Kuliner

Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

manfaat makanan sehat

Kalau pikiran tenang dan tubuh bugar, pasti kamu akan lebih mudah bahagia, GenK. Terdengar aneh? Ini serius. Salah satu manfaat makanan sehat adalah bisa membuatmu bahagia loh.

Pergi ke restoran masakan Padang di jam makan siang memang benar-benar bikin ngiler. Pasalnya, semua lauk-pauk dijejerkan di depan mata. Ada ayam bakar, rendang, gulai, dan makanan khas Padang lainnya yang tentunya super lezat.

Lalu perut kamu mulai keroncongan, mendadak demo ingin diberi makan. 😅

manfaat makanan sehat 1

Masakan restoran Padang (sumber: lulabyspoon.com)

Satu piring.. dua piring.. semua kamu santap sampai ludes.

Setelah itu apa yang kamu rasakan? Kenyang banget kan? Tapi apakah kamu merasakan kebahagiaan setelahnya? Tentu. Siapa sih yang bahagia setelah makan makanan yang kelewat enak. Kebahagiaan memang ada, tapi apakah berangsur lama? Dan jawabannya adalah tidak.

Kamu bahagia menyantap makanan, merasakan betapa lezatnya bumbu rendang yang kamu santap siang itu. Tapi keesokan harinya kamu akan mengalami krisis itu lagi. Krisis di mana perutmu demo dan selalu menginginkan makanan dengan porsi seperti kemarin siang.

Sekarang, pertanyaannya, makanan seperti apa yang bisa membuatmu bahagia jangka panjang? 🤔

Coba deh sekali-kali makan makanan sehat selama satu 1-3 hari secara berturut-turut.

Maka sebuah perubahan akan menghampiri kehidupanmu. Ini bukan soal diet, karena mendapat bentuk tubuh yang proporsional adalah nilai plus saja. Sekarang yang akan kami bahas adalah soal bagaimana makanan sehat bisa membuatmu bahagia.

Baca Juga :   5 Jenis Bisnis Kuliner Kekinian Tanpa Modal Banyak

Apa Itu Makanan Sehat?

manfaat makanan sehat 2

Contoh makanan sehat (sumber: pexels.com)

Makanan 4 sehat 5 sempurna.

Itulah definisi makanan sehat. Tapi makanan sehat dapat kita artikan sebagai makanan yang mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, badan akan terasa lebih bugar dan berenergi.

Di dalamnya sudah ada nutrisi yang seimbang, seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral, dan air. Pokoknya nutrisi itu penting banget deh, GenK.

Makanan sehat tidak serumit yang kamu bayangkan kok. Tinggal pilih jenis makanan dari buah-buahan dan sayur-sayuran, daging, makanan berprotein seperti telur dan ikan, lalu susu untuk kalsium, dan masih banyak lagi. 😍

Dengan menu seperti itu, kamu bisa sekalian menjaga kesehatan berat badan dan perlahan-lahan meninggalkan makanan cepat saji alias junk food.

manfaat makanan sehat 3

Sayur-sayuran (sumber: pexels.com)

Banyak orang yang tidak suka sayur. Biasanya sih alasannya sayur itu pahit, tidak bikin selera makan, atau memang tidak doyan sejak kecil. Padahal sayur punya banyak manfaat loh. Semakin sehat makanan yang kamu konsumsi, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu merasakan bahagia.

Lalu apa sih hubungannya makanan sehat dengan kebahagiaan? 🤨

Baca Juga :   Mengenal Eustress, Stres yang Baik Untukmu

Hubungan Makanan Sehat dengan Kebahagiaan

Seperti yang ditulis dalam Skilled at Life, How Eating Healthy Can Make You Happy, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Warwick (Inggris) dan University of Queensland (Australia) melacak kebiasaan makan sebanyak 12.000 orang dewasa selama beberapa tahun.

Hasilnya, responden yang menambahkan satu porsi sayur atau buah ke manu makanan mereka mengalami peningkatan kebahagiaan.

Pada dasarnya, setiap makanan akan mempengaruhi sistem imun, tingkat energi, dan mood kamu saat ini. Di dalam tubuh kita sendiri memang terdapat 4 hormon utama yang dapat menjaga perasaan agar tetap bahagia, yaitu dopamin, serotonin, endorfin, dan juga oksitosin.

Makanan sehat bisa menjaga supaya 4 hormon utama yang berkaitan langsung dengan mood tersebut tetap stabil. 😉

manfaat makanan sehat 4

Coklat batang (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu mendengar bahwa mengkonsumsi sepotong cokelat bisa menghilangkan stres?

Ya, itu benar adanya, karena di dalam cokelat bisa meningkatkan suasana hati alias mood booster. Kalau hati kamu sedang mendung, cobain deh memakan sepotong cokelat.

Siapa tahu hatimu jadi membaik. Ini membuktikan bahwa manfaat makanan sehat benar-benar bisa membawa kebahagiaan ya, GenK. 

Oh iya, selain coklat, ada buah alpukat, biji-bijian, tomat ceri, susu, dan masih banyak lagi. Apakah makanan favoritmu masuk ke dalam daftar? 😃

Memakan Makanan Sehat Dapat Mengontrol Mood

Dengan memakan makanan sehat, kamu jadi lebih sehat.

Kalau tubuhmu sehat, maka pikiran jadi tidak semrawut.

