fbpx

5 Resep Minuman Buka Puasa Praktis

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
resep minuman buka puasa

Tidak cuma makanan berat, minuman segar juga wajib diselipkan sebagai menu takjil buka puasa. Sudah punya andalan menu? Kalau belum kami punya 5 resep minuman buka puasa praktis nih, GenK.

Menjalani ibadah puasa tentu banyak tantangannya. Ada banyak foto makanan dan minuman yang seliweran di beranda media sosialmu. Ujung-ujungnya kamu hanya bisa menelan ludah. Sabar ya, GenK, namanya juga bulan puasa, jadi mesti bisa melawan hawa nafsu deh.

Balik lagi soal makanan dan minuman, kamu punya menu andalan untuk berbuka puasa?

Saat berbuka, sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi makanan berat. Lambungmu bisa kaget tuh. Solusinya adalah dengan menyediakan menu takjil buka puasa. Namun tidak semua takjil harganya murah. Apalagi jika kamu anak kos yang merantau jauh dari rumah. Mesti menghemat pengeluaran.

Supaya gak galau, kami punya 5 resep minuman buka puasa praktis yang bisa kamu cobain sendiri di rumah. Selain bisa berhemat, ngabuburit sambil membuat minuman segar juga asik loh. Yuk simak!  

Es Kopyor

Minuman Buka Puasa 1

Es kopyor (sumber: islampos.com)

Es kopyor memang menjadi minuman yang kerap dijadikan sebagai salah satu menu takjil favorit. Minuman ini berisi daging kelapa kopyor dengan diberi campuran sirup dan susu kental manis. Makin nikmat kalau disajikan dalam keadaan dingin. Seger banget!

Berbeda dengan daging buah kelapa pada umumnya yang menempel dengan batok kepala, kelapa kopyor merupakan daging buah kelapa yang lunak. Manis dan gurih menjadi cita rasa khasnya. Itulah keunggulan es kopyor. Rasanya yang khas membuat kamu ketagihan deh, GenK.

Daripada membeli di luar, gak ada salahnya membuat es kopyor sendiri.

Kami punya resep es kopyor yang mudah dan simpel. Jadinya bisa kamu cobain di rumah.  

Bahan-bahan:

  • Kelapa kopyor
  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 1 bungkus santan instan
  • 3 sdm gula pasir
  • Sedikit garam
  • 500 ml air matang
  • 2 lembar daun pandan
  • Sirup coco pandan
  • Susu kental manis
  • Es batu

Alat-alat:

  • Panci
  • Sendok
  • Centong
  • Penyaring
  • Wadah
  • Gelas saji

Cara membuat es kopyor untuk menu takjil:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat es kopyor.
  2. Siapkan panci di atas kompor. Nyalakan api kecil.
  3. Kemudian masukkan 1 bungkus agar-agar, 1 bungkus santan instan, 3 sdm gula pasir, garam secukupnya, 2 lembar daun pandang, dan 500 ml air matang ke dalam panci. Aduk pelan-pelan hingga mendidih. Pastikan santan tidak pecah. Jika sudah mendidih segera matikan kompor.
  4. Diamkan sebentar sampai uap panas menghilang. Kemudian saring ke dalam wadah bersih, GenK.
  5. Siapkan es batu berukuran besar di wadah yang baru. Tuang adonan ke atas es batu dengan menggunakan sendok. Aduk hingga adonan menggumpal.
  6. Kalau sudah menggumpal, saring kopyor dan tiriskan.
  7. Siapkan gelas yang sudah diisi dengan es batu. Masukkan sirup rasa cocopandan, kopyor, dan beri susu kental manis sesuai selera.
  8. Es kopyor sudah siap disajikan untuk minuman buka puasa deh.

Baca Juga   Pamerin Skill Masakmu lewat 4 Resep Cemilan Berbahan Biskuit Ini

Es Cincau

Minuman Buka Puasa 2

Es cincau (sumber: saribundo.biz)

Resep minuman buka puasa praktis yang berikutnya adalah es cincau.

Cincau terkenal dengan salah satu manfaatnya yang bisa melepas dahaga. Bakalan nikmat banget nih kalau diminum saat berbuka.

Ada dua jenis cincau yang dijual di pasaran, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Keduanya memiliki perbedaan dari segi tekstur.

Kalau cincau hitam memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Sedangkan cincau hijau teksturnya lebih lembut.

