Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

Dibaca Normal: 5 menit aja
tips membuat bucket list

Awal tahun baru saatnya mulai membuat bucket list yang baru juga. Susun rencana momen-momen terbaikmu selama satu tahun ke depan. Kalau kamu suka travelling, mulailah membuat susunan daftar tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Carilah tempat-tempat baru yang belum pernah kamu eksplor sebelumnya. Eits, tapi jangan wacana doang yah. Supaya semua rencanamu terwujudkan, di sini kami ingin membagikan tips membuat bucket list liburan khusus buat kamu.

Tips Membuat Bucket List Liburan

Apakah kamu sudah siap membuat bucket list? Ini dia tips membuat bucket list liburan supaya benar-benar dapat diwujudkan dan tidak jadi wacana doang. Yuk kita simak tipsnya!

1. Membuat Bucket List yang Realistis

Bucket list adalah hal-hal yang ingin dilakukan seseorang sebelum meninggal alias bersenang-senang selama dirinya hidup. Membuat bucket list tidak mesti diisi dengan sesuatu yang mewah dan mahal loh, karena hal-hal sederhana pun bisa dimasukan ke dalam daftarnya. Misalnya melihat matahari terbenam, pergi ke tempat menarik di sekitar rumah, atau membaca seri komik sampai tamat. Intinya, kamu ingin melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Memang sih tidak ada salahnya untuk bermimpi, tapi buatlah bucket list yang realistis supaya tidak jadi angan semata.

Karena ini adalah bucket list liburan, kamu harus bisa merencanakan secara matang tempat-tempat serta hal yang akan dilakukan secara realistis. Lihat dana yang kamu punya dan berapa lama waktu yang tersedia, mencoba tempat-tempat yang tidak terlalu jauh. Pikirkanlah secara terperinci hal yang paling mudah untuk bisa dilakukan.

2. Solo Travelling

Salah satu penyebab gagalnya liburan adalah karena tidak punya travel buddy atau teman saat travelling. Padahal tidak ada salahnya mencoba solo travelling loh. Dengan pergi sendirian, kamu tidak perlu menunggu persetujuan orang lain, dapat mengatur ke mana dan di mana saja tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi nantinya. Jika kamu takut pergi sendirian, carilah destinasi yang tidak terlalu jauh, setidaknya untuk memunculkan kepercayaan dirimu menjelajah dunia.

Solo travelling mungkin akan menimbulkan kesan kesepian. padahal solo travelling memungkinkan kamu untuk bertemu dengan orang-orang baru selama diperjalanan loh. Dengan solo travelling kamu pun, bisa memiliki me timeuntuk menyegarkan pikiran dan merefleksikan diri. Solo travelling lebih mampu memberikan rasa puas ketimbang travelling bareng teman karena, kamu tidak perlu memuaskan orang lain.

Baca Juga
Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..

3. Mencari Informasi Serinci Mungkin

Tips berikutnya sebelum kamu pergi liburan adalah dengan mencari informasi seputar destinasi liburanmu sebanyak-banyaknya dan serinci mungkin. Informasi ini bisa kamu dapatkan dari travel blog yang ada di internet. Biasanya mereka memberikan ulasan lengkap seputar pengalaman mereka selama liburan, sehingga kamu jadi punya bayangan apa saja yang harus dipersiapkan. Apalagi kalau destinasi liburanmu memiliki musim yang berbeda dengan tempat tinggalmu, otomatis kamu mesti mempersiapkan barang-barang tambahan sebelum berangkat.

Bergabung dengan group-group travellers di sosial media amat disarankan karena, kamu bisa bertanya langsung mengenai hal-hal yang kurang dimengerti bahkan, berbagai informasi yang tidak ada di internet bisa kamu dapatkan di group travellers ini. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat mencari informasi adalah, itinerary! Kenapa harus memperhatikan itinerary? Sebab lewat itinerary semua informasi yang kamu butuhkan sudah dikelompokan dan akan mempermudah kamu untuk merancang liburan.

4. Mengatur Jadwal Liburan

Pastikan liburanmu kali ini tidak terganggu oleh jadwal apa pun. Bakalan jengkel banget kan kalau harus mengerjakan deadline saat liburan? Kecuali kalau kamu adalah digital nomad yang memang bisa bekerja di mana saja dan kapan saja sehingga tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat untuk bekerja. Susunlah jadwal liburan serapi mungkin dengan mempertimbangan lama waktu liburan dengan agenda kegiatan yang akan kamu lakukan. Yap, kamu pasti sangat bersemangat, tapi jangan pula sampai memaksakan terlalu banyak agenda di waktu liburan yang singkat. Semuanya bakal serba mepet.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengatur jadwal liburan lewat aplikasi seperti google kalender, seting reminder satu minggu sebelum berangkat, hal ini bukan saja sebagai pengingat namun juga memaksa kamu untuk bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan sebelum berangkat. Selain itu, menjadi subscriber maskapai penerbangan atau moda transportasi lain lewat email pun sangat penting sebab, banyak dari promo-promo tiket akan diberitahukan jauh-jah hari melalui email berlangganan ketimbang sosial media.

