4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
resep minuman segar

Rasa santan yang gurih dan cenderung manis memang cocok banget untuk hidangan pencuci mulut. Salah satunya minuman. Berikut 5 resep minuman segar dari santan anti-ribet. Yuk cobain!

Makanan dengan bahan dasar santan memang selalu berhasil mencuri hati masyarakat Indonesia. Mulai dari makanan berat sampai dessert pun ada yang terbuat dari olahan santan. Minuman segar yang kerap kamu temukan baik di pinggir jalan, pasar, sampai mall besar banyak yang berasal dari santan loh.

Adakah makanan favoritmu yang terbuat dari olahan santan?

Secara garis besar, santan adalah cairan berwarna putih yang dihasilkan dari perasan air parutan kelapa. Minyak yang terkandung di dalam santan mampu menghasilkan rasa gurih yang nendang di lidah. Wah jadi ngiler kan…

Daripada ngiler doang, mending cobain nih 5 resep minuman segar dari santan yang anti-ribet. Penasaran? Yuk simak!

Es Kopi Santan

resep minuman segar 1

Contoh es kopi santan (sumber: herworld.co.id)

Santan dicampur sama kopi? Kok bisa?

Rasa pahit kopi yang kemudian diberi campuran santan dan gula akan terasa manis dan gurih. Rasa inilah yang membuat penikmat es kopi santan ketagihan. Kalau bosan dengan hidangan kopi yang gitu-gitu saja, coba deh tambahin santan untuk merasakan sensasi yang berbeda.

Tidak usah bingung, karena kami akan membagikan resep es kopi santan khusus buat kamu, GenK.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus kopi instan
  • 1 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sdm santan kental
  • 100 ml air panas
  • 50 ml air matang
  • Es batu

Alat-alat:

  • Gelas saji
  • Sendok

Cara membuat es kopi santan:

  1. Sebelum masuk ke step pertama, siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat es kopi santan.
  2. Seduh 1 bungkus kopi instan dengan 100 ml air panas di dalam gelas saji. Pastikan air tidak terlalu banyak, karena nantinya akan diberi es batu.
  3. Tuang kurang lebih 1 sdm santan kental. Banyaknya santan bisa disesuaikan dengan selera. Namun jangan terlalu banyak supaya tidak menutup rasa kopi.
  4. Tambahkan 1 sdm gula pasir atau sesuai selera ke dalam gelas saji. Aduk sampai larut dengan bahan lainnya. Diamkan sebentar sampai uap panas menghilang. Supaya lebih cepat, masukkan ke dalam kulkas.
  5. Kalau sudah, tambahkan 50 ml air bersih biasa ke dalam gelas saji.
  6. Beri es batu supaya dapat dinikmati dalam keadaan dingin.
  7. Es kopi santan siap disajikan.

Es Kacang Merah

resep minuman segar 2

Contoh es kacang merah (sumber: inibaru.id)

Kacang merah dapat kamu temukan di berbagai menu makanan, salah satunya salad. Selain makanan, kacang ini juga bisa dijadikan sebagai bahan utama minuman segar loh. Pernah mencicipi es kacang merah? Enak banget kan?

Minuman es kacang merah adalah salah satu hidangan yang sering kamu temukan di berbagai tempat makan dan restoran. Tekstur kacang merah yang lembut dan empuk, dikombinasikan dengan rasa manis dari campuran bahan lainnya, memang bikin ngiler, GenK.

Di dalam artikel kali ini kami akan membagikan resep es kacang merah dengan olahan santan. Duh kebayang banget kan rasanya? Yuk simak langkah-langkah pembuatannya!

Bahan-bahan:

Untuk bahan utama

  • 1 cup kacang merah kering
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 balok kecil gula merah
  • ¼ garam
  • 3 ruas jari kayu manis
  • 500 ml air

Untuk saus santan

  • 250 ml santan
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air terlebih dahulu
  • ¼ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Untuk bahan pelengkap

  • Susu kental manis
  • Sirup merah
  • Es batu atau es serut

Alat-alat:

  • Wadah
  • Panci
  • Sendok sayur
  • Sendok makan
  • Gelas saji

Cara membuat es kacang merah:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kacang merah.
  2. Rendam semalaman 1 cup kacang merah di dalam wadah, supaya teksturnya mengembang.
  3. Tiriskan dan cuci sampai bersih kacang merah yang sudah direndam.
  4. Masak kacang merah dengan tambahan 3 ruas kayu manis di dalam panci. Masak sampai daging kacang lunak dan empuk.
  5. Masukkan 1 sdm gula pasir, 1 balok kecil gula merah, dan ¼ garam ke dalam panci. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dan kuahnya mengental.
  6. Tuang tepung maizena yang sudah dilarutkan ke dalam panci. Aduk rata lagi sampai semuanya tercampur sempurna. Kalau sudah, matikan kompor dan sisihkan sampai uap panas hilang.
  7. Sekarang saatnya membuat saus santan. Campurkan 250 ml santan, ¼ sdt garam, dan 2 lembar daun pandan ke dalam panci bersih. Masak dengan api kecil sambil diaduk rata. Setelah itu matikan kompor dan dinginkan.
  8. Siapkan gelas saji, masukkan 2 sdm kacang merah ke dalamnya. Lalu beri saus santan, es batu atau es serut, sirup merah, dan susu kental manis sesuai selera.
  9. Es kacang merah siap disajikan selagi dingin, GenK.

