5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
resep masakan jepang

Makanan apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu saat mendengar kuliner Jepang? Ramen? Takoyaki? Sushi? Wah, banyak banget dong yah. Nah, kalau kamu pecinta makanan, kamu bisa membuat sendiri nih, dengan resep masakan Jepang yang praktis dari kami. Yuk disimak!

Jepang memiliki banyak hal yang menarik, GenK. Mulai dari budaya, kebiasaan, kesenian, hingga kulinernya.

resep masakan jepang 1

Berbagai macam kuliner khas Jepang (sumber: portugalinews.eu)

Kuliner khas Jepang memang terkenal karena cita rasanya dan berbagai bentuknya yang unik. Jika kamu pecinta seafood, kamu pasti akan suka dengan banyak olahan dari Negeri Matahari terbit ini.

Berbagai olahan khas Jepang yang lezat ternyata dapat dengan mudah kamu buat sendiri loh. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi ke restoran, GenK. Siapa pun bisa membuatnya, termasuk anak kos. Ini dia resep masakan Jepang yang praktis untuk kamu coba.

Resep Membuat Sushi

resep masakan jepang 2

Sushi (sumber: ennri.com)

Siapa yang tidak kenal dengan sushi?

Makanan khas Jepang ini memang sudah sangat mendunia. Hampir di setiap belahan dunia, kamu bisa menemukan sushi di restoran-restoran yang menyediakan makanan Jepang, atau makanan khas dari Asia.

Sushi sendiri merupakan jenis makanan berbahan dasar nasi yang telah dimasak menggunakan cuka khusus sushi.

Nasi tersebut kemudian dipadukan dengan berbagai bahan lainnya nih, GenK, biasanya berupa seafood seperti ikan, udang, gurita dan lainnya.  Ada juga yang menggunakan sayur-sayuran seperti mentimun atau alpukat.

Jenis-jenis sushi pun ada beragam, GenK.

Sushi yang paling sering kamu temui adalah jenis norimaki, yaitu sushi dengan isian seperti ikan maupun sayuran yang digulung menggunakan nori atau lembaran rumput laut khas Jepang.

Ada juga jenis lainnya seperti nigiri, yaitu nasi yang dikepal kecil-kecil dengan irisan macam-macam olahan seafood.

Jenis lainnya yang kamu sering temui di restoran sushi adalah inari yang menggunakan tahu, gunkan dengan bentuk mangkuk kecil dengan topping telur ikan, atau temaki yang berbentuk kerucut.

Kalau kamu sedang tidak punya uang untuk makan sushi di restoran, mending kamu coba buat sendiri nih dengan resep masakan Jepang sederhana dari kami. 

Alat-Alat:

  • Plastic wrap
  • Pisau
  • Rice cooker
  • Sendok

Bahan-Bahan:

Bahan untuk nasi sushi:

  • 200 gram beras Jepang
  • 250 mililiter air
  • 1 sendok makan cuka beras atau cuka apel
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam

Bahan untuk sushi

  • 6 lembar nori
  • Isian pilihanmu (irisan ikan, alpukat, mentimun, atau udang)

Bahan pelengkap:

  • Wasabi
  • Kecap

Cara membuat:

  1. Untuk nasi sushi, masak beras Jepang yang telah dicuci bersih dengan menggunakan rice cooker hingga matang. Tips: beras Jepang dapat diganti dengan mencampurkan 150 gram beras biasa dan 50 gram beras ketan.
  2. Setelah nasi matang, keluarkan nasi dan aduk-aduk hingga uapnya menghilang. Tuangkan 1 sendok makan cuka beras, 1 sendok teh gula, dan sendok teh garam lalu aduk hingga tercampur. Nasi sushi siap digunakan.
  3. Persiapkan plastic wrap lalu letakan 1 lembar nori di atasnya.
  4. Ambil nasi sushi secukupnya lalu ratakan di atas nori.
  5. Letakan isian yang kamu sukai di bagian ujung nori secara melintang. Jika kamu akan menggunakan lebih dari satu isian, makan tumpuklah isian tersebut pada bagian ujung nori.
  6. Gulunglah nori dari bagian ujung dengan perlahan dan pastikan kamu memberikan sedikit tekanan agar gulungan tersebut dapat lebih padat dan tidak mudah berserakan.
  7. Potonglah sushi menggunakan pisau sesuai keinginanmu.
  8. Sushi pun siap disajikan dengan menggunakan wasabi atau kecap
  9. Voila! Waktunya makan, GenK!
Baca Juga   Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Resep Membuat Ramen

resep masakan jepang 3

Ramen (sumber: delish.com)

Kalau masakan yang satu pasti pada kenal dong. Menu mi khas dari Asia ini juga terkenal banget nih, GenK. Tidak hanya di Jepang, kamu bisa menemukan makanan sejenis di beberapa negara lain seperti Cina dan Korea.

