4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
tips travelling

Memanjakan lidah dengan berbagai rasa sajian panganan baru yang unik dan belum pernah dicoba sebelumnya memang jadi salah satu bagian paling menyenangkan saat sedang traveling. Khusus buat kamu pecinta kuliner, beberapa tips travelling berikut patut disimak untuk perjalanan rasa yang lebih istimewa. 

Setiap orang punya tujuan dan keinginannya masing-masing saat travelling. Ada para shopaholic yang selalu berkerumun di sekitar pusat-pusat perbelanjaan, ada juga yang senang menikmati festival dan budaya lokal dari tempat yang dikunjungi, serta tidak ketinggalan para pecinta kuliner yang khusus datang dalam petualangan untuk mencari rasa baru. 

Ragam kuliner yang tersebar dari seluruh penjuru dunia menunggu kamu untuk datang mencicipi. Mulai dari pasta di Italia, sushi di Jepang, bubble tea di Taiwan, sampai kari di India, kamu dapat merasakan berbagai macam paduan rasa yang berbeda dengan cita rasa yang khas di setiap sajiannya. 

Nah, buat food lovers yang senang jalan-jalan, kami punya tips travelling khusus buatmu yang ingin memanjakan lidah dengan pengalaman sajian menu terbaik di setiap tempatnya. Cekidot

1. Street Food

Tips travelling 1

Street food (sumber: pexels.com)

Tips travelling wajib untuk penggemar kuliner saat sedang mengunjungi tempat baru adalah dengan mencoba berbagai street food unik yang bisa kamu temukan dengan mudah, di pinggir jalan, tentunya. Beragam variasi panganan unik khas dengan harga miring akan menjadikan perjalananmu lebih menyenangkan. 

Di hampir setiap negara, mencoba tradisional atau street food lokal selalu masuk daftar kegiatan yang tidak pernah tertinggal. Surga makanan yang akan menantangmu mencoba rasa-rasa baru dalam bentuk yang belum pernah kamu lihat sebelumnya bisa ditemui di para pedagang kaki lima. 

Banyak makanan legenda dari suatu destinasi wisata yang  merupakan bagian dari stan-stan penjual street food loh. Apalagi kalau kamu sedang menjelajahi negara-negara di wilayah Asia seperti Jepang, Singapura, Cina, Thailand, hingga India. Lupakan restoran mahal dengan harga selangit, jadikan lapak-lapak street food tempat makan pilihanmu, GenK.

Kelebihan yang ditawarkan dari mencicipi panganan street food selain harganya yang murah, beberapa diantaranya juga punya cara masak unik yang mungkin belum pernah kamu saksikan sebelumnya. Misalnya memasak ayam dengan memakai tungku tanah liat, pemakaian teh yang direbus berhari-hari, atau proses penggorengan dengan wajan super besar.

Baca Juga   Pamerin Skill Masakmu lewat 4 Resep Cemilan Berbahan Biskuit Ini

2. Kunjungi Pasar Tradisional 

Tips travelling 2

Pasar tradisional terapung (sumber: pexels.com)

Setelah selesai menikmati berbagai sajian menu street food yang enak-enak, lanjutkan perjalananmu menuju pasar tradisional untuk menemukan rahasia rasa dari bahan-bahan terbaik untuk membuat menu tersebut. 

Hayo, apa yang terbayangkan di pikiranmu saat pertama kali mendengar kata ‘pasar tradisional’? Tempat yang penuh sesak dan ramai? Suara para penjual yangs sedang menjajakan jualannya? Atau suasana panas yang bikin gerah? 

Berkunjung ke pasar tradisional memang bukan menjadi aktivitas yang paling menarik bagi kebanyakan orang. Tapi kalau kamu benar-benar ingin mendapatkan esensi autentik dari sebuah perjalanan kuliner, maka cobalah untuk menyempatkan waktu bertandang ke pasar tradisional lokal. 

Pasar tradisional punya segudang sudut unik yang bisa kamu explore, GenK. Bukan hanya menyediakan bahan-bahan makanan lokal yang khas, kamu juga bisa mengamati budaya unik dari suatu tempat dari kegiatan jual-beli yang terjadi di pasar tradisional. 

3. Belajar Memasak 

Tips travelling 3

Ilustrasi belajar memasak (sumber: pexels.com)

Pergi ke pasar membeli buah, jangan lupa memberi uang. Tidak lupa daging, rempah, dan sayur, lalu pulang langsung menuju dapur dan siap dimasak. Ini dia tips travelling yang bisa membuat liburanmu jadi semakin berkesan, GenK. 

