Coba Resep Kimchi Sederhana dari 3 Jenis Kimchi Ini, Gampang Banget!

Dibaca Normal: 3 menit aja
resep kimchi sederhana

Sejak serbuan budaya Korea masuk ke Indonesia, banyak dari kita yang pasti mengulik lebih dalam tentang Korea. Tidak hanya drama, kpop, dan bahasanya saja, tapi juga merambah ke kuliner khas Korea. Kuliner-kuliner unik dari Negeri Ginseng ini mampu menarik perhatian dan mulai banyak dikembangkan. Salah satu makanan khas Korea yang banyak digemari di Indonesia yaitu kimchi. Kimchi adalah sejenis makanan asinan sayur yang difermentasi dan disajikan dengan cita rasa pedas. Kebanyakan orang mengenal kimchi berisi sayuran berupa sawi putih. Namun ternyata ada banyak varian kimchi lain seperti kimchi lobak dan kimchi timun. Berikut ini adalah resep kimchi sederhana dari tiga jenis kimchi tersebut yang pastinya simpel dan mudah untuk diikuti.

Slider
Slider
Slider

1. Kimchi Sawi

kimchi sawi putih

sumber: theasianparent.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi sawi ala rumahan diantaranya sawi besar 1 buah sebagai bahan utama. Jika ingin lebih lengkap, tambahkan lobak ½ batang dan wortel 1 buah yang telah diiris kecil memanjang. Siapkan juga bumbu khas kimchi yaitu bawang putih 4 siung, bawang bombay ½ siung, jahe 1 ruas, kucai 2 batang, kecap ikan 1 sdm, bubuk cabai 3 sdm, gula 2 sdm, dan garam 3 sdm. Langkah pembuatan yang pertama yaitu mencuci bersih sawi. Kemudian, campurkan dan haluskan semua bumbu. Setelah itu, masukkan lobak dan wortel ke dalam bumbu. Selanjutnya, balurkan bumbu-bumbu tersebut pada setiap helai daun sawi. Simpan sawi tersebut dalam wadah tertutup dan fermentasikan dengan cara menyimpannya selama sekitar dua hari. Kimchi sawi pun siap disajikan.

2. Kimchi Timun

kimchi ketimun

sumber: maangchi.com

Untuk membuat kimchi timun, kamu hanya perlu mentimun 4 buah, wijen sangrai secukupnya, bawang putih 1 siung, bawang bombay 1 siung, kucai 2 batang, bubuk cabai 2 sdm, kecap ikan 2 sdm, serta gula dan garam secukupnya. Kemudian siapkan semua bahan dengan dicuci bersih dan diiris sesuai kebutuhan. Potong mentimun menjadi empat atau delapan potongan kecil. Selanjutnya campurkan semua potongan mentimun dan bahan-bahan. Aduk rata semua bahan dan simpan di kulkas untuk fermentasi. Kimchi timun kini siap disajikan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Gak Cuma Kimchi, 5 Makanan Korea Ini Juga Wajib Kamu Santap

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Sambal dengan Resep Enak dan Praktis

Kuliner

Ini Dia 4 Makanan Sunda yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Kuliner

7 Jenis Kue Lebaran yang Paling Dikangenin

Kuliner

6 Topping Pizza Ini Bisa Mencerminkan Kepribadianmu Loh!

Kuliner

4 Makanan Khas Ramadan di Berbagai Negara, Wajib Coba Nih

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link