Untuk membuat minuman segar yang satu ini, kami punya resepnya. Resep ini bisa menghasilkan kurang lebih 5 porsi es cincau. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan jumlah porsi yang kamu inginkan.

Langsung saja kita lihat langkah-langkah pembuatannya, GenK.  

Bahan-bahan:

Untuk cincau

  • 50 lembar daun cincau
  • 400 ml air matang
  • Es batu
  • Opsi lain, gunakan 1 bungkus agar-agar instan rasa cincau

  Untuk santan gula

  • 400 ml santan encer
  • 150 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan yang diikat simpul
  • 2 ruas jahe bakar

Alat-alat:

  • Wadah
  • Penyaring
  • Panci
  • Pisau
  • Sendok
  • Centong
  • Gelas saji

Cara membuat es cincau untuk menu takjil:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasak es cincau.
  2. Pertama-tama, kamu harus membuat cincaunya terlebih dahulu. Campur 50 lembar daun cincau dengan 400 ml air matang di atas wadah bersih. Remas daunnya sampai berubah warna menjadi kehijauan dan daun warna daun memucat.
  3. Saring airnya, kemudian pindahkan ke dalam wadah yang tertutup. Diamkan sampai air cincau padat. Supaya proses ini lebih cepat, simpan cincau di dalam kulkas selama 1-3 jam.
  4. Sekadar tips, kamu juga bisa mengganti cincau dengan membuat agar-agar instan rasa cincau supaya lebih hemat.
  5. Sambil menunggu cincau memadat, sekarang saatnya membuat santan gula. Siapkan 400 ml santan encer, 150 gram gula pasir, 1 lembar daun pandan yang diikat simpul, dan 2 ruas jahe bakar ke dalam panci. Bahan yang sudah dicampur kemudian dimasak sampai mendidih. Segera matikan kompor jika sudah mendidih. Angkat lalu dinginkan.
  6. Potong cincau yang sudah padat menjadi pola dadu atau kamu juga bisa mengambilnya dengan sendok. Taruh cincau di dalam gelas saji.
  7. Kemudian tuangkan santan gula ke dalam gelas berisi cincau sesuai selera.
  8. Tambahkan es batu supaya makin segar dan nikmat.
  9. Minuman es cincau buatanmu sudah bisa dinikmati saat berbuka puasa, GenK.

Es Timun Serut

Minuman Buka Puasa 3

Es timun serut (sumber: cookpad.com)

Es timun serut merupakan resep minuman buka puasa praktis yang akan kami bahas sekarang, GenK. Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu kalau bahan dasar untuk membuat minuman segar ini adalah timun. Timun ini kemudian diberi perasa sirup melon dan perasan jeruk nipis supaya rasanya lebih segar. Makanya, minuman ini cocok banget dijadikan sebagai menu takjil buka puasa.

Kami punya resep es timun serut yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Ini dia, GenK!  

Bahan-bahan:

  • 2 buah timun
  • 250 ml sirup melon
  • 800 ml air matang
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • Es batu

Alat-alat:

  • Pisau
  • Penyerut
  • Wadah
  • Sendok
  • Gelas saji

Cara membuat es timun serut untuk menu takjil:

  1. Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat es timun serut.
  2. Cuci 2 buah timun yang bakal dipakai sebagai bahan utama minuman dengan air bersih. Supaya es timun serut tidak pahit, potong bagian pangkal dan juga ujung timun. Gosok timun hingga keluar getahnya. Baru deh kamu cuci sampai bersih.
  3. Belah timun untuk dibuang bagian bijinya, karena yang akan kita pakai hanya bagian buahnya.
  4. Kemudian gunakan penyerut untuk menyerut kasar bagian buah timun.
  5. Masukkan timun serut, perasan air jeruk nipis, 250 ml sirup melon, dan 800 ml air matang ke dalam wadah bersih. Lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Tuang minuman ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu supaya makin segar, GenK.
  7. Es timun serut sudah bisa disantap saat berbuka puasa.

Baca Juga   5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Es Timun Suri

Minuman Buka Puasa 4

Es timun suri (sumber: cookpad.com)

Kalau tadi kita sudah membahas es timun serut, sekarang kita juga masih membahas seputar minuman segar yang namanya sama-sama ada kata “timun”. Namun yang ini berbeda, GenK. Bahan utama yang digunakan adalah timun suri.

