fbpx

5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
ide-kreasi-bekal

Menyiapkan bekal tidak perlu ribet loh, GenK. Banyak menu bekal yang praktis dan enak. Dari sisi pengeluaran pun, membawa bekal bisa membantumu berhemat. Dan, tentu saja, kamu lebih dapat mengontrol asupan sehat untuk tubuhmu.

Agar kebutuhan gizi terpenuhi, kamu perlu tahu makanan apa saja yang kamu konsumsi setiap hari. Salah satu solusi untuk mengontrol konsumsi makananmu adalah dengan membawa bekal. Jangan salah, GenK, bekal bukan hanya identik dengan anak kecil loh. Meskipun ada jenis-jenis menu bekal untuk anak sekolah, yang biasanya berpenampilan imut, kamu juga bisa kok membawa bekal ke kampus atau tempat kerja.

Buatlah bekal yang enak dan bergizi, supaya tidak kalah dari makanan buatan restoran. Tidak ada salahnya juga untuk memberi hiasan sederhana. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas seputar menu yang bisa kamu buat di rumah. Eh tapi sebelum mengetahui apa saja menunya, yuk simak dulu apa saja manfaat membawa bekal, GenK!

Manfaat Membawa Bekal dari Rumah

Saat ini semuanya serba instan, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan dan minuman. Umumnya orang-orang yang beraktivitas di luar rumah memilih makan di restoran, kafe, atau rumah makan lainnya untuk makan siang atau malam. Padahal dengan membawa menu makan siang atau makan malam dari rumah, kamu bisa merasakan banyak manfaat loh. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Lebih praktis

Manfaat yang pertama membawa bekal dari rumah adalah lebih praktis. Praktis di sini maksudnya kamu tidak perlu bingung makanan apa yang harus kamu makan siang nanti, karena menu sudah ditentukan dari rumah. Apalagi buat kamu yang masih sekolah, kuliah, atau kerja, pasti tidak memiliki jam istirahat yang banyak. Dengan membawa bekal, kamu tidak perlu takut kebablasan saat jam istirahat.

Sehat dan bergizi

Karena kamu yang membuat sendiri bekalnya, tentu kamu tahu apa saja bahan yang terkandung di dalam masakan. Selain itu kamu juga bisa memastikan tingkat kebersihannya. Sehingga menu bekal milikmu dijamin sehat dan bergizi, GenK. Mulai sekarang cobalah membawa bekal dari rumah agar dapat mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Hemat

Jika makan di luar tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Setiap makan siang perlu merogoh kocek hampir 50ribu rupiah. Kalau seperti ini terus, uang saku atau gaji kamu bisa habis duluan, GenK! Dengan masak sendiri, kamu bisa hemat lebih dari 20ribu rupiah, karena kamu hanya perlu membeli bahan-bahan mentah yang kemudian diolah menjadi menu bekal.

Baca Juga   Ikuti Perjalanan Teh, dari Tiongkok ke Indonesia

Mengembangkan skill memasak

Membawa bekal dari rumah cocok banget buat kamu yang punya hobi atau minat memasak. Kamu tidak perlu takut gagal membuatnya, karena kamu bisa sekalian latihan untuk mengembangkan skill memasak kamu, GenK. Awalnya, pilih saja menu bekal yang sederhana dari segi bahan dan cara pembuatannya. Kalau kamu sudah terbiasa, mulailah bereksperimen dengan menumu.

Meningkatkan kreativitas

Semakin sering bereksperimen, maka kamu akan semakin terbiasa melibatkan kreativitasmu saat membuat menu bekal. Kamu bisa mulai memodifikasi resep masakan a la kamu sendiri. Tambahkan bumbu-bumbu baru yang membuat masakanmu semakin lezat. Selain itu buatlah hiasan-hiasan sederhana untuk mempercantik hidangan buatanmu.

Ide Menu Bekal

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan, apakah sekarang kamu jadi tertarik untuk membawa bekal sendiri dari rumah? Kalau iya, kamu tidak perlu bingung mau mulai dari mana, karena kami akan memberikan beberapa rekomendasi menu yang bisa menjadi inspirasi kamu. Menu-menu sederhana ini bisa kamu praktikkan sendiri di rumah dan tentunya tidak menghabiskan banyak waktu. Semua cocok untuk bekal anak sekolah, bekal ke kampus, atau bekal ke tempat kerja. Yuk simak!

