5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Dibaca Normal: 6 menit aja
wisata super prioritas indonesia

Di dalam Rapat Terbatas Pengembangan Destinasi Prioritas Pariwisata, Presiden Joko Widodo telah menetapkan adanya lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Nantinya kelima tempat wisata di Indonesia ini akan secara serius dikembangkan dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2020.

Saat ini, kelima destinasi super prioritas tersebut masih di dalam proses pengembangan dari segi infrastrukturnya supaya bisa segera dipromosikan. Jadi, bersabar sedikit lagi yah, GenK.

Berbicara soal kelima wisata super prioritas, tahukah kamu mana saja yang masuk ke dalam daftarnya?

Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Minahasa Utara merupakan lima tempat wisata yang masuk ke dalam daftar wisata super prioritas Indonesia.

Kelima pariwisata Indonesia tersebut tentunya memiliki keistimewaan masing-masing. Apabila kamu tertarik untuk memasukkan kelima tempat tersebut ke dalam bucket list liburanmu, sebaiknya simak dulu artikel berikut, yuk!

1. Danau Toba

wisata super prioritas indonesia

Kawasan Danau Toba (sumber: commons.wikimedia.org)

Destinasi pariwisata Indonesia yang pertama yang akan kami bahas berasal dari pelosok barat Nusantara nih. Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanik gunung berapi, yaitu Gunung Toba di Sumatera Utara, Indonesia.

Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km, pantas saja dijuluki sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Wah kebayang gak tuh betapa besarnya Danau Toba?

Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele (sumber: instagram.com/awanikhwan)

Selain keindahan danaunya, kamu juga bakal kepincut sama indahnya Pulau Samosir, GenK. Sekadar informasi nih, Pulau Samosir adalah pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah Danau Toba dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Selaku Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memaparkan adanya 3 prioritas yang bakal dilakukan oleh Pemprov Sumut guna pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba. Pernyataan ini dipaparkan olehnya pada Rakornas Pariwisata III yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI, di Pantai Indah Kapuk Avenue, Jakarta Utara (11/9/2019).

Tiga prioritas yang yang akan dilakukan adalah melakukan penghijauan alam di kawasan Danau Toba, mengupayakan transportasi dari dan menuju Danau Toba, serta menyediakan fasilitas pendukung untuk para wisatawan yang akan datang berkunjung. Kalau sudah begini pasti betah deh jalan-jalan seharian di sana.

Baca Juga
5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

2. Borobudur

wisata super prioritas indonesia

Borobudur (sumber: fineartamerica.com)

Saatnya kita pindah ke destinasi wisata super prioritas Indonesia yang ada di Tanah Jawa nih, yaitu Borobudur. Lokasi yang kerap dijadikan sebagai destinasi wisata untuk study tour ini memang menyimpan banyak sejarah di antara hamparan keindahan alam yang ada di sana.

Borobudur adalah sebuah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia yang sekaligus menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia loh. Letaknya berada di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dahulu, candi berbentuk stupa ini didirikan oleh kaum penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi, GenK.

borobudur

Kegiatan keagamaan di Borobudur (sumber: jomjalan.com)

Sesuai sejarahnya nih, Borobudur dibangun sebagai tempat suci guna memuliakan Buddha sekaligus sebagai tempat ziarah keagamaan untuk membimbing umat manusia beralih dari nafsu duniawi menuju kebijaksanaan sesuai dengan ajaran Buddha.

Borobudur setiap tahunnya selalu berhasil menjadi magnet wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta walau sebenarnya tempat ini berada di Magelang. Hal ini membuat Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mempersiapkan tempat wisata Borobudur dengan melakukan peningkatan kebersihan.

Baca Juga
4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

3. Likupang

likupang

Pemandangan wisata di Likupang (sumber: idntimes.com)

Destinasi wisata super prioritas Indonesia yang berikutnya terletak di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pemerintah di Provinsi Sulawesi Utara memilih Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pariwisata Indonesia. Hal inilah yang membuat pemerintah pusat memutuskan untuk memasukkan Likupang ke dalam daftar wisata super prioritas Indonesia.