Es timun suri adalah minuman yang juga melekat untuk menu takjil buka puasa. Rasanya yang manis dan segar, serta tekstur buahnya yang lembut dan empuk memang cocok diminum untuk melepas dahaga di kala sudah berpuasa seharian.

Yuk lihat resep es timun suri berikut ini, GenK!  

Bahan-bahan:

  • 1 buah timun suri
  • 2 liter air matang
  • Sirup rasa cocopandan
  • Es batu

Alat-alat:

  • Pisau
  • Wadah besar
  • Sendok
  • Gelas saji

Cara membuat es timun suri untuk menu takjil:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat es timun suri.
  2. Untuk membuat minuman ini akan lebih enak kalau kamu menggunakan timun suri yang sudah tua dan matang. Bisa cium harumnya untuk menentukan tingkat kematangan.
  3. Cuci timun suri dengan air bersih.
  4. Kupas kulit timun suri dan buang bijinya sampai bersih.
  5. Kemudian potong bagian buah menjadi bentuk dadu menggunakan pisau.
  6. Siapkan 2 liter air matang, sirup rasa cocopandan, dan buah timun suri yang sudah dipotong. Campur semua bahan tersebut di dalam wadah besar. Aduk sampai rata.
  7. Masukkan ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu kalau ingin disajikan dalam keadaan dingin.
  8. Es timun suri sudah bisa disajikan sebagai menu takjil buka puasa, GenK.

Es Sarang Burung

 Minuman Buka Puasa 5

Es sarang burung (sumber: cookpad.com)

Walaupun namanya sarang burung, tapi minuman segar ini tidak benar-benar terbuat dari sarang burung kok.

Minuman yang bisa dijadikan sebagai menu takjil buka puasa ini berasal dari parutan panjang agar-agar. Kamu bisa menambahkan buah-buahan segar supaya rasa es sarang burung buatanmu lebih nikmat diminum saat buka puasa.

Ada rasa manis dan asam yang menjadi satu. Wah pasti udah kebayang dong rasanya? Oh iya, biji selasih juga gak boleh ketinggalan, GenK.

Daripada cuma ngiler, mending bikin di rumah yuk! Ini dia resep es sarang burung yang praktis banget.  

Bahan-bahan:

Untuk bahan utama:

  • 1 bungkus agar-agar instan warna merah
  • 500 ml air
  • 4 sdm gula pasir

  Untuk bahan pelengkap:

  • ½ buah melon, ambil bagian buahnya saja
  • 2 buah kiwi, potong-potong
  • 200 gram nata de coco
  • 1 sdm biji selasih, rendam di air hangat
  • 1 liter air
  • Sirup warna merah
  • Es batu

Alat-alat:

  • Panci
  • Sendok
  • Centong
  • Loyang persegi
  • Pemarut keju
  • Gelas atau mangkuk saji

Baca Juga   Aneka Soto Nusantara

Cara membuat es sarang burung untuk menu takjil:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat es sarang burung.
  2. Kemudian masukkan 1 bungkus agar-agar instan warna merah, 500 ml air, dan 4 sdm gula pasir ke dalam panci. Masak di atas kompor dengan api sedang. Aduk rata dan masak sampai mendidih. Segara matikan api jika sudah mendidih.
  3. Tuang ke dalam loyang berbentuk persegi. Diamkan sampai benar-benar mengeras supaya tidak gampang hancur saat diparut.
  4. Jika sudah, parut agar-agar dengan menggunakan pemarut keju.
  5. Campur parutan agar-agar, buah melon, kiwi, nata de coco, sirup warna merah, dan 1 liter air di dalam wadah bersih. Aduk sampai rata dengan menggunakan sendok ataupun centong.
  6. Lalu tambahkan biji selasih dan es batu sesuai selera.
  7. Es sarang burung buatanmu sudah jadi, GenK!


Itu dia 5 resep minuman buka puasa praktis yang bisa buat untuk menu takjil buka puasa. Mau bikin yang mana dulu hari ini, GenK?

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

Kuliner

8 Ide Makanan Buka Puasa yang Simpel

Kuliner

5 Resep Puding Enak untuk Buka Puasa

Kuliner

Nikmatnya Gorengan: Dari Mesir Sampai Jadi Favorit Buka Puasa

Kuliner

10 Kuliner Khas Jepang Selain Sushi & Ramen yang Harus Kamu Cicipi

Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link