Ramen merupakan olahan mi yang memiliki cukup banyak variasi. Baik dari variasi bentuk dan jenis mi yang digunakan, kuah, topping, hingga cara penyajiannya.

Jika kamu adalah penggemar setia anime Naruto, kamu pasti tahu dong kalau ramen adalah makanan favorit tokoh berambut kuning tersebut.

Nama Naruto itu sendiri diambil dari nama salah satu jenis topping ramen yang terbuat dari olahan ikan yang memiliki bentuk spiral khas berwarna merah atau merah muda. Persis seperti logo klan Uzumaki.

Sekarang kamu gak usah bingung lagi kalau pengin nyobain ramen ala Naruto. Kamu bisa bikin sendiri dengan resep di bawah ini:

 Alat-Alat:

  • Panci
  • Sendok
  • Pisau
  • Gunting

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus mi ramen instan
  • 1 butir telur yang sudah direbus
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 1 buah sosis
  • 1 lembar nori

Bahan-bahan pelengkap:

  • Seledri
  • Daun bawang
  • Cabai bubuk

Cara membuat:

  1. Masak mi ramen instan sesuai petunjuk penyajian. Tips: Gunakanlah mi instan ramen yang memiliki tekstur mi yang lebih tebal.
  2. Saat mi masih dalam proses dimasak, campurkan 1 sendok teh tepung maizena dengan sedikit air hingga mencair lalu masukan pada mi. Campuran tepung maizena akan membuat kuah mi menjadi lebih kental.
  3. Potong 1 buah sosis sesuai keinginan lalu sisihkan.
  4. Gunting 1 lembar nori sesuai keinginan lalu sisihkan.
  5. Sajikan mi yang telah matang dengan potongan sosis dan nori yang telah disiapkan.
  6. Kamu juga bisa menambahkan potongan seledri dan daun bawang untuk rasa yang lebih kuat.
  7. Taburkan cabai bubuk bagi kamu yang suka rasa pedas.
  8. Selamat menikmati ramen ala kamu!
Baca Juga   5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Resep Membuat Onigiri

resep masakan jepang 4

Onigiri (sumber: foodnetwork.com)

Satu lagi nih, GenK, makanan khas Jepang yang berbahan dasar nasi selain sushi.

Hayo, ada yang tahu?

Bentuknya ada yang seperti bola, segitiga, atau silinder dan ada nori-nya juga nih mirip seperti sushi.

Apakah itu?

Itu adalah onigiri, GenK.

Makanan Jepang yang satu ini memang sering disamakan dengan sushi karena dua-duanya yang berasal dari bahan dasar nasi.

Tapi jangan salah nih, meskipun sama-sama menggunakan nasi, kedua makanan ini ternyata beda loh!

Perbedaan tersebut terletak pada nasi digunakan pada onigiri adalah nasi biasa. Sementara sushi menggunakan nasi khusus yang dimasak menggunakan cuka dan diberikan perasa.

Onigiri sendiri adalah salah satu makanan favorit keluarga di Jepang yang biasa dijadikan bekal untuk anak-anak yang bersekolah maupun untuk ke kantor.

Kalau sushi dibuat dengan cara digulung, onigiri agak berbeda nih. Bedanya dimana tuh?

Bedanya bisa kamu cari tahu lewat resep masakan Jepang yang satu ini, GenK!

Bahan-Bahan:

  • 200 gram nasi
  • Garam secukupnya
  • Isian pilihanmu (ayam cincang, tuna, abon) yang telah masak dan siap pakai
  • 1 lembar nori

Cara membuat:

  1. Sebelum membuat onigiri, cucilah kedua tanganmu bersih yah, GenK!
  2. Lumuri tanganmu dengan sedikit garam agar onigiri dapat mudah menempel dan juga untuk memberi rasa pada onigiri-nya.
  3. Ambilah nasi secukupnya lalu bentuk menjadi segitiga atau seperti bola. Tips: Gunakanlah nasi yang masih hangat untuk membuat onigiri agar lebih mudah dalam proses pembentukannya.
  4. Masukan sedikit isian pilihanmu ke dalam bagian tengah dari onigiri lalu tutuplah dengan menggunakan nasi.
  5. Gunakan nori yang telah digunting kecil-kecil sebagai pembungkus onigiri.
  6. Selamat bersantap onigiri!

Resep Membuat Okonomiyaki

resep masakan jepang 5

Okonomiyaki (sumber: whereismyspoon.co)

Untuk menu berikutnya, kita ada okonomiyaki untuk kamu yang suka masakan yang digoreng nih.

Eits, ini bukan gorengan loh yah.

Panganan Jepang yang satu ini menjadi salah makanan yang paling digemari karena cara membuatnya yang gampang dan praktis, GenK.