Es Cincau Santan Susu

resep minuman segar 3

Contoh es cincau santan susu (sumber: arwini.com)

Cincau adalah agar-agar yang dibuat dari perendaman daun tumbuhan tertentu di dalam air. Nama cincau sendiri diambil dari nama tumbuhan yang menjadi bahan utama pembuatan agar-agar ini.

Umumnya cincau banyak digunakan sebagai bahan minuman penyegar, karena ada efek sejuk yang diberikan.

Kalau kamu tertarik membuat minuman santan ini, yuk simak resep es cincau santan susu yang super simpel berikut ini.  

Baca Juga   Mengulik Sejarah Rendang di Balik Kelezatannya

Bahan-bahan:

  • Cincau
  • Jeli
  • Selasih
  • 1 sachet susu kental manis
  • 4 balok gula merah
  • 1 bungkus santan instan
  • Sirup cocopandan
  • 1 lembar daun pandan

  Alat-alat:

  • Gelas saji
  • Pisau
  • Sendok sayur
  • Sendok

  Cara membuat es cincau santan susu:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat es cincau santan susu.
  2. Potong dadu cincau dan jeli. Untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera.
  3. Rebus 4 potong gula merah sampai mendidih. Gunakan panci dan masak dengan api kecil.
  4. Masukkan 1 lembar daun pandan ke dalamnya untuk memberi aroma wangi. Kalau sudah, matikan kompor dan sisihkan.
  5. Segera siapkan gelas saji. Masukkan potongan cincau, jeli, dan selasih. Kemudian tuang santan, susu kental manis, dan sirup ke dalamnya. Aduk sampai semua tercampur rata.
  6. Es cincau santan susu siap disajikan.

Es Selendang Mayang

resep minuman segar 4

Contoh es selendang mayang (sumber: cookpad.com)

Es selendang mayang adalah salah satu jenis minuman khas Indonesia. Rasanya yang manis dengan tampilan warna-warni adalah kelebihannya, GenK. Minuman ini juga termasuk minuman buka puasa yang disukai di negara kita.

Daripada beli, mending cobain resep es selendang mayang yang bakal kami bagikan buat kamu. Alat dan bahan serta cara pembuatannya yang simpel bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Yuk simak!  

Baca Juga   Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Bahan-bahan:

Untuk selendang mayang

  • 100 gram tepung hunkwe
  • 100 gram tepung sagu tani
  • 1 liter air

Untuk saus gula

  • 200 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan

  Untuk kuah santan

  • 500 ml santan
  • 1 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

  Untuk bahan pelengkap

  • Pewarna makanan hijau
  • Pewarna makanan merah
  • Es batu

Cara membuat es selendang mayang:

  1. Pertama-tama siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman segar es selendang mayang.
  2. Siapkan loyang yang permukaannya sudah dilapisi dengan plastik. Kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Campurkan 100 gram tepung hunkwe, 100 gram tepung sagu tani, dan 1 liter air ke dalam wadah. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, pisahkan di dalam wadah. Masing-masing adonan diberi warna yang berbeda-beda. Adonan satu diberi warna hijau, adonan dua diberi warna merah, dan adonan ketiga dibiarkan warna putih asli dari tepung.
  5. Masak adonan warna putih di dalam panci dengan api kecil. Aduk terus hingga merata dan warnanya jadi bening. Kalau sudah meletup-letup, matikan api.
  6. Masukkan adonan putih ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik. Ratakan bagian atasnya dengan sendok. Lakukan step 5 dan 6 untuk menyelesaikan adonan merah dan hijau. Lalu sisihkan sebentar sampai adonan mengeras.
  7. Masak 200 gram gula merah, 200 ml air, dan 1 lembar daun pandan di panci bersih. Rebus sampai gula larut dengan sempurna. Kalau sudah selesai langsung matikan kompor, angkat, dan sisihkan.
  8. Kemudian masak 500 ml santan, 1 sdt garam, dan 1 lembar daun pandan di panci bersih. Masak sambil diaduk perlahan sampai semua bahan mendidih. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  9. Keluarkan selendang mayang yang sudah dicetak di loyang. Potong kotak-kotak dengan ukuran sesuai selera.
  10. Siapkan gelas saji, tata selendang mayang di dalam gelas, kemudian tuang kuah santan dan saus gula. Beri es batu untuk menyantapnya dalam keadaan dingin.
  11. Es selendang mayang siap disajikan.


Itu dia 4 resep minuman segar dari santan yang gak repot untuk dibuat. Kalau kamu suka minuman yang mana, GenK?

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya