Tips Menghias Tumpeng Sederhana nan Cantik Biar Makin Makin Meriah

Dibaca Normal: 3 menit aja
tips menghias tumpeng

Saat mau menggelar acara tumpengan, kamu pasti memikirkan mau menghias tumpeng seperti apa. Terutama, jika kamu memang bikin tumpeng sendiri. Kamu justru semakin bebas bereksplorasi, mau membuat hiasan tumpeng yang bagaimana. Bisa jadi kamu pun browsing di internet untuk mencari tahu tips menghias tumpeng yang simpel tapi bagus. Kebetulan banget, kita bakal mengulasnya di dalam artikel ini, nih. Berikut tips menghias tumpeng yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Slider
Slider
Slider

Kelopak Bunga dari Cabai Merah

menghias tumpeng

sumber: dinastycatering.com

Kamu bisa memilih cabai merah yang panjang dan besar. Biarkan tangkainya, jangan dibuang. Lalu, siapkan pisau. Pertama-tama potong cabai merah jadi dua bagian. Kemudian, gunting bagian bawah cabai tapi tidak sampai putus, teruskan menggunting ke atas. Lalu, gunting lagi sisi yang lainnya, lakukan bergantian. Ulangi langkah ini sampai terbentuklah kelopak bunga. Biar hiasan kelopak bungamu lebih cantik, kamu bisa terlebih dahulu membuang semua biji dan serat cabai sehingga cabainya bersih. Kemudian, rendam cabai menggunakan air es sebelum diolah, jadi nanti tampilan bunganya terlihat cantik merekah.

Bunga Aster dari Wortel

menghias tumpeng

sumber: vradiofm.com

Hiasan ini juga sama-sama sederhana tapi bakal terlihat cantik untuk tumpeng. Pertama, siapkan wortel yang besar dan juga lebar. Setelah itu, kamu bisa mengiris tebal wortel, irisannya berbentuk bulat. Nah, kalau sudah siapkan cetakan kue bentuk bunga untuk irisan wortelmu. Gunakan cetakan kue tersebut untuk membantumu membuat pola. Lalu, ikuti garis pola bunga dengan mengiris wortel secara hati-hati. Kamu pun dapat memberi aksen tambahan di bagian tengah wortel dengan mengiris-irisnya. Gunakan pisau untuk mengiris dan membentuk bunga aster yang indah.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Pertahankan Rasa dan Tekstur, Ini 7 Makanan Tidak Boleh Dibekukan

Kelopak Bunga dari Timun

hiasan nasi kuning

sumber: indonesiaexpat.biz

Sudah sering banget timun digunakan untuk bahan pelengkap berbagai jenis masakan. Kalau biasanya timun diiris miring atau sekadar dipotong dadu, kali ini kamu bisa mengolahnya agar jadi kreasi hiasan tumpeng yang apik. Pertama, siapkan dahulu pisau yang kecil dan tajam. Pilih timun yang ukurannya besar dan juga mulus, kemudian potong sejajar jadi dua bagian. Iris timun tipis-tipis untuk membuat kelopak bunga. Pastikan kamu mengatur ketipisannya supaya jaraknya rapi dan teratur. Teruskan memotong hingga ke dekat bagian bawah timun. Namun, tidak perlu sampai di bawah banget biar kelopaknya tetap utuh. Kemudian, terakhir, buang biji timun sampai bersih, dan iris bagian bawahnya tipis saja agar hiasanmu bisa berdiri.

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Kuliner

Ini Dia Topping Makanan dan Minuman Paling Hits, Mana Favoritmu?

Kuliner

5 Ide Menu Bekal yang Enak dan Praktis

Kuliner

Inspirasi Bisnis 5 Minuman Tradisional, Jadikan Kearifan Lokal Naik Kelas

Kuliner

Resep Menu Sarapan ala TikTok Paling Simpel dan Enak

Kuliner

Kuliner Kembar Indonesia, Makanan Serupa tapi Punya Nama Berbeda

Kuliner

5 Makanan Korea Paling Populer yang Wajib Kamu Coba

Quizzes

Slider
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link