Kuliner

Cara Mengempukkan Daging Bebas Bau Amis, Beneran Lumer di Mulut!

cara-mengempukkan-daging

Yummy! Daging yang lumer di mulut dan nggak berbau amis emang bikin selera makan meningkat drastis, ya? Tapi masalahnya, mengempukkan daging dengan potongan empuk dan meleleh di mulut nggak semudah yang dipraktikkan para chef di acara masak.

Eits, jangan berkecil hati. Kamu nggak harus pergi ke restoran bintang lima dan bayar mahal untuk menikmati daging yang empuk dan kaya rasa, kok. Ada rahasia biar setiap potong daging terasa lembut dan meleleh di lidah. Ini cara mengempukkan daging dan trik mengusir bau amisnya!

1. Lembutkan Daging dengan Meat Tenderizer

meat-tenderizer

Meat tenderizer (Sumber: homegearx.com)

Meat tenderizer adalah alat yang biasa digunakan untuk melunakkan daging, terutama potongan keras, seperti chuck steak. Memukul-mukul daging dengan tenderizer efektif banget untuk memecah serat otot daging yang keras.

Alat ini juga berguna untuk memudahkan daging menyerap bumbu ketika dimarinasi. Tapi jangan berlebihan menumbuk kalau kamu nggak mau daging berubah jadi bubur. Cukup tumbuk beberapa kali dengan sedikit tekanan ringan.

Kalau nggak punya tenderizer untuk mengempukkan daging, gimana, dong? Tenang, gunakan saja garpu untuk membuat lubang pada permukaan daging, atau gores tipis permukaan daging dengan pisau.

2. Marinasi Daging dan Jangan Lupa Garamnya!

marinasi-daging

Ilustrasi daging dimarinasi (Sumber: massel.com)

Jus lemon, cuka atau buttermilk bisa kamu pakai untuk memarinasi daging. Bahan-bahan tersebut dapat menambah rasa sekaligus memecah protein yang keras. Pastikan kamu nggak terlalu lama membiarkan daging dalam larutan marinasi atau daging akan menjadi sangat lembut dan lembek. Cukup rendam sekitar ½-2 jam.

daging-dimarinasi

Marinasi daging pakai garam (Sumber: tangosmeats.com)

Selain dengan marinasi, kamu juga bisa memanfaatkan garam untuk mengempukkan daging, lho. Garam mengeluarkan kelembapan dalam daging sehingga rasanya lebih terpusat. Kamu bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelum mengolahnya.

Oh ya, ternyata penggunaan garam nggak cuma untuk mengempukkan daging, lho, tapi juga efektif untuk menghilangkan bau amisnya.

Baca Juga :   Cara Memasak Shirataki, Menu Ajaib Zero-Calorie

3. Masak Perlahan-Lahan dengan Api Kecil

memasak-daging

Ilustrasi api kecil untuk memasak daging (Sumber: meatbasics101.com)

Kamu bisa membakar potongan daging mahal dengan cepat di suhu tinggi. Tapi untuk daging ‘murah’, seperti daging bagian bahu atau chuck meat, dibutuhkan teknik memasak lambat dengan api kecil. Seenggaknya kamu butuh waktu 4 jam atau lebih untuk mengempukkan daging bagian ini agar mendapatkan tekstur yang lembut dan empuk.

4. Istirahatkan Daging Usai Proses Memasak

istirahatkan-daging

Daging yang sedang diistirahatkan atau didiamkan sejenak setelah dimasak (Sumber: craves.everybodyshops.com)

Nggak peduli sebaik apapun kamu menyiapkan dan memasak, daging akan kering dan keras kalau kamu nggak mengistirahatkannya. Ada aturan umum tentang waktu istirahat daging usai proses memasak, yakni lima menit per inci ketebalan untuk steak atau 10 menit per pon untuk daging panggang.

Teknik ini memungkinkan cairan menyebar kembali di dalam daging dan membuatnya tetap empuk dan lembut.

5. Iris Seratnya secara Melintang

mengiris-serat-daging

Mengiris daging secara melintang (Sumber: thedailymeal.com)

Biar daging hasil masakanmu terasa empuk dan lembut, jangan asal memotong atau mengiris karena ada tekniknya sendiri.

Semua potongan daging memiliki serat otot yang panjang. Nah, memotong sejajar dengan serat otot, hanya akan membuatmu berjuang setengah mati untuk mengunyah. Bisa-bisa bukan dagingnya yang tercabik, tapi malah gigimu yang hancur. Rahasia agar daging terasa empuk adalah dengan memotong  serat otot secara melintang.

Nah, ternyata cara mengempukkan daging dan ngilangin bau amisnya gampang banget, kan? Kamu tetap bisa makan enak sambil berhemat. Nggak perlu lagi ke kafe atau restoran berbintang demi menikmati steak favorit, deh.

Baca Juga :   Cara Memasak Beras Merah yang Benar Serta Manfaat Kesehatannya
About author

Related posts
Kuliner

Resep Menu Lebaran Sedap Yang Cocok Untuk Rayakan Hari Kemenangan

Kuliner

Rekomendasi Menu Takjil Segar dan Bernutrisi untuk Buka Puasa, Gampang Bikin Sendiri!

Kuliner

7 Bahan Makanan Ini Wajib Ada di Rumah Selama Social Distancing

Kuliner

Kimchi: Makanan Khas Korea yang Punya Banyak Jenisnya