Belajar Table Manner Yuk! – Part 2. Saat Makan

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
table manner saat makan

Undangan jamuan makan bisa datang kapan saja. Tentunya kamu harus siap dong dengan pakaian terbaik dan hadiah yang menarik. Tapi, bagaimana dengan table manner saat makan? Coba simak 5 aturan table manner saat makan berikut, GenK. 

Setelah sebelumnya kami sudah membahas mengenai aturan table manner yang perlu kamu ketahui sebelum makan, sekarang waktunya kamu tahu aturan saat  yang harus kamu ikuti saat proses bersantap dimulai. Yuk dibaca, GenK!

1. Etiket Duduk yang Sopan 

table manner dua 1

Postur tubuh yang baik (sumber: gentlemansgazette.com)

Saat menghadiri sebuah jamuan makan, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah posisi tempat dudukmu. Khususnya apabila acaranya diadakan di restoran. Ketika kamu tiba, seorang pelayan atau usher biasanya akan membantu menunjukan letak meja dan kursimu. 

Pada beberapa acara, kamu juga dapat mengetahui posisi meja dan kursi dari papan nama yang sudah diletakan meja. Duduklah dengan menarik kursi secara perlahan dan doronglah agar merapat ke meja. Jangan meletakan kedua siku di atas meja. 

Pastikan kamu duduk dengan postur yang tegak, kaki yang tegap (tidak menyilang), dan tidak bersandar ke kursi. Pada awalnya kamu mungkin akan merasa tidak nyaman, tapi lama-kelamaan kamu akan menjadi terbiasa. 

Setelah sang tuan rumah telah memberikan tanda dimulainya jamuan makan dengan membuka serbet, kamu dapat langsung mengikutinya dengan melakukan hal yang sama, GenK. 

Baca Juga   5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

2. Mengenal Berbagai Jenis Menu Makanan 

table manner dua 2

Full course meal (sumber: yadosys.com)

Pada acara formal maupun informal, makanan yang disajikan pada jamuan makan biasanya dibagi dalam tiga bagian, yaitu menu pembuka atau appetizer, menu utama atau main course, dan diakhir dengan menu penutup atau dessert

Appetizer disajikan pertama kali untuk persiapan sebelum makanan yang lebih berat di menu main course. Roti dan sup merupakan dua jenis panganan yang biasa dihidangkan di meja sebagai menu pembuka. 

Main course adalah bagian yang biasanya paling ditunggu nih dalam sebuah jamuan makan. Hidangan utama berupa daging, ikan, maupun olahan lainnya dapat kamu santap pada bagian ini.

Dessert merupakan menu terakhir yang disajikan pada sebuah jamuan makan. Kamu dapat menikmati berbagai camilan dan panganan manis seperti kue, puding, hingga buah sebagai hidangan pencuci mulut. 

Baca Juga   4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

3. Mengambil Makanan dan Minuman 

table manner dua 3

Ilustrasi mengambil makanan (sumber: gentlemansgazette.com)

Sudah lapar melihat makanan yang tersaji? Tenang, sekarang waktunya kita makan, GenK. Ingatlah aturan penggunaan alat makan, mulailah dari peralatan yang berada paling jauh dari piring sampai ke yang terdekat. 

Jika kamu bersantap di restoran, maka kamu tak perlu khawatir tentang proses mengambil makanan. Pelayan akan membantumu menghidangkan makanan tepat di depanmu. 

Apabila makanan sudah tersaji dari awal, maka ambilah yang berada paling dekat denganmu, atau mintalah bantuan orang yang lebih dekat dengan makanan yang kamu inginkan. Jangan memaksakan diri dengan menjulurkan tangan untuk mengambil makanan yang berada jauh darimu. 

Ambilah makanan dalam porsi yang sedikit untuk mengantisipasi rasa yang mungkin tidak sesuai dengan lidahmu. Jika kamu ingin menambahkan garam atau merica, lakukanlah setelah kamu telah mencoba makanan tersebut. 

Untuk minuman, gelas air yang berada di depanmu biasanya sudah terisi dan siap untuk kamu minum. Jika kamu ingin menambah air, cukup angkat tanganmu dan mintalah kepada pelayan untuk mengisi gelasmu. 

4. Bersantap dengan Elegan

table manner dua 4

Cara memegang garpu dan pisau (sumber: etiquettescholar.com)

Saat bersantap telah tiba, perhatikan cara penggunaan alat makan yang benar. Setelah sebelumnya kami sudah menjelaskan macam-macam alat makan beserta fungsinya, sekarang waktunya untuk praktik, GenK. 

Gunakan sendok makan di tangan kiri dan pisau di tangan kanan saat menyantap menu utama. Genggamlah garpu menghadap ke bawah dan peganglah pisau dengan jari telunjuk di atas punggung pisau untuk mempermudah proses pemotongan makanan. 

Pakailah garpu untuk menusuk dan menahan makanan, lalu potonglah dengan menggunakan pisau pada bagian belakang garpu secara perlahan. Usahakan untuk tidak membuat bunyi dengan menggesek peralatan makan terlalu kuat. 

Untuk urusan minuman, perhatikanlah bentuk gelas. Khusus gelas berkaki, angkat gelas dengan memegang pada bagian kakinya dan bukan di badan. Lalu untuk gelas biasa, peganglah pada bagian bawahnya, GenK. 

Kunyahlah makananmu secara perlahan dan tanpa bersuara. Usahakan untuk tidak berbicara saat masih ada makanan di dalam mulut. Jika merasa akan batuk, gunakan serbet untuk menutup mulutmu. 

Baca Juga   Kafe Instagramable yang Harus Kalian Kunjungi di Semarang

5. Mengakhiri Makan 

table manner dua 5

Ilustrasi peletakan alat makan (sumber: etiquettescholar.com)

Setelah semua hidangan telah selesai disantap, waktunya untuk mengakhiri jamuan makan, GenK. Pada bagian ini, kamu mesti memperhatikan beberapa etiket untuk menutup proses bersantapmu. 

Kita mulai dari penggunaan serbet. Gunakan serbet untuk mengelap mulutmu saat selesai makan dengan melipatnya menggunakan jari telunjuk dan jempol. Lalu bersihkanlah sisa makanan yang mungkin menempel dengan mengelap secara perlahan dimulai dari ujung bibir hingga bersih. 

Letakanlah serbet di atas kursi saat kamu ingin pergi meninggalkan meja sebentar. Lalu lipatlah serbet dan taruh di samping piring ketika kamu telah menyelesaikan makan. 

Nah, bagian berikutnya yang tak kalah penting adalah peletakan alat makan. Jika kamu ingin beristirahat sebentar, letakanlah garpu dan pisau dekat bagian tengah piring dengan sedikit menyudut dan kedua ujung membentuk huruf V. Pastikan garpunya menghadap ke bawah yah. 

Sementara jika kamu telah selesai bersantap, letakanlah garpu (menghadap ke atas) di samping pisau secara diagonal ke arah jam empat tepat di tengah piring. Pisau harus berada di sisi kanan garpu yah

Setelah kamu habis makan, jangan langsung pergi meninggalkan meja. Tunggulah hingga semua tamu selesai dengan santapan mereka masing-masing.


Menyantap makanan dengan table manner akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda, GenK. Pahami aturannya, tunggu undangannya, dan praktikan etikanya. 

Polling 

 

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya