu, karena di Pantai Tanjung Aan masih terbilang sepi. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok loh.

Di sana, kedatangan turis mancanegara lebih mendominasi dibandingkan turis lokal, meski begitu sudah banyak tempat makan yang membuka lapak di sekitar pantai. Jadi, kamu gak perlu takut kelaparan, GenK.

pantai tanjung aan

Pemandangan di Pantai Tanjung Aan (sumber: pesona.travel)

Pantai Tanjung Aan memiliki pemandangan yang sungguh indah. Di sana kamu dapat menikmati pemandangan sambil berjemur, berselancar, dan juga menyelam. Kami sarankan untuk segera berkunjung ke sana sebelum ramai nantinya, GenK.

Tidak hanya bermain di pantai, tetapi kamu juga dapat membeli berbagai cendera mata, salah satunya berupa kain tenun khas Lombok yang memang dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

Saat sudah puas memanjakan diri dan bermain air di Pantai Tanjung Aan, ada dua tempat lagi yang sayang banget kalau sampai dilewatkan, yaitu Bukit Merese dan Batu Payung. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di sana. Yuk lanjut ke pembahasan berikutnya tentang Bukit Merese!

3. Bukit Merese

mandalika lombok

Bukit Merese Lombok (sumber: thelangkahtravel.com)

Destinasi wisata Mandalika Lombok yang berikutnya adalah Bukit Merese atau yang biasa disebut sebagai Bukit Cinta. Terletak di Kabupaten Lombok Tengah dan masih berada di satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan.

Lama waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Bukit Merese sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Cukup jauh sih, tapi semua akan terbayarkan oleh pemandangan yang disuguhkan di sana. 弘

Baca Juga
4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Setelah parkir, cukup jalan kaki selama 10 menit untuk dapat sampai ke atas bukit. Nantinya di atas sana akan dibagi menjadi beberapa bagian. Nah, setiap bagian ini akan menawarkan pemandangan yang berbeda-beda pula, GenK.

Dari atas sana kamu dapat melihat gradasi laut jernih berwarna biru kehijauan yang memanjakan mata. Apalagi saat sunset, duh kerennya minta ampun! Jangan sampai melewatkan momen tersebut untuk berfoto bersama teman atau keluarga yah.

4. Batu Payung

mandalika lombok

Pemandangan di Batu Payung Lombok (sumber: kurtvandeweerdt.be)

Batu Payung menjadi destinasi wisata Mandalika Lombok yang berikutnya nih. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit menggunakan perahu bolak-balik dari Pantai Tanjung Aan untuk dapat sampai ke Batu Payung.

Nama Batu Payung sendiri berasal dari salah satu besar yang ada di sana. Ukurannya begitu besar, sehingga bayangannya bisa memayungi siapa saja yang berlindung di bawahnya dari teriknya matahari.

Sayangnya Batu Payung yang dijadikan spot utama dari kawasan tersebut sudah roboh akibat abrasi pantai. Padahal kawasan wisata bahari di Tanjung Aan ini punya daya magnet tersendiri untuk menarik wisatawan.

batu payung

Malam hari di Batu Payung (sumber: instagram.com/towzonglin)

Warga yang menggantungkan hidupnya di sekitar Batu Payung ini pun mengkhawatirkan adanya penurunan jumlah wisatawan. Wah sayang banget kalau sampai kehilangan ikon utama Batu Payung, GenK.

Tapi gak ada salahnya kalau kamu tetap ingin berkunjung ke sana. Indahnya pemandangan pantai di sana cocok untuk dijadikan konten feed Instagram keren. Oh ya, pemandangan malam hari di Batu Payung juga gak kalah memesona. Di sana kamu bisa mengabadikan foto milky way dengan kameramu.

Baca Juga
Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

5. Berkunjung ke Desa Adat Sade

desa adat sade

Desa Adat Sade (sumber: kumparan.com)

Puas bermain air di pantai, destinasi wisata Mandalika Lombok yang kami rekomendasikan berikutnya adalah Desa Adat Sade.

Lokasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang tertarik melihat kegiatan masyarakat lokal Lombok dan suku Sasak. Hal ini dikarenakan Sade adalah salah satu nama dusun di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah yang masih mempertahankan adat suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok.

Saat berkunjung ke sana, kamu akan menemukan berbagai macam hal unik, karena masyarakatnya yang masih benar-benar tradisional. Terdapat sekitar 700 jiwa di Desa Sade dengan pernikahan yang dilakukan dalam satu rumpun, sehingga warganya masih sangat terjaga.

rumah adat sade

Rumah di Desa Adat Sade (sumber: lookathereid.blogspot.com)

Rumah yang ada di Desa Sade terdiri dari beberapa tipe, yaitu Bale Bonter untuk para pejabat desa, Bale Kodong untuk jompo atau orang yang sudah menikah tapi belum punya rumah, dan Bale Tani untuk masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai petani.

Oh iya, rumah-rumah tersebut tahan gempa loh, karena dindingnya masih terbuat dari anyaman bambu, atapnya terbuat dari alang-alang kering, serta lantai yang terbuat dari campuran tanah liat dan sekam padi.

Sebagai cendera mata, jangan lupa untuk membeli kain tenun yang dibuat oleh perempuan di Desa Sade, karena perempuan di sana umumnya mendapat pemasukan dari hasil menenun.


Simpulan

Nah, bagaimana rekomendasi destinasi wisata Mandalika Lombok yang sudah kami bagikan di atas? Semoga liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Selain Mandalika, kami juga akan memberikan rekomendasi tempat seru di kawasan wisata super prioritas Indonesia, salah satunya adalah spot wisata di Labuan Bajo.

Jadi, jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru dari kami yah. Selamat berlibur!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kuliner & Travel

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Kuliner & Travel

4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link