Okonomiyaki dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa sayur kol yang dicampur dengan telur dan bahan-bahan isian lainnya seperti cumi-cumi, wasabi, daging, bahkan ada yang menggunakan keju juga loh.

Makanan bisa kamu temukan dalam berbagai rasa dan varian yang berbeda di berbagai wilayah di Jepang. Okonomiyaki yang paling populer salah satunya adalah varian khas Osaka nih, GenK.

Sekilas makanan yang satu ini bentuknya memang mirip dengan pancake yah, GenK. Tapi bedanya adalah pancake yang satu ini rasanya asin. Jadi okonomiyaki sering dibilang pancake khas Jepang.

Kalau kamu penasaran gimana cara membuat pancake khas Negeri Sakura ini, kami sudah siapkan resep masakan Jepang sederhana untuk kamu coba. Yuk disimak!

Alat-Alat:

  • Wajan
  • Spatula besi
  • Mangkuk
  • Sendok

Bahan-Bahan:

  • 200 gram kol
  • Daun bawang sesuai selera
  • 1 butir telur
  • 120 gram tepung terigu
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • 175 mililiter air
  • ½ sendok teh kecap manis
  • Isian berupa daging, udang, atau cumi-cumi sesuai pilihan

Bahan pelengkap:

  • Saus mayones

Cara membuat:

    1. Masukan kol, tepung, air, daun bawang, kecap, telur dan isian ke dalam mangkuk  lalu campur hingga merata.
    2. Panaskan wajan goreng dengan api sedang dan tuangkan sedikit minyak.
    3. Tuangkan adonan okonomiyaki tadi ke atas wajan hingga ketebalan sekitar 2 cm. Pastikan kedua sisi okonomiyaki telah masak dengan sempurna hingga berwarna emas kecoklatan sebelum kamu membaliknya.
    4. Sajikan selagi panas dan tuangkan sedikit mayones di atasnya.
    5. Nyum nyum! Langsung disikat, GenK.
Baca Juga   Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Resep Membuat Tamagoyaki

resep masakan jepang 6

Tamagoyaki (sumber: sooperchef.pk)

Nah, menu yang satu ini sepertinya bakalan cukup familiar nih dengan kamu, GenK. Tamagoyaki merupakan olahan masakan Jepang yang berbahan dasar telur.

Tamago sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti telur. Jadi olahan yang satu ini bisa dibilang adalah telur gulung dadar gulung khas Negeri Sakura.

Tapi jangan salah loh, telur dadar khas Jepang ini memiliki sedikit perbedaan dengan telur dadar yang sering kita makan nih.

Jadi, perbedaan utama yang menjadikan makanan Jepang satu ini berbeda adalah cara memasaknya.

Tamagoyaki dimasak dengan menggunakan cukup banyak campuran telur yang digoreng dan digulung hingga berlapis-lapis.

Hasilnya adalah telur gulung super tebal dan berbentuk seperti rolade, GenK.

Makanan ini juga cukup mudah cara pembuatannya dan sering menjadi pilihan untuk bekal di Jepang bersama dengan onigiri.

Jadi biar semakin lengkap nih resep masakan sederhana ala Jepang-nya, kamu bisa langsung lihat cara membuat tamagoyaki di bawah ini:

Alat-Alat:

  • Spatula besi
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Panci
  • Pisau

Bahan-Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah sosis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

    1. Potong sosis dan wortel menjadi bentuk dadu kecil.
    2. Iris tipis daun bawang.
    3. Kocok lepas 5 butir telur lalu masukan potongan sosis, telur dan daun bawang. Campurkan seluruh bahan hingga merata.
    4. Panaskan wajan dengan api sedang lalu berikan sedikit minyak goreng.
    5. Tuang 1 sendok adonan tamagoyaki ke atas panci. Biarkan hingga matang lalu gulung dan sisihkan ke bagian pinggir wajan. Tips: Bagian pertama tamagoyaki tidaklah harus rapi dan tergulung dengan sempurna karena masih ada beberapa lapisan lainnya yang digulung di atasnya.
    6. Tuangkan 1 sendok adonan lagi ke atas panci lalu tunggu hingga matang. Lalu kemudian sisihkan.
    7. Ulangi langkah di atas selama beberapa kali hingga seluruh adonan telur telah habis.
    8. Gulung adonan yang telah matang mulai dari yang pertama hingga tebal dan berlapis. Pastikan saat menggulung tamagoyaki, semua lapisan adonan yang telah patang tergulung dengan sempurna. Usahakan jangan sampai ada adonan yang masih tersisa di wajan.
    9. Angkat dan potonglah tamagoyaki sesuai selera kamu.
    10. Hidangkan tamagoyaki selagi hangat.
    11. Itadakimasu!


Itu dia, GenK, resep masakan Jepang praktis yang bisa kamu praktikan sendiri. Selamat mencoba ya!

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya