Arsitektur & Interior

Kunci Sukses Interior Branding Yang Wajib Dicoba !

Sebagian besar dari kita pasti sudah sering mendengar kata branding, apalagi pada jaman modern ini dimana segala sesuatunya dapat dikomersialkan secara mudah dan bebas. Tentu persaingan untuk menjadi brand terbaik menjadi tidak terelakkan. Salah satu teknik branding yang paling ektif adalah interior branding. 

Interior branding adalah sebuah strategi untuk menampilkan jati diri sebuah brand yang dituangkan ke dalam sebuah ruangtujuannya adalah untuk mengkomunikasikan visi misi serta menampilkan ciri khas identitas sebuah brand yang mengandalkan pengalaman melihatmenyentuh, dan merasakan ruang.

Keunggulan Penerapan Interior Branding

Sumber Gambar : Seyiedesign.com

Ada banyak keunggulan dari penerapan interior branding seperti : 

  1. membantu audience dan karyawan untuk lebih paham akan brand tersebut.
  2. menciptakan tren di masyarakat luas.
  3. hingga merefleksikan prinsip kerja suatu perusahaan

Namun penerapan interior branding tidak selalu berhasil akibat kurangnya pemahaman akan teknik penerapannyaMaka dari itu berikut adalah beberapa teknik interior branding yang sukses! Berikut ini adalah beberapa kunci sukses penerapan interior Branding

Penerapan Visual Identity 

Sumber Gambar : weandthecolor.com

Visual identity adalah teknik yang menampilkan identitas sebuah brand kedalam sebuah desain visual yang unik dan khas. Visual Identity berupa segala sesuatu berbentuk fisik yang dapat dilihat audience seperti logo, trademark, warna, detail interior, dan banyak lainnya. Tujuannya adalah untuk menjadi wajah yang dapat dikenal dan berkesan di masyarakat. Keuntungan menerapkan teknik ini adalah meningkatkan brand awareness. Contohnya Franchise Mcd yang iconic  dengan lambang M berwarna kuning, kita pasti sudah bisa mengenal tanpa harus melihat nama restoran tersebut.

Refleksi Personal 

Interior Branding

Sumber Gambar : indonesiadesign.com

Tuangkan identitas personal sebuah brand ke dalam sebuah desain interior sehingga ruangan dapat menjadi cerminan personalitas brand dari sebuah perusahaan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari pemilihan warna ruanganpenerapan pencahayaanpengunaan bentuk khusus untuk furnishing maupun dekorasi ruanganserta penerapan suasana yang khasKeuntungan dari penerapan teknik ini adalah audience dapat lebih mengenal personalitas sebuah brand perusahaan. Sehingga memunculkan intimasi yang membuat audience ingin kembali menggunakan produk/jasa perusahaan tersebut. 

Yello hotel adalah perusahaan yang menurut saya berhasil merefleksikan identitas personalnya ke dalam sebuah ruangYello hotel menampilkan konsep cerah dan segar sesuai dengan karakter warna kuning yang juga merupakkan nama hotel mereka. 

Konsistensi

Interior Branding

Sumber Gambar : Innews.co.id

Poin Konsistensi sangat penting dalam Interior Branding. Konsistensi berarti sebuah perusahaan harus mampu mempertahankan personalitas brand yang ditampilkan dalam sebuah ruangan.

Contohnya bila sebuah perusahaan memiliki lebih dari satu cabang maka desain interiornya harus konsisten, bukan berarti sama persis tetapi menggunakan desain yang menyerupai. Tujuannya adalah agar audience tidak bingung ataupun salah mengenal sebuah brand dengan brand lainnya.

Dengan konsistensi sebuah perusahaan akan memiliki kawasan target audience tersendiri dan mengurangi persaingan yang luas. Kantor BCA selalu sukses menampilkan desain yang konsisten dengan nuansa biru yang khas di setiap cabang kantornya. Selain warna biru setiap kantor bca juga selalu dilengkapi dengan lighting yang maksimal serta desain yang modern.

Memikat Masyarakat

Interior Branding

Sumber Gambar : zoomato.com

Terakhir, interior branding tentu harus mampu memikat masyarakat. Keunikan dan keindahan desain interior tentu menjadi kunci utama keberhasilan teknik ini. Namun kita juga tidak boleh melupakan kenyamanan dan efektifitas sebuah ruang yang tentu saja akan ditempati untuk beraktivitas.

Desain interior yang nyaman untuk aktivitas audience dan karyawan mampu meningkatkan produktivitas sehingga perusahaan dapat lebih cepat mencapai kesuksesan. Salah satu franchise dessert yang memikat pengunjung dengan desainnya adalah sour sally  yang menerapkan konsep kekinian dengan bentuknya yang khas menyerupai tangan serta warna hijau sebagai warna utama yang memiliki kesan sehat.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.