Seperti yang dikutip dari artikel Kompas, Destinasi Super Prioritas Likupang Diincar Para Investor (13/9/2019), Kami kembangkan lagi destinasi yang baru yaitu Likupang. Kita tonjolkan bahwa pantai itu tidak hanya Bunaken, tapi di Likupang pantainya sangat indah, kata Olly Dondokambey selaku Gubernur Sulawesi Utara.

pulau gangga

Bermain di Pulau Gangga (sumber: instagram.com/qwitaer)

Memaksimalkan infrastruktur dan aksesibilitas juga menjadi fokus utama pemerintah saat ini. Misalnya strategi pembangunan dengan mempersiapkan hotel untuk wisatawan, restoran, dan membuka penerbangan internasional langsung ke Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara.

Apabila tertarik berkunjung ke Likupang, jangan lupa untuk membawa kamera digital yang cocok untuk travelling, supaya momen keseruanmu bisa diabadikan, GenK. Lumayan juga kalau mau upload ke media sosial.

Baca Juga
Menelusuri Jejak Surga di Sulawesi Utara Bernama Likupang

4. Mandalika

kek mandalika

KEK Mandalika (sumber: kabarbisnis.com)

Destinasi wisata super prioritas Indonesia yang berikutnya ada di Mandalika, Lombok Tengah, Indonesia. Mandalika adalah sebuah kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Terhitung sejak tahun 2017, Mandalika diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Di sana sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas rekreasi wisata pantai dan bawah laut yang memesona dan bikin betah. Seperti Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, dan masih banyak lagi.

kek mandalika

KEK Mandalika (sumber: lomboksumbawa.travel)

Sebagai destinasi wisata bahari sekaligus wisata budaya dengan panorama nan eksotis, KEK Mandalika diprediksi akan menarik sebanyak 2 juta wisatawan mancanegara per tahunnya.

Konsep pengembangan yang diusung KEK Mandalika adalah pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan berbagai objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan. Pesona alam di Mandalika memang juara banget, hanya saja belum banyak yang mengetahuinya. Padahal daerah ini berpotensi menjadi pariwisata Indonesia yang cukup menjanjikan.

Baca Juga
5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

5. Labuan Bajo

wisata super prioritas indonesia

Pemandangan di Labuan Bajo (sumber: blog.pergi.com)

Labuan Bajo menjadi destinasi pariwisata Indonesia yang berikutnya akan kami bahas, karena termasuk ke dalam wisata super prioritas Indonesia. Buat kamu yang belum tahu nih, Labuan Bajo adalah salah satu desa dari 19 desa dan juga kelurahan yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sekarang dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo.

Kira-kira ada objek wisata menarik apa di Labuan Bajo yah? 中

Pemandangan nan indah di Ibu Kota Manggarai Barat ini menyimpan banyak hal menakjubkan, pondok kayu beratap jerami, dan pepohonan menjadi objek utama pemandangan ketika kamu datang ke Labuan Bajo, GenK. Pasalnya, saat kamu berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, Labuan Bajo lah yang menjadi tempat untuk berkumpul dan dapat bertemu dengan wisatawan dari mancanegara.

labuan bajo

Labuan Bajo (sumber: travel.detik.com)

Sebagai langkah untuk mendukung pengembangan di Labuan Bajo, pemerintah sendiri juga sedang gencar melakukan banyak hal agar dapat memaksimalkan promosi wisata, salah satunya dengan membangun infrastruktur di sana.

Baca Juga
4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

Seperti yang dikutip dari artikel Republika, Dukung Kawasan Labuan Bajo, Pemerintah Bangun Jalan 141 Km (12/7/2019), Pembangunan jalan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional untuk membangun Indonesia Pinggiran. Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan, jelas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.


Simpulan

Itu dia kelima destinasi wisata super prioritas Indonesia dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan akan selesai pada tahun 2020 mendatang. Apa kamu sudah menentukan manakah tempat yang akan masuk ke dalam list liburanmu tahun depan?

Artikel ini baru permulaan, GenK, karena selanjutnya kami akan membahas lebih dalam satu per satu dari kelima destinasi wisata di atas. Nah, makanya jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru seputar industri kreatif dari kami yah.

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Kuliner & Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Kuliner & Travel

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

Kuliner & Travel

5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Kuliner & Travel

4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link