Ini Dia Aturan Table Manner – Part 1. Sebelum Makan

Dibaca Normal: 5 menit aja
table manner sebelum makan

Pengetahuan tentang tata cara dan etika makan yang baik sangat penting untuk kita pahami. Karena itulah, berikut ini kami sajikan hal penting mengenai table manner sebelum makan yang harus kamu ketahui! Etika makan yang baik dan benar atau sering disebut dengan istilah table manner merupakan salah satu kemampuan yang tak ada salahnya untuk kita pelajari. Dengan memahami aturan table manner yang baik, kamu dapat terhindar dari situasi-situasi yang kurang menyenangkan.

Misalnya ketika kamu mendapat undangan untuk menghadiri sebuah jamuan makan malam dengan para petinggi kantormu di sebuah restoran. Kamu datang tanpa persiapan apa-apa dan nihil pengetahuan tentang  table manner. Akhirnya semua mata yang hadir di jamuan makan jadi tertuju padamu. Wah, tentu mau kan jika hal itu sampai terjadi. Untuk itulah, pada artikel ini, kami akan menyajikan beberapa hal esensial yang mesti kamu ketahui sebelum menghadiri sebuah jamuan makan. Mari disimak dengan seksama!  

1. Dress Code yang Tepat 

table manner 1

Contoh dress code (sumber: omnihotels.com)

Hal pertama yang harus kamu patuhi sebelum menghadiri sebuah undangan makan adalah urusan dress code. Pakaian yang nantinya kamu gunakan saat bertandang ke tempat makan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Bahkan sebelum kamu duduk di kursi restoran, impresi awal yang akan ditangkap terlebih dahulu adalah dari apa yang melekat di badanmu. Sudah pantas dan sesuaikah dengan tema acara, atau malah salah kostum.  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Lihatlah isi undangan yang kamu terima, apakah berupa acara jamuan makan formal atau sekadar pesta biasa. Untuk acara yang bersifat formal, sang pemilik jamuan biasanya sudah mencantumkan dress code di dalam isi undangan. 

Setelan jas klasik untuk pria dan gaun anggun yang elegan untuk wanita biasa menjadi dress code yang dipilih untuk acara formal. Ingat, “Dress to impress”. Berikan penampilan terbaikmu untuk impresi yang baik di hadapan para undangan lainnya. Asal jangan terlalu berlebihan yah!

2. Datang Tepat Waktu 

table manner 2

Ilustrasi waktu (sumber: pexels.com)

Setelah menerima undangan, biasanya kamu juga perlu mengonfirmasi kehadiranmu kepada sang pemilik acara. Informasi ini biasa tercantum pada bagian bawah surat dengan tulisan RSVP (répondez s’il vous plaît), yang berarti mohon dibalas bersama dengan nomor tujuan. 

Membawakan hadiah kecil berupa coklat atau makanan ringan ke acara juga menjadi etiket baik yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menanyakan makanan atau minuman kesukaan sang pemilik acara untuk referensi hadiah yang cocok. Pas hari H, pastikan untuk hadir tepat waktu ke tempat yang sudah ditentukan. Jika kamu punya urusan mendadak, jangan lupa untuk memberitahukan kepada pengundang agar mereka tahu kondisimu dan tidak perlu sampai menunggu kehadiranmu. 

Baca Juga
Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Kuliner

5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Kuliner

10 Makanan Khas Indonesia yang Populer

Kuliner

Inkigayo Sandwich: Sandwich Favorit di Kalangan Idol K-Pop

Kuliner

4 Resep Minuman Kekinian ala Anak Kosan Murah Meriah

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>