Kalau berwisata sambil icip-icip panganan lokal itu sudah biasa. Mau coba yang gak biasa? Bagaimana kalau langsung belajar masakan lokal langsung bersama para pakarnya. Daripada cuma sekadar jadi konsumen, kenapa tidak sekalian coba jadi produsennya, bukan? 

Kamu bisa belajar memasak kuliner khas dari suatu tempat dengan mengikuti kelas masak khusus yang sering diadakan oleh akademi-akademi memasak, restoran, atau para ahli masak yang punya spesialisasi makanan lokal, GenK. 

Opsi di atas mungkin bisa jadi pilihan buat kamu yang memang ingin belajar masak untuk keperluan komersial atau ingin menguasai kuliner dari daerah tertentu. Nah, gak perlu khawatir buat kamu yang hanya sekadar ingin belajar masak untuk mengobati rasa rindu akan panganan favorit. 

Trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan merekam proses memasak makanan yang kemudian dilanjutkan dengan mencatat alat dan bahan yang digunakan. Dengan begitu, kamu bisa langsung mempraktikannya saat di rumah setelah selesai liburan nanti. 

Pastikan saja kamu menanyakan kesediaan sang tukang masak atau pemilik tempat makan sebelum merekam yah. Bisa saja ada resep rahasia yang tidak boleh dibocorkan ke orang banyak. Wah, bisa bahaya dong

Baca Juga   Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

4. Rekomendasi Terbaik dari Situs Review Kuliner 

Tips travelling 4

Situs review makanan Zomato (sumber: csmonitor.com)

Para traveller kerap kali kebingungan saat ingin mencoba santapan di tempat baru yang penuh dengan banyak pilihan. Mau coba yang mana dulu nih? Restoran yang ini? Atau kedai jajan yang di sebelah sana? Gimana kalau mulai dari cari rekomendasi dan review makanan terbaik di internet? 

Dilema pemilihan tempat makan merupakan salah satu masalah klasik yang dihadapi oleh para pecinta kuliner. Siapa sih yang tidak ingin mencoba semua hidangan enak tersedia di berbagai pelosok destinasi wisata tujuan? Sayang seribu sayang, waktu dan sumber daya belum bisa mendukung. 

Hilangkan kegalauan dan rasa bingungmu dengan langsung mengunjungi situs-situs review kuliner terbaik di internet. Cari tahu tempat makan favorit para traveller sesuai dengan daftar pencarian menu atau restoran yang ingin kamu sambangi. 

Dua platform andalan para pecinta kuliner untuk mendapat informasi lengkap tentang menu dan pendapat para pelanggan sebelumnya adalah Yelp dan Zomato. Jutaan review yang tersedia akan membantumu mencari referensi tempat makan berikutnya, GenK. 

Mencoba kuliner khas suatu daerah bukan hanya tentang memanjakan lidah saja, tapi juga bisa menjadi cara untuk mengenal lebih dalam budaya dan kearifan lokal yang ada, GenK. Jangan lupa, jepret foto panganan yang kamu cicipi untuk dibagikan di media sosial. Kamu bisa mengintip tutorial VSCO supaya foto makanan jadi lebih ciamik

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Kuliner

Cara Membuat Kimchi ala Rumahan, Mudah dan Praktis

Kuliner

Mengenal Apa Itu Kimchi? Makanan Khas Korea yang Mendunia

Kuliner

3 Manfaat Belajar Memasak, Melatih Fokus Sampai Tambah Kreatif

Kuliner

4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Masak

Kuliner

Pentingnya Food Plating dalam Food Photography

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 2. Saat Makan

Kuliner

Belajar Table Manner Yuk! - Part 1. Sebelum Makan

Kuliner

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Kuliner

Sejarah Donat, dari Belanda Hingga ke Kemudi Kapal

Kuliner

Rahasia di Balik Suksesnya Restoran All You Can Eat

Kuliner

Mengenal Michelin Star, Standard Kuliner Terenak Sedunia

Kuliner

Asal Usul Bubble Tea: Dari Uji Coba, Jadi Mendunia

Kuliner

5 Resep Masakan Jepang Mudah untuk Anak Kos

Kuliner

Cara Membuat Latte Art Sederhana ala Home Barista

Kuliner

Menyicipi Minuman Taiwan yang Digoreng Saat Memprosesnya

Kuliner

Malas Antre Beli? Bikin Sendiri 5 Jajanan Kekinian Ini

Kuliner

Kenapa Orang Indonesia Gemar Makan Pakai Tangan?

Kuliner

Gak Cuma Kopi, Ketupat Juga Punya Filosofi!

Kuliner

4 Minuman Santan Segarkan Momen Keluarga

Kuliner

4 Resep Dessert Olahan Santan yang Enak dan Segar

            Artikel Selanjutnya