7 Tips Food Plating Ini Bikin Tampilan Hidangan Lebih Menarik

Dibaca Normal: 4 menit aja
tips food plating

Sebelum kamu menghidangkan makanan, ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu food plating atau penataan makanan. Ibarat melukis di atas piring, kamu bisa meningkatkan kesan estetika makanan lewat food plating. Mungkin kamu akan bertanya-tanya kenapa makanan harus ditata dan dihias terlebih dahulu. Padahal bisa saja langsung disantap tanpa perlu mempertimbangkan tampilannya. 

Namun, di balik prosesnya yang rumit ternyata food plating punya manfaat untuk perusahaan, koki, dan pelanggan. Berikut kami bagikan tips food plating supaya hidangan yang kamu buat semakin terlihat menarik layaknya chef profesional. Yuk kita simak sama-sama dari tips pertama!

1. Pilih Jenis Piring

Tips Food Plating

Jenis-jenis piring (sumber: pexels.com)

Pemilihan bentuk dan motif yang tercetak di piring menjadi salah satu faktor bagus atau tidaknya plating yang kamu buat. Ada banyak bentuk piring yang bisa menjadi pilihanmu, seperti bentuk bulat, kotak, daun, bunga, dan masih banyak lagi. Selain bentuk, kamu juga bisa mengkreasikan hidangan dengan warna piring. Oh iya, kamu juga harus tahu apa saja jenis-jenis piring, karena setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda pula. Contohnya dinner plate, dessert plate, appetizer plate, dan lain sebagainya.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Menyediakan Ruang Kosong

Tips Food Plating

Menyisakan ruang kosong di piring saji (sumber: pexels.com)

Kalau di dalam desain sih, ibaratnya negative space. Nah, di dalam teknik food plating ternyata ruang kosong juga dibutuhkan. Ruang kosong di sini maksundnya adalah menyisakan ruang di piring supaya pas dengan hidangan. Untuk bentuk, ukuran, dan warna piring bisa kamu sesuaikan dengan hidangan buatanmu. Pastikan hidangan utama lebih menonjol dengan menghabiskan paling banyak ruang di atas piring. Inilah yang nantinya akan menarik perhatian konsumen.

3. Memberikan Garnish

Tips Food Plating

Contoh bahan untuk garnish (sumber: pexels.com)

Tips food plating yang berikutnya adalah dengan memilih garnish yang tepat. Secara pengertian, garnish adalah bahan makanan atau benda lain yang digunakan untuk menghias hidangan makanan atau minuman yang disajikan. Tidak hanya cantik, gunakan garnish yang memang memiliki manfaat dan alasan kenapa kamu memilih garnish tersebut. Pemilihan garnish juga akan memengaruhi daya tarik makanan. Sehingga kamu bisa menyampaikan kelezatan makanan lewat tampilannya.

Artikel Terkait
Kuliner

5 Cara Mengolah Telur untuk Tambahan Menu Makan

Kuliner

5 Makanan yang Baik Dimakan Saat Buka Puasa dan Sahur untuk Ibu Hamil

Kuliner

Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner

6 Topping Pizza Ini Bisa Mencerminkan Kepribadianmu Loh!

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Cara Membuat Salad Buah dengan Resep Nikmat dan Praktis

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>