Katakanlah kamu adalah seorang pekerja kantoran. Tugas menumpuk dan aktivitas lainnya yang super padat pasti menguras tenaga. Bagaimana jadinya kalau pertahanan tubuhmu kurang? Kamu bakal gampang sakit. 🤒

manfaat makanan sehat 5

Ilustrasi senang setelah makan makanan sehat (sumber: pexels.com)

Maka dari itu, kamu perlu mengkonsumsi makanan sehat, karena di dalamnya ada segudang manfaat yang bisa kamu pakai sebagai pelengkap nutrisi. Kalau gizi dan nutrisi seimbang, maka tubuh akan selalu bugar. Bahkan lembur bukan masalah besar.

Nah, apabila tubuh kamu sehat, semua pekerjaan akan selesai tepat waktu dan mood kamu akan terus terjaga. Coba kalau pekerjaan belum selesai, padahal sudah mendekati deadline. Bisa-bisa nanti kena semprot bos. Hmm.. jangan sampai seperti itu ya, GenK. 🙅‍♀️

Baca Juga :   Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Tingkat Kehigienisan Makanan Juga Berpengaruh Loh

manfaat makanan sehat 6

Ilustrasi memasak makanan sehat (sumber: pexels.com)

Selain jumlah nutrisi yang terkandung di dalam bahan makanan, tingkat kehigienisan makanan juga mempengaruhi sehat atau tidaknya makanan tersebut. Bagaimana cara makanan itu diolah dari mentah sampai dihidangkan saja sudah terdapat banyak hal yang mesti diperhatikan nih.

Misal, kamu ingin memakan buah-buahan. Sudah jelas banget kalau buat memiliki vitamin yang berguna banget untuk tubuh. Tapi, buah yang kaya akan vitamin itu juga berbahaya kalau tidak kamu bersihkan dengan benar, GenK. 😨

Ketahuilah bahwa ada pestisida dan bahan kimia jahat lainnya yang menempel di kulit buah. Kasus seperti ini nggak cuma berlaku buat buah-buahan saja, tetapi sayur-sayuran dan segala jenis bahan makanan. Sehingga kamu mesti hati-hati sebelum mengolah bahan makanan.

Ayo ngaku siapa yang masih malas-malasan saat mencuci buah dan sayur?

Bye Bye Lemak Jahat

Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa lemak jenuh bisa merusak mental dan kebahagiaan loh.

Penelitian ini dilakukan di Spanyol dengan cara mengamati asupan asam lemak makanan sebanyak 12.000 orang dewasa yang kemudian dihubungkan dengan dengan kesehatan mental dan kebahagiaan mereka.

Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi makanan berlemak jenuh tinggilah yang paling memiliki korelasi dengan pemicu naiknya tingkat depresi. 🙈

Bahaya banget ‘kan, GenK? Ternyata memiliki banyak lemak jenuh di dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab turunnya mood bahkan sampai depresi.

Kalau sudah begitu, kamu jadi tidak punya minat untuk melakukan apa pun, karena yang sebenarnya yang kamu butuhkan adalah kebahagiaan. 

Tapi jangan khawatir, GenK, pasalnya lemak jenuh ini bisa kita ganti secara perlahan dengan lemak tak jenuh. Kok bisa?

manfaat makanan sehat 7

Ilustrasi tubuh proporsional karena mengkonsumsi buah (sumber: pexels.com)

Bisa dong, karena ini masih ada hubungannya dengan manfaat makanan sehat yang super banyak. 

Dengan mengganti menu makanan menjadi menu makanan sehat, kamu juga bisa mendapatkan kebahagiaan hidup kok. Tapi harus sabar, GenK, karena tidak ada yang instan. Tinggal bagaimana cara kamu memilah-milah bahan makanan buat kamu konsumsi. Jadi, tetap semangat! 💪

Baca Juga :   3 Gerakan Senam Otak Sederhana untuk Melatih Kreativitas

Seimbangi dengan Olahraga

manfaat makanan sehat 8

Ilustrasi olahraga (sumber: pexels.com)

Makan sehat? Sudah.

Tidur cukup? Sudah.

Sekarang tinggal diseimbangkan dengan olahraga teratur.

Tidak perlu olahraga dengan alat-alat mahal dan ribet. Kamu bisa mencari alternatif olahraga lain yang simpel dan tentunya tidak menguras kantong. Saat ini sudah banyak pilihan olahraga, tinggal pilih mana yang cocok denganmu. Ada aerobik, zumba, cardio, dan masih banyak lagi. 💃

Masalah biaya tidak perlu khawatir, karena sekarang video tutorial soal senam dan olahraga banyak diunggah di YouTube. Simpel banget deh. Cocok buat kamu yang biasa mager.

Kalau semuanya sudah sudah dilakukan, coba bercermin dengan diri sendiri.

Apakah hidupmu mengalami perubahan menjadi lebih baik?

Lebih bahagia?


Mengubah kebiasaan sehari-hari memang tidak mudah. Namun kamu harus ingat betapa banyaknya manfaat makanan sehat. Mungkin kamu akan mengalami shock dan stres terlebih dahulu karena perubahan yang terlalu ekstrem.

Kuncinya adalah usaha dan kegigihan, karena di setiap usaha dan kegigihan pasti ada hasil yang memuaskan, GenK. 😁

Polling

About author

Related posts
Kuliner

Ide Makanan Lezat Buat Menu Buka Puasa, Yuk Catat!

Kuliner

5 Cara Mengolah Telur untuk Tambahan Menu Makan

Kuliner

Menerapkan Psikologi Marketing Berdasarkan Kondisi FOMO

Kuliner

Dibalik Kelezatannya, Rendang Punya Sejarah Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published.