1. Nasi Goreng Omelet

menu bekal

Nasi goreng omelet (Sumber: itsmydish.com)

Ide bekal yang pertama adalah nasi goreng omelet. Makanan ini termasuk makanan berat yang pas disantap sebagai menu makan siang. Kelezatan nasi goreng yang diselimuti dengan omelet akan membuatmu ketagihan. Untuk membuat menu ini, kamu memerlukan bahan utama seperti nasi, bawang merah, bawang putih, dan bumbu dapur lainnya untuk membuat nasi goreng. Sedangkan untuk omelet, kamu memerlukan telur sebagai bahan utama. Agar tidak cepat jenuh, kamu bisa memodifikasi topping nasi goreng, misalnya dengan ayam suwir, sosis, atau kornet. Tambahkan sayur-sayuran agar lebih segar, seperti tomat ceri, timun, dan brokoli. Kamu juga bisa memainkan tingkat kepedasan sesuai selera. Tambahkan saus tomat/cabai dan mayones agar lebih lezat tentunya.

2. Sandwich

menu bekal

Sandwich (Sumber: unsplash.com)

Menu bekal berikutnya adalah sandwich yang merupakan makanan roti berlapis daging dan sayuran. Sandwich bisa dikategorikan sebagai makanan berat maupun makanan ringan, tergantung bahan makanan yang kamu gunakan sebagai isian. Dari segi pembuatan termasuk simpel, sehingga cocok buat kamu yang tidak punya waktu luang banyak di pagi hari. Kamu hanya memerlukan roti dan isian sebagai bahan utama. Umumnya isi sandwich berupa smoke beef, daging ayam, telur, keju, dan sayur-sayuran. Roti bisa kamu panggang lebih dulu atau dimakan langsung tanpa dipanggang. Lalu tumpuk dengan semua komponen isian. Tambahkan saus tomat/cabai dan mayones, atur tingkat kepedasan sesuai seleramu.

Baca Juga   10 Jenis Pasta yang Menanti untuk Kamu Coba

3. Onigiri

menu bekal

Onigiri (Sumber: epicurious.com)

Onigiri, atau di dalam bahasa Indonesia disebut dengan nasi kepal, merupakan nama makanan khas Jepang berupa nasi yang dipadatkan sehingga membentuk segitiga, bulat, dan lain sebagainya. Onigiri masuk ke dalam kategori makanan ringan. Walaupun begitu, onigiri tetap bisa membuatmu kenyang kok, GenK. Untuk membuat onigiri, kamu memerlukan nasi dan nori ( lembaran rumput laut yang dikeringkan). Namun umumnya, onigiri disajikan dengan isian yang beragam. Ada isi tuna mayo, ayam suwir pedas, salmon, atau disajikan tanpa isian sesuai selera kamu. Cara membuatnya termasuk mudah. Kamu hanya perlu mengepal nasi yang sudah diberi isian di dalamnya. Lalu selimuti dengan nori di bagian luarnya dan onigiri siap untuk disantap.

4. Pizza Roti Tawar

menu bekal

Pizza Roti Tawar (Sumber: vegrecipesofindia.com)

Makanan selanjutnya yang bisa kamu pilih sebagai menu bekal adalah pizza roti tawar. Makanan ini termasuk dalam kategori makanan ringan, namun apabila kamu pintar memilih topping, makanan ini bisa masuk dalam kategori makanan berat, GenK. Untuk membuat menu ini, kamu memerlukan roti, daging, keju, dan sayur-sayuran sebagai bahan utama. Kamu bisa mengganti topping dengan variasi makanan lain. Cara membuatnya cukup simpel, cukup panggang roti beserta isinya sampai matang. Tambahkan saus tomat/cabai dan mayones di atasnya. Pizza roti tawar siap disantap!

5. Macaroni Schotel Panggang

menu bekal

Macaroni Schotel Panggang (Sumber: cookpad.com)

Menu bekal yang berikutnya adalah macaroni schotel panggang yang masuk dalam kategori makanan ringan. Dari bentuknya saja sudah terlihat “mahal”. Eh, tapi jangan salah, kamu tidak perlu jauh-jauh beli ke restoran untuk mencicipi macaroni schotel panggang karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat menu bekal ini adalah macaroni pasta, daging sapi giling, susu, dan telur. Cara membuatnya juga simpel dengan cara menggabungkan semua bahan ke dalam wadah, lalu panggang sampai matang. Beri taburan keju parut di atasnya agar tampilannya lebih istimewa.

Baca Juga   4 Resep Kue Kering Mudah dan Enak


Nah, itu dia rekomendasi menu bekal yang bisa menjadi inspirasi kamu. Gimana, GenK? Tertarik mulai membawa bekal? Tidak ada salahnya mengubah kebiasaan makan jadi lebih baik. Selain memberi keuntungan pada kesehatan, kamu juga bisa menghemat pengeluaran loh. Yuk mulai sekarang bawa bekal dari rumah!

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

Kuliner

5 Resep Minuman Buka Puasa Praktis

Kuliner

10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Kuliner

Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Kuliner

Kafe Instagramable yang Harus Kalian Kunjungi di Semarang

            Artikel Selanjutnya