5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Dibaca Normal: 5 menit aja
wisata danau toba

Danau Toba menjadi salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang mampu menarik banyak pengunjung domestik maupun mancanegara di setiap tahunnya. Eloknya kawasan wisata Danau Toba tidak boleh dilewatkan, karena ada banyak hal menarik yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana.

Seperti yang diketahui, Danau Toba adalah danau alami berukuran super besar yang berlokasi di Gunung Toba, Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanik dari gunung berapi, GenK.

Keindahan pemandangan Danau Toba yang sangat berharga ini memang layak untuk dimasukkan ke dalam salah satu daftar destinasi wisata super prioritas Indonesia dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan akan selesai pada tahun 2020.

Apabila kamu bertanya-tanya sebenarnya di Danau Toba bisa ngapain aja, kami akan menjawabnya di artikel berikut. Ini dia rekomendasi hal menarik yang patut dicoba saat berkunjung ke sana, GenK.

1. Berkeliling dengan Kapal Wisata Rumah Terapung

Danau Toba diberi gelar sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Bayangkan saja betapa luasnya danau yang satu ini, GenK.

wisata danau toba

Kapal wisata rumah terapung di Danau Toba (sumber: hetanews.com)

Berkeliling danau dengan kapal wisata Samosir tidak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke sana. Kapal wisata yang sudah mulai beroperasi sejak 31 Desember 2017 ini memiliki konsep unik, yaitu gaya Rumah Batak Terapung.

Di dalamnya terdapat 62 tempat duduk untuk pengunjung, sound system, ruang meeting, alat navigasi GPS, mini bar, dan 2 unit toilet.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, berharap aset kapal ini bisa mempermudah wisatawan yang ingin berkeliling Danau Toba sekaligus mempertahankan budaya. Dengan begitu kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara akan semakin meningkat.

Baca Juga
4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

2. Melihat Batu Gantung

pulau samosir

Pulau Samosir (sumber: gotravelly.com)

Next, ada Pulau Samosir menjadi destinasi wisata Danau Toba yang wajib kamu datangi, GenK. Pulau Samosir adalah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba dengan ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Mayoritas penghuni di pulau ini merupakan etnis Batak Toba.

Pemandangan alam yang menawan menjadikan pulau ini sebagai salah satu objek yang berhasil menarik perhatian turis. Di dalamnya tersimpan legenda, kesenian, dan juga budaya yang sangat menarik untuk ditelusuri lebih dalam saat berkunjung ke sana.

batu gantung

Batu Gantung (sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Seandainya kamu tertarik, gunakan kapal yang yang biasanya dipakai oleh masyarakat di pelabuhan Tigaras atau Ajibata untuk menyeberang ke Pulau Samosir. Umumnya, wisatawan lebih memilih kapal Tigaras karena bisa request untuk sekadar mampir melihat Batu Gantung.

Batu Gantung adalah legenda yang berkembang di kawasan Danau Toba. Wah legenda seperti ini memang menarik untuk ditelusuri jejaknya. Apakah kamu tertarik mampir ke Batu Gantung?

3. Tuk Tuk, Kampung Turis

wisata danau toba

Penginapan di Tuk Tuk (sumber: borukaro.com)

Pemandangan Danau Toba memang paling bisa memanjakan mata. Semua keindahan ini bisa kamu nikmati dari Tuk Tuk Siadong, yaitu desa wisata nan indah di semenanjung Pulau Samosir, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Baca Juga
5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Saat datang ke sana, kamu bakal bertemu dengan banyak turis lokal maupun turis asing, GenK. Tempat yang nyaman dan tenang ini memang cocok dijadikan sebagai tempat pelarian dari rutinitas yang padat di perkotaan. Di sana kamu akan menemukan bangunan hotel dengan konsep eco resort berbentuk rumah adat.

Wah, bisa dijadikan tempat foto-foto di Danau Toba tuh!

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk dapat mengelilingi Tuk Tuk. Meski desa ini tidak luas, tetapi ada banyak aktivitas yang bikin kamu betah untuk berlama-lama menetap di sana, GenK.

4. Menjelajahi Huta Siallagan

wisata danau toba

Kampung Huta Siallagan (sumber: travel.tempo.co)

Wisata danau toba yang berikutnya kami rekomendasikan adalah datang ke Huta Siallagan. Tak hanya ditawarkan dengan keindahan alam karena letaknya yang strategis dikelilingi Danau Toba, di Huta Siallagan, kamu juga bisa menjelajahi tradisi unik yang dilakukan oleh raja dan masyarakatnya.

Tradisi ini dilakukan untuk menghukum pelaku kejahatan dengan melakukan persidangan terlebih dahulu sebelum menentukan hukumannya. Di sana masih terdapat hukum adat yang akan dijatuhkan kepada seseorang apabila melakukan tindak kejahatan atau pengkhianatan.

si gale-gale

Si Gale-Gale (sumber: tribunnews.com)

Jadi, GenKreativv gak perlu takut datang ke Huta Siallagan kalau tidak melakukan kesalahan. Kampung ini gak semengerikan yang kamu bayangkan kok. Malahan saat kamu berkunjung ke sana, pengelola kawasan tersebut bakal menyiapkan acara penyambutan khusus untuk pengunjung, misalnya berupa tari-tarian bersama patung Si Gale-Gale yang ikonik banget.

Setelah itu barulah kamu bisa mulai berkeliling melihat keindahan di sekitar kampung sambil mendengarkan sejarah dan kisah-kisah unik di Huta Siallagan.

Baca Juga
5 Tips Travel Photography untuk Pemula

5. Memborong Kain Ulos

Berwisata ke Danau Toba gak akan sah kalau kamu belum beli kain ulos. Ulos atau kain ulos adalah adalah salah satu busana khas Indonesia yang turun menurun dikembangkan oleh masyarakat Batak. Cara membuatnya masih manual menggunakan alat tenun, GenK.

wisata danau toba

Menenun kain ulos (sumber: thejakartapost.com)

Menenun merupakan kegiatan yang biasa ditekuni oleh remaja suku Batak Toba. Kamu dapat dengan mudah menemukan perempuan menenun menggunakan alat tradisional di Pulau Samosir.

Awalnya, kain ulos yang memiliki corak indah ini digunakan untuk selendang atau sarung saja saat upacara adat Batak, tapi sekarang kerap dijumpai dalam bentuk suvenir, pakaian tas, ikat pinggang, dan masih banyak lagi model-modelnya.

Sekadar saran nih, apabila kamu tertarik membeli suvenir kain ulos, sebaiknya datang langsung ke penenunnya. Sekalian kamu bisa melihat-lihat proses pembuatan kain yang dilakukan oleh kaum perempuan sana, GenK. Siapa tahu bisa ikut belajar menenun juga.


Simpulan

Gak ada kata gabut ketika berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba, karena di sana banyak banget hal menarik untuk dieskplorasi lagi. Selain Danau Toba, kami juga membahas tentang aktivitas menarik saat kamu berkunjung ke Borobudur. Sekarang sudah siap jalan-jalan, GenK?

Supaya gak ketinggalan update artikel terbaru seputar industri kreatif lainnya, kunjungi terus blog kami dan jangan lupa subscribe ke newsletter untuk mendapatkan konten terbaik langsung ke emailmu.

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Kuliner & Travel

4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link