Baca Juga
Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

5. Siapkan Paspor dan Visa

tips membuat bucket list

Paspor Indonesia (sumber: thejakartapost.com)

Buat kamu yang berencana untuk keluar negeri, tentunya membutuhkan effort lebih sebab, selain harus membuat paspor kamupun harus mendapatkan visa. Perhatikan masa berlaku paspor kamu, jangan sampai hampir atau bahkan sudah kadaluarsa. selain itu, perhatikan negara tujuan. Apakah membutuhkan visa? Karena beberapa negara memberlakukan penggunaan visa untuk wisatawan yang datang berkunjung. Visa adalah tanda bukti perizinan yang diberikan pada seorang warga negara jika memasuki wilayah negara lain yang memiliki persyaratan izin masuk.

Membuat visa bukanlah perkara mudah, kamu harus melewati serangkaian birokrasi di kedutaan besar. Beberapa negara membutuhkan interview secara personal untuk mengeluarkan visa dan alasan mau liburan tidak selalu mampu meloloskan kamu untuk mendapatkan visa.Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk membuat pasport dan visa supaya liburan kamu tidak gagal. Jangan membuat visa ketika waktu sudah mepet sebab, ini bikin kamu terlihat tidak preparedan banyak kedutaan yang enggan meloloskan visa bagi wisatawan yang terlihat tanpa persiapan.

6. Membuat Rincian Budget

Rincian budget amat penting supaya kamu bisa mengestimasi kebutuhan dana, ada banyak rincian yang dibutuhkan mulai dari budget perjalanan, akomodasi sampai makan. Saat kamu berhasil membuat estimasi budget, secara otomatis kamu bisa mengetahui berapa yang dibutuhkan dan nominal yang harus disisihkan setiap hari sehingga ketika saatnya tiba, kamu punya uang untuk liburan. Jangan sampai kamu menguras tabungan atau simpanan lain, hanya demi liburan dan ketika kamu pulang dari liburan justru, tidak punya uang lalu kembali pusing mencari uang untuk menutupi liburan kemarin.

Kalau kamu memang punya tabungan atau simpanan dana yang diperuntukan khusus untuk travelling, maka rincian budget bisa menyelamat kamu dari over budget. Menghindari untuk membeli atau menghabiskan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan dan setiap rupiah yang kamu keluarkan untuk liburan bakal terasa worth it banget. Sementara sisanya, bisa kamu alokasikan kembali untuk next holiday.

Baca Juga
Ambil Kendali Hidupmu dengan Mengatur Skala Prioritas

7. Cek Harga Tiket Perjalanan

tips membuat bucket list

Ilustrasi liburan dengan pesawat (sumber: pexels.com)

Sudah tahu mau berangkat kapan dan ke mana? Berarti kamu harus mulai rajin cek harga tiket perjalanan. Sekarang semuanya sudah serba canggih, kamu dapat mengecek jadwal perjalanan domestik dan internasional beserta harganya lewat situs web maupun aplikasi di smartphone. Beberapa perusahan yang menawarkan layanan pemesanan tiket sudah menyediakan fitur filter untuk melihat harga tiket terendah setiap harinya. Kamu juga bisa menyalakan notifikasi email untuk mendapat informasi seputar harga terendah tiket perjalanan. Lumayan untuk menghemat pengeluaranmu.

Sekadar tips buat kamu yang berencana travelling naik pesawat nih, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat adalah 54 hari sebelum keberangkatan, karena kamu dapat menghemat pengeluaran hingga 29% dari harga normal loh. Maka dari itu, belilah tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Apalagi beberapa nama maskapai ternama kerap menawarkan promo di bulan-bulan tertentu. Jangan sampai ketinggalan yah!

Itu dia beberapa tips membuat bucket list liburan yang bisa kamu coba. Tenang saja, semuanya tidak akan jadi angan semata kalau kamu konsisten dan fokus pada tujuanmu.

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

4 Tempat Seru untuk Menghabiskan Liburan Imlek di Jakarta

Kuliner & Travel

6 Rekomendasi All You Can Eat Surabaya yang Murah Meriah

Kuliner & Travel

4 Rekomendasi Tempat Tahun Baru Paling Seru di Jakarta

Kuliner & Travel

Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link