leadersingle

5 Resep Kue Basah Tradisional yang Mudah Kamu Coba

Dibaca Normal: 9 menit aja
resep kue basah

Apabila kamu sedang pergi ke pasar, GenK, kamu pasti akan dengan mudah menemukan bermacam-macam kue di sana, salah satunya kue basah. Tapi daripada beli terus, sudah waktunya kamu cobain resep kue basah berikut ini!

Tidak hanya sebagai cemilan, kue basah juga biasa digunakan untuk konsumsi di acara-acara tertentu, misalnya arisan dan acara pernikahan. Tujuannya untuk mempertahankan ciri khas kuliner tradisional Indonesia. Selain itu, bila kue basah diolah dengan benar, maka kue basah merupakan santapan yang lebih sehat dibanding dengan jajanan anak zaman sekarang.

Kue basah memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Namun sayangnya kue basah tidak dapat bertahan lama. Maka dari itu jika kamu ingin menyantap kue basah, sebaiknya kamu beli saat pagi hari. Dijamin kuenya masih fresh dan lembut saat disantap.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Untuk membuat kue basah sendiri termasuk tricky, GenK. Kamu harus sabar saat mengolah bahan-bahannya. Bahan yang digunakan sih bisa dengan mudah kamu beli di pasar atau bahkan warung. Sederhana saja layaknya makanan tradisional lainnya. Umumnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue basah adalah tepung terigu, gula, santan, sagu, dan lain-lain. Apabila kamu tertarik untuk membuat kue basah, kami memiliki resep dari beberapa kue basah tradisional Indonesia yang cukup mudah buat kamu coba. Yuk kita lihat satu per satu resepnya, GenK!

Resep Kue Lumpur

Sumber: resepkoki.id

Salah satu jenis kue yang mungkin sering kamu temukan di jajaran jajanan pasar adalah kue lumpur. Variasi kentang pada kue lumpur masih memikat hati para  konsumen. Kue berbentuk bulat, berwarna kuning, dan lembut saat digigit ini tentu lezat untuk disantap pada jam santai atau acara-acara tertentu. Akan tetapi kue lumpur tidak dapat bertahan lama, sehingga kamu harus pintar-pintar untuk menjaganya agar tetap fresh. Kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin, GenK. Lalu bagaimana resep kue lumpur? Apa saja alat dan bahan yang diperlukan?

Bahan untuk Membuat Kue Lumpur

  • 100 gram kentang
  • 150 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 4 butir telur
  • 50 gram margarin
  • 200 ml air
  • 350 ml santan
  • 20 gram kismis

Alat untuk Membuat Kue Lumpur

  • Cetakan kue lumpur
  • Kocokan atau mixer
  • Mesin penghalus makanan atau blender
  • Panci
  • Talenan
  • Pisau
  • Sendok dan garpu
  • Beberapa buah baskom atau wadah

Cara Membuat Kue Lumpur

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan semua alat dan bahan yang sudah disebutkan. Pastikan takaran setiap bahan yang sudah disiapkan sudah tepat agar kamu lebih mudah untuk mengolahnya.
  2. Jika semua sudah siap, bahan pertama yang akan kamu olah adalah kentang. Bersihkan kulit kentang dari kotoran yang masih menempel. Lalu kupas kulit kentang dengan menggunakan pisau atau alat pengupas lainnya. Bila kentang sudah bersih dari kulitnya, potong kentang di atas talenan dengan menggunakan pisau.
  3. Selanjutnya rebus air di dalam panci, lalu masukkan kentang yang sudah dipotong-potong ke dalamnya. Tunggu beberapa saat hingga kentang melunak. Tahap ini dilakukan agar kentang lebih mudah dihaluskan dengan menggunakan blender.
  4. Kentang yang sudah lunak kemudian dimasukkan ke dalam blender. Pastikan kentang sudah halus secara merata dan periksa teksturnya. Usahakan tekstur kentang berubah menjadi lebih lengket. Setelah itu, kentang yang sudah halus dimasukkan ke dalam wadah untuk disisihkan sementara.
  5. Lanjut ke tahap mengolah adonan. Rebus 50 gram margarin ke dalam panci yang sudah dipanaskan dengan api sedang.
  6. Masukkan ¼ sendok teh garam ke dalam margarin yang sedang direbus, kemudian aduk hingga merata.
  7. Apabila campuran margarin dan garam sudah mencair, tambahkan 150 gram tepung terigu. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata, lalu sisihkan sementara.
  8. Bahan olahan margarin, garam, dan tepung terigu kemudian dicampurkan dengan olahan kentang yang sudah halus.
  9. Masukkan 125 gram gula pasir dan 350 ml santan ke dalam dua adonan yang sudah dicampur. Kamu juga bisa menambahkan vanili bubuk sebagai bahan opsional. Aduk semua adonan bahan hingga merata.
  10. Siapkan 4 butir telur, masukkan telur satu per satu ke dalam adonan yang sudah tercampur. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  11. Selanjutnya masuk ke tahap mencetak kue. Panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi dengan margarin di atas api kecil. Margarin digunakan agar adonan lebih mudah dikeluarkan dari cetakan bila sudah matang.
  12. Tuang adonan kue lumpur ke dalam cetakan. Pelan-pelan saja, GenK, jangan sampai adonan kamu tumpah.
  13. Letakkan kismis di atas adonan agar mempercantik tampilan kue lumpur.
  14. Panggang adonan dengan api kecil sampai matang dengan tanda warna yang berubah menjadi kecoklatan.
  15. Kue lumpur siap dihidangkan!

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

4 Resep Kue Kering Mudah dan Enak

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

5 Resep Minuman Buka Puasa Praktis

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>