5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Dibaca Normal: 5 menit aja
wisata danau toba

Danau Toba menjadi salah satu destinasi pariwisata Indonesia yang mampu menarik banyak pengunjung domestik maupun mancanegara di setiap tahunnya. Eloknya kawasan wisata Danau Toba tidak boleh dilewatkan, karena ada banyak hal menarik yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana.

Seperti yang diketahui, Danau Toba adalah danau alami berukuran super besar yang berlokasi di Gunung Toba, Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanik dari gunung berapi, GenK.

Keindahan pemandangan Danau Toba yang sangat berharga ini memang layak untuk dimasukkan ke dalam salah satu daftar destinasi wisata super prioritas Indonesia dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan akan selesai pada tahun 2020.

Apabila kamu bertanya-tanya sebenarnya di Danau Toba bisa ngapain aja, kami akan menjawabnya di artikel berikut. Ini dia rekomendasi hal menarik yang patut dicoba saat berkunjung ke sana, GenK.

1. Berkeliling dengan Kapal Wisata Rumah Terapung

Danau Toba diberi gelar sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, karena memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Bayangkan saja betapa luasnya danau yang satu ini, GenK.

wisata danau toba

Kapal wisata rumah terapung di Danau Toba (sumber: hetanews.com)

Berkeliling danau dengan kapal wisata Samosir tidak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke sana. Kapal wisata yang sudah mulai beroperasi sejak 31 Desember 2017 ini memiliki konsep unik, yaitu gaya Rumah Batak Terapung.

Di dalamnya terdapat 62 tempat duduk untuk pengunjung, sound system, ruang meeting, alat navigasi GPS, mini bar, dan 2 unit toilet.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, berharap aset kapal ini bisa mempermudah wisatawan yang ingin berkeliling Danau Toba sekaligus mempertahankan budaya. Dengan begitu kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara akan semakin meningkat.

Baca Juga
4 Tips Travelling Kaya Rasa untuk Para Pecinta Kuliner

2. Melihat Batu Gantung

pulau samosir

Pulau Samosir (sumber: gotravelly.com)

Next, ada Pulau Samosir menjadi destinasi wisata Danau Toba yang wajib kamu datangi, GenK. Pulau Samosir adalah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba dengan ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Mayoritas penghuni di pulau ini merupakan etnis Batak Toba.

Pemandangan alam yang menawan menjadikan pulau ini sebagai salah satu objek yang berhasil menarik perhatian turis. Di dalamnya tersimpan legenda, kesenian, dan juga budaya yang sangat menarik untuk ditelusuri lebih dalam saat berkunjung ke sana.

batu gantung

Batu Gantung (sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Seandainya kamu tertarik, gunakan kapal yang yang biasanya dipakai oleh masyarakat di pelabuhan Tigaras atau Ajibata untuk menyeberang ke Pulau Samosir. Umumnya, wisatawan lebih memilih kapal Tigaras karena bisa request untuk sekadar mampir melihat Batu Gantung.

Batu Gantung adalah legenda yang berkembang di kawasan Danau Toba. Wah legenda seperti ini memang menarik untuk ditelusuri jejaknya. Apakah kamu tertarik mampir ke Batu Gantung?

3. Tuk Tuk, Kampung Turis

wisata danau toba

Penginapan di Tuk Tuk (sumber: borukaro.com)

Pemandangan Danau Toba memang paling bisa memanjakan mata. Semua keindahan ini bisa kamu nikmati dari Tuk Tuk Siadong, yaitu desa wisata nan indah di semenanjung Pulau Samosir, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Baca Juga
5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

4 Tempat Seru untuk Menghabiskan Liburan Imlek di Jakarta

Kuliner & Travel

Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

Kuliner & Travel

6 Rekomendasi All You Can Eat Surabaya yang Murah Meriah

Kuliner & Travel

4 Rekomendasi Tempat Tahun Baru Paling Seru di Jakarta

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link